Flipboard : Aplikasi Berita Pilihan

Aplikasi di gadget itu ngga selamanya berguna. Memang sih, saking mudahnya mengunduh dari Play Store ataupun AppsStore membuat kita gampang banget tinggal klik dan dapat aplikasi gratisan tersebut, meski ngga tau gunanya apa. Ada ratingnyapun kadang menyesatkan, sempatkan membaca komen di bawahnya. Atau kalau ngga ikuti 10 aplikasi paling berguna dll yang biasanya ada di artikel inernet. Itupun, tetap saja pada akhirnya saya mesti bersih-bersih, menghilangkan aplikasi tersebut biar ngga memberatkan memory. Belum lagi kalau satu akun, tapi gadgetnya ada beberapa. Aplikasinya terunduh otomatis, jadi seragam. Bisa sih dicegah dengan otak atik setting, tapi defaultnya ya keunduh semua.

Kemaren, karena iPad saya ‘beranak’ lagi, mesti masukin lagi tuh aplikasi pilihan yang benar-benar diseleksi, memang bagus dan berguna. Tapi begitu lihat aplikasi Flipboard ini, dengan rating hampir sempurnanya, dan artikel-artikel positif yang memuji aplikasi ini, akhirnya malah saya install juga ke Tab saya.

Dulu saya pernah baca, Flipboard ini mengumpulkan berita dari berbagai media, jadi kita ngga usah buka satu-satu. Waktu itu belum tertarik, karena kapan sih saya sempat baca berita? Trus medianya internasional lagi, la yang penting kan dalam negeri.

Tapi orang bisa berubah ya. Bukan karena kini ada waktu untuk baca, tapi aplikasi ini bisa memilah mana berita-berita yang ingin saya baca. Saya bisa pilih rubrik Traveling, Recipe (meski ngga pernah masak :P) atau Technology. Kalau saya ngga mau baca berita bunuh-bunuhan yang biasanya ada di Politics, eh News misalnya, saya bisa lewatkan. Tapi jangan takut ketinggalan berita, karena Cover Stories-nya Flipboard, sudah merangkum itu semua. Updatenya juga real time loh, jadi jangan takut ketinggalan berita.

Perubahan kedua adalah berita dalam negeri erlalu mainstream. Negeri ini emang ngga pernah lepas dari bencana dan kekacauan, di segala rubrik. Kesannya dunia tuh ngga ada indah-indahnya. Padahal ketika di Flipboard, saya jadi tahu si Kapten Picard itu mengeluhkan soal penumpang di pesawat yang annoying baginua. Ih kebayang kalau saya jadi salah satu staffnya di pesawat Star Trek 😀 Atau film-film keren yang diangkat dari novel, dengan random topic. Kok bisa ya mikir kesana, padahal film-film kita ngga jauh-jauh dari percintaan. Abis nonton ngga tambah pinter.

Jadi begitulah, jenuh dengan keadaan ini, maka Flipboard menawarkan solusi. Sudah beritanya diseleksi, Flipboard juga ngga mau buang waktu pembacanya dengan mesti bukain satu-satu dan baca keseluruhan artikel. Pertama kita akan disuguhi cover dinamis seperti ini. Gambarnya bergerak dan berganti-ganti, sesuai berita.
image

Lalu pas dibuka, kita punya banyak rubrik seperti ini, dengan image yang bakal menarik perhatian. Kalau tertarik sama imagenya, atau rubriknya, klik aja, dan akan muncul ringkasan berita seperti ini. Kalau tertarik klik aja beritanya.
image
Oya, kalau mau masukin timeline medsos juga bisa, tapi sampai sekarang saya belum berhasil masukin akun saya. Jadi ngga perlu keluar masuk aplikasi, cukup di Flipboard aja untuk tau perkembangan terbaru. Hal ini sekalian menutupi kekurangan Flipboard soal berita dalam negeri, bukannya sudah banyak yang nitip link berita di medsos? 🙂
image

image

Muncul artikel penuhnya. Cara bacanya tinggal di’sapu’ aja dari kanan ke kiri, atau diusap dari kanan ke kiri. Halamannya ada beberapa, tergantung panjang artikelnya dan besar fontnya. Font yg sy pakai large (maklum mata tua :D).

Kalau diperhatikan, di bawah ada beberapa simbol. Ada buat ngelike (hati), share ke medsos (garis dengan node) yang bisa kita kasih pengantar, trus tanda plus kalau mau bikin majalah sendiri. Eh, beneran! Ini contohnya.
image

image

Akun kita bisa dilihat di dashboardnya seperti ini. Kalau pernah bikin majalah, yang sebenarnya adalah artikel-artikel yang kita kumpulkan, akan tertera juga di sana. Yang pasti sih bakal menarik, karena foto-fotonya keren semua.
image

Kekurangannya mungkin soal updating ya, pasti makan memory, baterai dan pulsa. Bisa sih di-off, tapi males banget ngeupdate satu-satu. Trus kalau jaringannya ngga kuat, bisa sampe ubanan nunggu gambarnya keluar, dan loading artikelnya jadi lama.

Overall, saya kasih bintang 5 deh! 🙂

image

***
IndriHapsari

Advertisements