Gagal Move On

setiarahayublogspot

Gamon atau gagal move on, merupakan salah satu dari indikasi galauing. Penyakit yang cukup gawat, karena semua jadi ngga enak. Mau kembali ke masa lalu, apa boleh buat dia udah jadi mantan. Mau loncat ke masa depan, apa iya mantan mau balikan? Begitu lihat di masa sekarang, beneran deh, kalau dulu dia adalah alasan untuk semua kebahagiaan, sekarang dialah alasan untuk semua kesedihan.

nyunyu

Eaaa…segitunya?

Meskipun belum pernah merasakan karena kebetulan pacaran cuma sekali, dan langsung jadi (jadi nikah maksudnyaaa…) tapi kalau saya amati kasihan juga yah orang-orang yang gagal move on itu. Ada sepasang mahasiswa yang awalnya luntang lantung bersama, lalu begitu putus, langsung ngilang dua-duanya, cuti dari semua kegiatan kampus. Terlambat juga dari jatah lulusnya.

Untunglah cerita berakhir bahagia. Jika dulu sengaja ambil kelas barengan biar bisa sebelahan, sekarang ambil topik sengaja beda, biar dosen pembimbingnya ngga sama. Lalu ujiannya juga ngga sama dong, kan ngga asyik kalau kesannya lagi nungguin mantan. Akhirnya lulus dua-duanya, dengan nilai memuaskan.

Nah, ternyata dengan move on, atau mencoba bergerak, bisa menuai hasil yang lebih baik, plus sedikit demi sedikit menghilangkan kenangan yang sudah terlanjur merasuk di setiap sendi kehidupan kita. Ngga apa, waktu akan menyembuhkan. Bukankah ‘di setiap kesuksesan seseorang, akan ada mantan yang menyesal?’ *nyengir* Jadi move on dong, biar bisa angkat kepala tinggi-tinggi, ‘aku bisa loh, hidup tanpa kamu!’

Kalau ngga, bisa ketahuan gombalnya tuh…seperti cewek yang mengadu ke Mario Teguh.
‘Pak Mario, mantan saya pembohong!’
‘Loh, kenapa dinda?’
‘Dulu katanya, ngga bisa hidup tanpa saya. Kok sampai sekarang, dia ngga mati-mati?!’
Nah looo…pakai disumpahin segala…

Dari ranah Facebook dan Twitter, ketemu juga beberapa status atau twit yang lagi ngomongin mantan. Beberapa saya pindahkan kesini, tujuannya buat ngetawain diri sendiri, sekalian memicu semangat biar bisa move on. Misal seperti :

‘Mantan di seberang lautan tampak, jodoh di pelupuk mata tak tampak.’
Haduh, nyeseg banget ya jadi jodohnya. Sementara dia disibukkan dengan mantannya, malah jodoh yang dekat-dekat ngga terdeteksi. Ya itu akibatnya kalau gagal move on, seperti kucing yang mengejar buntut sendiri. Muteeer teruuuussss…

‘Seorang pemuda tewas karena tertimbun kenangan masa lalu’
Wah, ini lebih gawat lagi. Sampai tewas lo! Berarti kenangannya itu indaaah banget, sayangnya dia tidak bisa menerima kenyataan saat si kenangan itu berubah menjadi menyakitkan. Dia berkubang dalam perangkap waktu bernama masa silam. Hayo, baik ngga kaya gitu?

‘Karena itu, diam itu bukan emas. Diam di masa lalu misalnya.’
Ayo dong, bergerak, bergerak!
Salah satu caranya adalah unfollow twitter, unfriend facebook, hapus nomer hape, dan buang fotonya semua. Jangan lupa, password emailnya udah jangan pake nama dia lagi yaaa ^_^

Ciri gagal move on lainnya adalah masih berharap si mantan balikan. Contoh mengucapkan ‘gnite mantan’ sebagai sapaan itu prohibited alias dilarang banget! Jangan coba – coba bersikap sok perhatian gitu, karena dia ngga bisa move on, kitanya juga jadi ngga fokus. Misal ngaco dengan twit pamer ini.

‘Morning, handsome! Thank you for the great dinner last night. *oh itu minggu lalu*’
Nah kaaan, gagal move on menyebabkan gagal fokus. Jadi mending hadapi realita deh, daripada berpedoman,

‘Sebaik-baiknya mantan, lebih baik lagi kalo diajak balikan’
Yah, ini sih keliatan banget ngarepin ada U-turn, berharap si dia muncul dari kelokan jalan, dan kita lagi nungguin di pinggiran. Kok ngenes banget sih *lempar recehan* Sesekali jemput bola, eh si dia, bisa kan?

gagalmoveon2

Atau, mendadak berpantun :
Jika ada sumur di ladang boleh kita menumpang mandi,
jika ada mantan ngajak balikan, kenangan pahitpun hilang sendiri’

Apa iya? Coba pikir lagi, terakhir bisa putus kenapa? Karena dia selengki? Udah, buanglah mantan pada tempatnya. Karena ngga jelas alasannya? Ya tanya dong, biar ngga penasaran. Atau dia mutusin sambil bilang, ‘kamu terlalu baik buat saya.’ Ah modus itu mah…modus. Modus buat deketin orang lain maksudnya 😀

Eh by the way busway, gagal move on itu ternyata bisa terjadi di area lain ya, tidak cuma masalah asmara saja. Misalnya twit berikut ini :

‘Hore!!!
Sebentar terima raport. Kira-kira ranking berapa yah?’

#GagalMoveOn dari SMA

Atau contoh yang lain ini:
‘Ga ada kakaknya adiknya pun jadi, ga ada Zaenal Ariefnya Yandi Sofyan juga boleh’
#gagalmoveon di sepakbola

Kalau #gagalmoveon di politik, gimana?
‘Mungkin 2015 Bu Ani bakal ngetwit: “Duh, kangen dikawal paspampres :(“

#Gagal move on di game ya bisa juga loh, saking kecanduannya.
‘Abis subuhan, penasaran lanjutin level 83… belon tembus’

Jadi, hayo to, move on. Sebentar lagi akhir tahun, rugi kalau tahun depan dihiasi dengan harapan, semoga balikan sama mantan. Kalau sudah takdir, ya jodoh pasti bertemu by Afgan. Tapi kalau ngga, setidaknya kita sudah mengisi waktu dengan kegiatan yang lebih berguna. Nyari gebetan, contohnya.

angg1awordpress

Yang penasaran dengan tipsnya, bisa lanjut ke artikel ini:
Diputusin, Emang Gue Pikirin?
Buanglah Mantan Pada Tempatnya

***
IndriHapsari
Referensi dan Gambar : Twitter, Facebook, angg1a.wordpress.com, setiyarahayu.blogspot.com, nyunyu.com

Advertisements