Percakapan Saat Kencan

20130318-212850.jpg

Akhirnya, Anda berhasil mengajaknya keluar untuk kencan. Awalnya semua berlangsung aman, damai sentosa. Jemput si dia, bawa ke bioskop, dan makan malam berdua. Mulailah muncul masalah, mau ngomongin apa? Berdua duduk berhadapan dengannya, ngga lucu juga kalau masing-masing sibuk dengan makanan yang ada di depannya, dalam diam.
Emang perlombaan?
Maka, beranikanlah untuk membuka percakapan, yang dijamin ngga memancing pertengkaran.

Peraturan pertama : jangan tanya masa lalu.
‘Pernah pacaran berapa kali?’ –> Kepo
‘Mantanmu ada yang seganteng aku ngga?’ –> GR akut
‘Dulu putus kenapa?’–> lagi berusaha lupain kok malah diingetin lagi. Kalo CLBK baru nyaho deh!

Percakapan kedua : tanya tentang saudaranya.
Yang aman sih tanya dia berapa bersaudara, cowok atau cewek.
Jangan : ‘Adik kamu ada yang manis ngga?’ selain ganjen, ntar disangka pedofil.
Juga jangan iseng nanya : ‘Ooh…saudaramu ada dua, itu dari Bapak Ibu yang sama?’
Haduuuh, bubar nanti makan malamnya!

Percakapan ketiga : punya tempat favorit ngga?
Tempat favorit di sini, maksudnya lokasi jalan-jalan yang berkesan dan dia suka. Jangan tanya ‘lokasi pacaran favorit’. Ntar dijawab ‘semak-semak’ Anda sendiri yang bingung emangnya sekarang lagi jalan sama Pak Bon. Sekalian kalau dia sudah menyebutkan lokasinya, bisa membuka ke pintu percakapan lain, misal kegemaran kalian mengunjungi cagar budaya ternyata sama *atau disama-samain..yah..ngalah dulu lah :)*. Atau destinasi favorit yang belum dia kunjungi apa, Anda bisa sekalian TP saat itu.
‘Oh..ke Amerika? Sama dong! Kapan-kapan kita ke sana yuk!’ Setidaknya setengah mimpinya sudah Anda menangkan. Jangan disambung dengan,
‘Saya paling suka roti kejunya.’
Ealaaa…Amerika Bakery ternyata…

Percakapan keempat : suka makan apa?
Makanan, juga bisa diganti dengan minuman. Topik yang aman, karena dia pasti tiap hari makan dan minum *garing amat sih*, ngga akan bikin tersinggung, kecuali Anda iseng ngasih tahu ‘Kamu tahu ngga, gimana caranya nangkep kupang di sungai?’ pas waktu dia sedang asyik menikmati makanannya. Haduh, sudah dikasih tips gini mbok ya diikuti, ngga usah improvisasi dengan cerita pencemaran air laut, manfaat ayam dari bulu sampai kotorannya, dan pestisida yang ada pada setiap sayuran non-organik. Yup, itu penting. Tapi ntar aja ceritanya kalau sudah selesai makan.

Percakapan kelima : nanti ingin kerja apa?
Paling cocok ya kalau gebetannya anak kuliahan. Asal nyambung aja ngomongnya, jangan maksa, ‘Kok ngga milih jadi pegawai bank aja sih?’ padahal dia lagi kuliah kedokteran.
Kalau si dia sudah bekerja, tanya bagaimana pekerjaannya, dan dia ingin ke depannya seperti apa. Sekalian Anda bisa menyemangatinya, mendorongnya *awas terjengkang* agar ia makin semangat bekerja.

Percakapan keenam : teman-temannya.
Tanya tentang teman-temannya, secara tidak langsung Anda bisa mendapatkan info tentang kegiatannya. Tapi jangan keterusan acara ngegosipnya, ‘Terus…trus…gimana Jeng?’ Eaaa..ketauan deh kalau malam Anda suka ganti nama :P. Ingat, fokus pada si dia, jangan terdistorsi dengan teman-temannya yang ternyata finalis Gadis Sampul, Poltik alias polisi cantik, atau presenter kenamaan *sebenarnya, cewek Anda nih siapa sih? Kok keren banget? Hehehe*

Percakapan ketujuh : hobi.
Terkesan basi, tapi ampuh untuk memancing dia bicara. Orang kan lebih senang bicara hobi atau minatnya, daripada cerita hal yang dia ngga suka. Siapa tahu, kegemaran kalian sama *atau sekali lagi, disama-samain* hingga bisa lebih nyambung lagi. Misal sama-sama suka berkebun, berayun, sambil manyun *apa lagi ya yang belakangnya ‘un’?*

Jangan lupa lihat reaksinya saat Anda ajak bicara. Semangat dengan binar-binar di matanya, atau tak bergairah dan cenderung menghindari tatapan mata. Jika yang pertama terjadi, simpan buat diri Anda sendiri, jangan saking gembiranya terlontarlah rencana Anda ‘Malam minggu besok, besoknya lagi, bulan depan, sampai selamanya, kita dinner bareng lagi yuk!’ Selain terdengar membosankan *pacaran, dinner doang? :P* agak jual mahal lah sedikit. Biar si dia menunggu, minggu depan Anda bakal ngajak kencan lagi ngga ya…

Sebaliknya jika si dia nampak 4L *Lelah, Lesu, Lemas, Lunglai* saat Anda ajak bicara, cek
deh kondisi kesehatannya, mungkin dia lagi ngga fit. Atau kondisi kejiwaannya, mungkin lagi ada persoalan. Atau kalau semua baik -baik saja, ya mungkin Andalah penyebabnya.
‘Di Profile Picture kok cakep bener ya…’
Hihihi….makanya, pasang PP jangan yang kegantengan!
***
Sebagian point didaoat dari http://www.askmen.com
Sumber gambar : pinterest.com

Advertisements