Ide Ice-Breaking Acara Kantor

lerablog.org lerablog.org[/caption]

Pergi bersama teman-teman kantor, tentu akan menjadi acara yang menyenangkan dan ditunggu-tunggu. Apalagi kalau bukan kesempatan mengalihkan pikiran dari pekerjaan, keluar dari rutinitas, dan menambah keakraban dengan karyawan yang lain. Buat yang single, menjadi ajang PDKT. Buat yang double, mungkin inilah me time yang kita punya (meski masih rame-rame). Hal lain, semakin intim suatu hubungan, membuat kita makin ngga sungkan kalau meminta bantuan (ada udang di balik bakwan).

 

Beberapa ide yang saya dapatkan dari browsing website luar, http://www.buzzle.com dan http://www.partycurrent.com mungkin bisa diterapkan di acara kantor. Ah ya, yang saya tampilkan disini adalah ide yang gratisan (forget about hire a magician, an artist, or comedian), bisa untuk kelompok kecil dan besar, dengan asumsi pemainnya pada males kalau modelnya macam outing. Maunya yang anteng saja. Biar anteng tapi seru, ngga pa pa to ya? To!

 

1. Tebak Siapa

Tulis nama-nama populer pada post-it, missal artis, politikus, tokoh kartun, kemudian tempel di punggung seseorang. Dia harus menebak, siapa tokoh yang ada di balik punggungnya. Supaya bisa menebak, maka teman-temannya mengajaknya bicara, atau bertingkah sebagai teman, lawan, istri atau siapapun dari tokoh tersebut.

 

2. Dua Kebenaran dan Satu Kebohongan

Setiap orang mengungkapkan 2 kejujuran dan 1 kebohongan, makin lucu dan makin susah ketebak is better! Lawan bicaranya, harus menebak mana yang beneran, mana yang bokis.

 

3. Kamu Juga??

Buat beberapa kelompok, dan mereka harus berdiskusi tentang kesamaan di antara mereka. Bisa dari hobi, ketidaksukaan, kehidupan, atau lainnya dengan waktu dibatasi. Setelah waktu habis, mereka harus menemukan apa kesamaan di antara mereka, dan diperagakan.

 

4. Mendongeng

Setiap orang duduk dalam lingkaran. Kemudia satu orang bercerita, disambung ceritanya oleh orang di sebelahnya. Terus berlanjut sampai selesai. Makin kacau dan balau, makin asyik!

 

5. Punya Apa?

Setiap orang memeriksa barang apa yang ada di dompet atau tasnya yang paling unik atau lucu, kemudian memperlihatkan dan membagi kenapa benda itu yang dipilihnya.

 

6. Pencuri Meja

Sebelum acara, ‘curi’ barang salah satu pegawai, dan pertontonkan pada saat acara. Selanjutnya bisa acara menebak ini punya siapa, bisa juga pemilik diminta menceritakan tentang benda tersebut. Yang dicuri tidak hanya satu, bisa beberapa, bisa semua.

 

7. Mati karena Kedipan

Setiap orang mendapatkan sehelai kertas, yang berisi perannya. Sebagai pembunuh dan detektive masing-masing satu orang, yang lainnya sebagai korban. Detektif harus dapat menemukan pembunuh, yang perlahan-lahan membunuh korbannya dengan hanya mengedipkan matanya. Bisa juga dengan cara menempatkan detektif di dalam lingkaran, sementara korban dan pembunuh duduk melingkar membelakangi detektif.

 

8. Bingo

Buat papan bingo yang terdiri dari 25 kotak, berisi nama-nama peserta acara. Lalu panitia sebutkan ciri orang tersebut, peserta harus mencari kotak siapa yang dimaksud. Jika telah menemukan dan benar, kartu boleh dibalik. Yang menang adalah kelompok atau peserta yang dapat membentuk garis lurus seperti pada permainan Bingo.

 

9. Bahtera Nuh

Setiap orang diberi kartu yang berisikan nama hewan. Kartu tersebut ada sepasang. Peserta harus mencari pasangannya, tanpa bicara, hanya bertingkah laku seperti binatang tersebut. Mereka yang telah menemukan pasangannya, dapat naik ke bahtera.

 

10. Apaan tuuuh?!

Isi sebuah kotak tertutup dengan barang-barang aneh. Misal ular-ularan karet yang dilumuri minyak, bola kejut dan barang-barang lain yang menyulitkan peserta untuk menebak, benda berlendir apa yang ia pegang 😀 Jangan lupa difoto yaaa ^_^

Advertisements