Pilihan Olahraga Sesuai Karakter Manusia

pinterest.com

pinterest.com

Semua orang sudah tahu manfaat olahraga, namun tidak semua melakukannya. Alasan klise yang diungkapkan misalnya tidak ada waktu atau melelahkan. Sebenarnya mungkin saja hal ini terjadi karena mereka belum menemukan olahraga yang tepat.

Disini saya mencoba memberikan saran jenis olahraga yang sebaiknya dipilih, berdasarkan 4 karakter manusia yang telah kita kenal yaitu Sanguinis, Koleris, Plegmatis dan Melankolis.

Sanguinis memiliki sifat ceria, mudah berteman, senang berkumpul, dan susah untuk diam. Olahraga yang tepat adalah olahraga tim, memerlukan kerjasama, dan kehadiran seorang Sanguinis disini diharapkan memberi motivasi dan keceriaan bagi timnya. Contoh olahraga yang bisa dilakukan meliputi futsal, sepakbola, bola voli, dan bola basket.

Koleris memiliki sifat berkemauan keras, berani menghadapi tantangan, dan tidak begitu perlu teman. Olahraga yang tepat harus mempunyai sifat kompetisi dan tidak memerlukan kerja tim. Misal tenis, tenis meja, bulutangkis, tinju, gulat, karate dan pencak silat. Bagaimana dengan

Plegmatis? Orangnya santai, tenang, bijaksana dan kurang suka bergerak. Olahraga yang tepat untuk karakter ini memerlukan suasana tenang dan tidak bersifat kompetisi. Contohnya jogging, golf, fitness, menembak, memancing, angkat besi, panahan, dan binaraga.

Terakhir adalah Melankolis. Sifat utamanya adalah pemikir, serius, perfeksionis dan sangat memperhatikan orang lain. Olahraga yang tepat untuknya harus berupa kompetisi yang memerlukan pemikiran yang mendalam. Misal catur, bilyar, bowling, bridge dan lempar pisau. Mana yang paling tepat untuk Anda?

Note: Bacanya jangan terlalu serius. Tulisan orang iseng, belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Lain kali kalau iseng lagi, saya buat pilihan olahraga berdasarkan zodiak atau shio šŸ™‚

Referensi karakter : http://en.wikipedia.org/wiki/Four_temperaments

Advertisements