Tips Menembak Cowok

mtronik

Menembak yang dimaksudkan disini adalah wanita menyatakan perasaan cinta lebih dahulu kepada pria. Ya, jaman telah berubah dan pernyataan cinta bukan hanya monopoli kaum pria saja. Namun apa yang kita lihat mungkin dalam film, buku, dan pengalaman orang lain kadang tidaklah cocok untuk diterapkan dalam semua kasus. Apalagi ini Indonesia, yang menjunjung tinggi adat ketimuran. Pria biasanya yang memegang peranan untuk menyatakan, dan wanita tinggal memutuskan, menerima atau menolak.

Bagaimana bila pernyataan cinta itu tidak pernah datang, sementara wanita sudah terlanjur jatuh hati pada pria? Karena itu dari hasil survey dengan para Kompasianer pria, terapat dua topik yang saya tanyakan, yaitu :

  1. Maukah cowok ditembak duluan?
  2. Bagaimana cara penyampaian yang diinginkan?

###

Secara umum terdapat 3 kelompok pendapat, yang menyatakan setuju, agak setuju, dan tidak setuju terhadap peranan wanita dalam menyatakan cinta. Semuanya sample ini semoga dapat mewakili populasi pria di Indonesia, meskipun tanpa tes reliabilitas dan validasi, bahwa memang ada 3 tipe pria. Nah, kemungkinan salah satu tipe pria ini yang akan dihadapi wanita dalam perjuangannya.

Kemudian hampir semua Kompasianer yang terlibat dalam diskusi berpendapat, sebaiknya pernyataan itu tidak dilakukan secara langsung. Misalnya mencegat pria saat pulang kerja, menatapnya dalam-dalam sambil mencengkeram kerah bajunya, dan bilang ‘Ai Lap Yu’. Ngga banget, kata mereka. Jadi para pria sebenarnya tetap menginginkan sebaiknya wanita mengungkapkannya secara lebih halus dan tidak langsung.

Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut, maka dapat disusun langkah-langkah menembak untuk wanita yaitu:

Langkah kesatu: Kenali dulu tipe pria Anda

Jika dimungkinkan, ada baiknya mengenali tipe pria seperti apa yang Anda akan hadapi. Belum tentu yang malu-malu akan kabur kalau Anda menembak duluan. Dan belum tentu yang gaul banget akan terbuka dan bisa menerima aksi nekad Anda. Jadi yang tersurat belum tentu yang tersirat .

Caranya bisa dengan bertanya pada orang sekeliling pria, mungkinkah cara tersebut dipakai, bagaimana sejatinya sifat pria, dan apakah dia pernah mengalami hal yang sama dan bagaimana tanggapannya. Dari pengamatan juga bisa, atau tanyakan langsung padanya. Hal ini bisa dilakukan kalau Anda sudah kenal dekat padanya. Misal, datangi dia dan karang cerita seperti ini

‘Eh, kalau ada cewek nembak kamu duluan, kamu mau ngga?’

Kalau dia balik bertanya, pura-pura nama dirahasiakan, dan paksa dia untuk menjawab pertanyaan. Nah, jadi tahu kan dia tipe pria seperti apa.

;

Langkah kedua : Ambil resiko

Sudah tahu tipenya? Kalau dia termasuk yang bisa menerima, silakan masuk langkah ketiga. Namun jika dia merasa segan, bagaimanapun perasaan Anda harus diungkap kan? Jangan kalah sebelum perang, jangan mundur sebelum bertempur. Kalau Anda tidak melakukannya, Anda tidak akan pernah tahu hasil yang Anda akan dapat, dan tidak bisa bergerak untuk mencari sasaran tembak yang lain, karena masih penasaran dengan yang satu ini.

Maka ambil resiko untuk lanjut ke langkah ketiga. Bakal seburuk apa sih jika ditolak? Mungkin memang ada yang mulutnya ember sehingga ngomong kemana-mana bahwa Anda sudah menembak dia. Kalaupun itu terjadi, setidaknya orang akan berpikir Anda wanita pemberani, yang bisa memilih lelaki. Siapa tahu malah cerita itu akan membuat lelaki lain berharap ditembak oleh Anda.

Berhenti khawatir. Kekhawatiran tidak akan merubah apapun. Dengan melawan ketakutan yang ada Anda pelan-pelan berubah menjadi wanita yang lebih tangguh.

;

Langkah ketiga : Menyatakan cinta

Bagaimanapun, para pria menginginkan mereka yang menyatakannya duluan. Jadi sebaiknya sebelum Anda menulis surat berlembar-lembar, beri tanda pada si dia bahwa Anda menyukainya. Misal selalu ada di setiap kegiatannya, tapi hati-hati jangan sampai kehadiran Anda malah annoying. Berusaha mendukungnya dalam setiap kesempatan. Berbicara yang menjurus, atau sambil bercanda, atau berlakulah seperti TTM (teman tapi mesra), hubungan yang menguntungkan kedua belah pihak. Beri clue yang jelas hanya pada dia saja, sehingga dia bisa menangkap keinginan Anda.

Tanda yang bisa Anda berikan bisa berupa (pura-pura) salah tingkah, melambatkan gerakan agar si dia memperhatikan (misal berlama-lama mondar mandir di depannya- setrikaaaa kali…), merapikan penampilan dan wangi, perhatian terhadap yang pria lakukan, dan terlihat memuja pria (memuji, menyemangati, terbelalak).

Seperti video klip Carlie Jepsen – Call Me, Maybe yang saya sertakan di artikel sebelumnya. Mengetahui ada tetangga yang ganteng-tinggi-sixpack-…eh…fokus, fokus….semula ceweknya cuma berani ngintip dari jendela. Setelah itu dia berusaha menarik perhatian si cowok dengan berada di dekatnya, baru kemudian memberikan nomor teleponnya sambil berucap ‘call me, MAYBE?’. Jadi pilihan tetap diserahkan pada pria, bukan maksa.

Syukur-syukur si dia tanggap. Kalau belum ngeh juga, ya Anda mesti siap-siap mengutarakan maksud, secara tidak langsung. Manfaatkan teman dia, atau teman Anda, sebagai penghubung dan merencanakan pertemuan yang ‘tidak sengaja’. Jika ternyata pernyataan suka Anda ditanggapi positif, Anda bisa mulai mendekatinya secara langsung, dan mestinya dia sudah siap untuk dicintai. Bila tanggapannya menggantung, jangan mau. Aktifkan teman-teman Anda kembali untuk mendapat kepastian.

Ungkapkan perasaan Anda ketika sedang berdua saja dengan si dia. Beberapa contoh kalimatnya :

‘Aku sayang kamu. Aku berharap dapat jadi bagian dalam hidupmu. Bolehkah?’

‘Bisakah kita menjadi teman berbagi selamanya?’

‘Terima kasih ya telah mengisi hari-hari indahku. Mungkinkah ini dapat berlangsung terus?’

Bagaimana jika tanggapannya negatif? Saya rasa ini waktunya untuk mundur, entah untuk sementara atau selamanya. Pria juga perlu waktu untuk menyadari dia cinta atau tidak dengan wanita yang telah berani menembaknya. Saatnya Anda jual mahal sedikit, tidak membahas pernyataan Anda sebelumnya, dan berlaku biasa. Kalau perlu tunjukkan bahwa Anda cukup berkualitas dan patut didapatkan. Semoga dia jadi penasaran dan malah balik mengejar Anda.

Namun jika tidak, jangan kecewa. Cinta tidak bisa dipaksa. Saatnya menggeser sasaran, karena mungkin dia bukan jodoh Anda. Kalaupun jodoh, tanpa diperjuangkanpun ya nanti bakal dipertemukan kembali. Jadi move on, pria tidak cuma dia saja. Pria yang lebih baik akan muncul, hanya saja sekarang belum kelihatan.

Untuk para pria, rasanya Anda juga harus mempersiapkan diri jika sewaktu-waktu hal ini terjadi, maksudnya ada wanita yang menyampaikan cinta pada Anda lebih dahulu. Jangan kaget dan menganggap wanita ini kok nekad amat. Kalau Anda suka ya terima, kalau tidak ya tolak. Jadi tanyakan ke hati, tidak perlu memusingkan siapa duluan yang sebaiknya menyatakan. Seharusnya malah Anda bangga, wanita berani keluar dari pakem yang ada, karena melihat Anda sebagai seorang pria yang patut diperjuangkan, dan harus ditembak agar tidak keduluan saingan.

Girls Talk - Indri Hapsari
Girls Talk – Indri Hapsari

Masih penasaran bagaimana sih menghadapi mahluk yang bernama cowok itu? Atau sebaliknya, cewek itu serumit apa sih, maunya apa sih? Yuk mari baca buku terbitan BIP ini, mulai tayang di seluruh Toko Buku Gramedia, pertengahan Juni 2015. Yang ngga sabar atau ngga sempat kesana, bisa PO ke ihapsari(at)outlook.com, atau twitter indyfindme.

Ditunggu ya ^_^

Advertisements

199 Comments

    1. saya udah nyatainnya sama temen sekolah tapi secara langsung. Trus dia blg, dia cuma bisa jadi temen hiks:'(. Tapi aku tetep aja masih suka sama dia dan gamau ngelupain dia, soalnya masih gamau nyerah. yauda habis kejadian itu dia nyapa blg ‘hai’ tapi akunya pura2 jutek gitu. Ehh besok2 dia ganyapa lagi gatau sih entah karna itu atau karna
      Dia denger kalo aku suka sama cowok lain setelah kejadian itu, soalnya temen deket dia nanya apa bener aku suka sama cowok lain. Trus dia nanya lagi ‘jadi kyk mana sama si dia?’. Yauda jadi kalo ketemu ya pura2 gakenal, akunya juga ga nyapa:'(. #sedih hiks
      hehe maaf min ceritanya terlalu panjang. Oiya min kasih saran dan solusi dong:))

      1. Saran saya sih, kalau sudah satu kali ngungkapin, that’s enough. Ngga perlu diulang. Karena berarti cowoknya yang masih ragu, dan biar dia sendiri dong yang ngeberesin urusannya sama kamu, bukan kamunya yg mesti ngomong lagi.

        Ngga sama dia ngga apa. Dia yang rugi karena sudah menolak cewek semandiri kamu 🙂

    1. Euh, coba diterapkan mulai langkah satu sampe tiga, yang pasti langkah pertama penting tuh. Coba tanyain teman2nya, dia udah ada cewek yg disukai atau belum. Trus pelan2, sambil lalu, tanya soal tipe cewek yg dia sukai. Sesekali puji2 cowok lain, liat reaksinya.

      Semoga berhasil ^_^

  1. Kan aku udah lakuin hal no. 1, tanya nya, “Kalo ada cewek nembak kamu sekarang, mau diterima/tolak?” eh dia jawab, “Tolak lahh.. Kan udah punya..”. Aku tanya, “Siapa?” dia jawab, “Ya siapa lagi, kamu lah..”

    Yang aku bingung, dia nganggep aku pacar? Tapi aku nya belum ditembak/jadian. Gimana tuh, bingung sendiri jadinya .-.

    1. Sepertinya cowokmu menganggap ceweknya bisa telepati. Sehingga tanpa dia menyatakan, kamu udah paham 😀
      Tapi dgn dia jawab ‘ya kamu lah’ sepertinya positif kamu pacarnya 🙂
      Sekarang tinggal cek aja, dia begitu juga ngga ke cewek lain #ups 😀

  2. postingan ini sma kaya yg gue alamin skrng,tapi gw gak ada keberanian untuk nembak 😦
    karena gw diciptakan tuhan punya tensin yang tinggi..
    ahhhhh,,,
    😦

  3. Dulu aku sama bpknya anak2 berteman. Maya. Tapi karena dia bail dan ga aneh2 trus dari goto yang dikirim dia tipe ‘kyai’ maka aku tembak dengan ‘bisa ga lebih dari teman?’
    Hasilnya, tgl 6 kemaren kami Dah sepuluh tahun. Thanks MiRC!

    1. Haahaha siiip..syukurlah ada contoh yg berhasil 🙂 Eh mbak jd kepikiran, sepertinya tipe cowok itu ada yg mau ditembak ada yg ngga ya…bs jd tulisan ‘ciri cowok yg bs ditembak’ 🙂

      1. Asal udah nyambung di segala lini, suka ngasih perhatian ke kita, brani diajak berantem dalam tanda petik, suka dikasih tantangan, sepertinya tinggal menunggu saat yang tempat untuk menembakkan peluru cinta. Tinggal pilih caranya aja

  4. Saya sudah mengungkapkan nya min, hanya mengungkapkan perasaan tetapi tidak meminta dia untuk memberi keputusan. Reaksi cowok itu hanya terkejut dan mengucapkan terimakasih, terus apa lagi yang harus saya lakukan secara saya dan dia jarang bertemu dan jarang berkomunikasi. Tapi perasaan ini masih terus ada :’)

    1. Masa tunggu? 🙂
      Sibukkan dirimu dgn aktivitas lainnya. Cowok ngga suka klo ditanya ulang, apalagi didesak. Dinda sdh berani dgn mengungkapkan duluan, masa cowoknya kalah berani dgn tdk menjawabnya? Jd tunggu aja, bnyk berteman, siapa tau nemu yg lebih baik dan suka sm Dinda.

      Kalau kita diam, perasaan itu akan terus berkutat di sana. Tp klo kita terus bergerak, perasaan itu bs pudar kok. Klo Einstein bilang : Life is like riding a bicycle. To keep your balance, you must keep moving 🙂

  5. Mba indri.. aku ragu2 soalnya si dia temenku dari SD, tapi dari SMP-SMA kita udah gak deket. Jarang ngobrol dan baru2 ini ketemu lagi. Itu hitungannya kita udah kenal dia ato enggak ya?

    Terus aku udah ngedeketin sebisanya, tapi dari dia sinyal baliknya lemah banget – hampir ga ada malah. Apa yang kayak gini sebaiknya diterusin ke acara tembak menembak?

    btw tulisannya bagus mba.. 🙂

    1. Jangan dulu Rani, cowoknya juga bisa terkaget2 klo belum dekat tau2 udah nembak aja. deketin terus, liat sinyalmu diterima dgn baik atau roaming. Setelah itu baru diputuskan, mau ditembak apa ngga.

      Makasih ya Rani 🙂

      1. Kk…saya lagi naksir nie…sama temen sekelas saya…sya bingung bercanda aja belom pernah…udeh aku invite pinnya….malah dia ganti hp….aku pengen deh nembak dia?menurut kk gimana?

      2. Nanti cowoknya terkaget2 loh ngga deket ngga apa kok tau2 nembak 🙂 deketin dulu dong, biar saling kenal. Nanti kan ketauan, dia tipe yg gimana, atau sebaliknya, malah jd ilfil sm dia 🙂

  6. kak ini masalahnya yg saya tembak udah punya pacar gimana tuh tapi kelihatannya dia juga suka ma sya klau dri jauh pst dia lhtn sya wkt sya mergokkin dia, dia lgsng salting and snym2 sndri mmng dia udah prnh sya tmbk brkli2 mlhn tp gk ada rspon2 ap2 cma dia mngznkn klu sya suka ma dia tp klu gk ada2 rspn ap2 trs sya gmn mau trs ngjar apa brhnti aja…??
    please kak replay soon.

    1. Klo cowok itu pny nyali, mestinya dia akan meninggalkan ceweknya yg lama dan ngejar kamu. Kalau ngga, ya dia hanya akan menikmati kekagumanmu tanpa mau melepas ceweknya. Nah, kamu mau ngga digituin? Punya pacar tp lirik2an sm org lain ho-oh aja? 🙂 Menurut sy, cari cowok lain yg available. Kalau tiba2 dia dtg dgn posisi sdh ngga pacaran lg, ya itu namanya rejeki 🙂

      1. Min, aku mau cerita 😀 :p 🙂

        Kan aku suka sama si doi, nah terus sahabat aku suka sama dia juga , terus aku biarin aja, aku malu buat ngungkapin perasaanku, karna dia juga kawan wktu aku kecil, karna dia ganteng(hihi) jadi si doi banyak yang suka, terus aku harus apa min? Kalo nyembunyiin perasaan lama”, nnti bisa dicolong orang, dan juga aku gamau buat perasaan temenku sakit gara” aku, tolong kasih saran ke aku yaa 🙂 makasih minn 🙂

      2. Berlaku biasa aja…cowok suka bukan krn dikejar atau siapa yg nembak duluan, tp siapa yg bs bikin nyaman. Jd bersikap biasa, becanda2 dan deketin dia tp jgn terlalu keliatan..klo dia suka ya dia akan usaha 🙂
        Klo cowoknya sdh milih kamu, temanmu yg harusnya ngalah…seperti kamu ngalah klo cowok itu milih temanmu 🙂

      3. emmt gitu ya Kak,,,tp kyknya klu sma cwok lain gk ada yg cocok dihati cma ada dia dan dia….soalnya dah kepincut udah kyk lem yg lngkt buanget hehehe.
        klu mnrt kakak ada kemungkinan nggak sich klu dia suka ma q??

    1. Biasanya cowok suka ke cewek yang membuatnya nyaman…nah seperti apa itu..mungkin bisa nanya ke orang terdekat. Misal dia suka bola…ya mesti nyambung sm yg dia omongin, plus hapal jadwal pertandingan. Dia suka musik…cari tau grup band favoritnya apa, trus tunjukkan kalau kamu juga suka…Dari kegemaran yang sama bisa masuk ke kegiatan2 berikutnya..semangat yaa 🙂

  7. Kak..’ Bagaimana klo perasaan cinta itu masih ada ? Padahal kita sdah berusaha untuk melupakan ? Apa yg harus sya lakukan ?

  8. Mba lgi da problem nih q sama teman q cwok dia perlakukan q selayaknx orang pacaran, tpi dia tdk pernah dia bilang ke aku klau dia Suka sama q jdi q bingung mba apa dia Suka q atau tdk???

    1. Ati2 looh..siapa tau dia ambil keuntungan aja..maksudnya biar dpt rasa sayang drmu, jg dr yg lain. Begitu diprotes, ngelesnya ‘kan aku ngga pernah bilang suka kamu!’

      Jd…siap2 aja utk tanyakan ke dia…gimana perasaannya. Mampu ngga dia memilih kamu sbg satu2nya pacarnya 🙂

  9. ka indri, makasi ya saranny. tapi aku lagi bingung kak, aku sayang bgt sama cowok ini. kami udah kenal 5 tahun lebih, dia perhatian bgt ka sama aku. tapi aku gatau perasaan dia sama aku gimana. aku pernah bilang ke dia “kalo aku sayang sama dia, tapi karna saat itu aku masi puya pacar dia cuma jawab, kalau aku ini uda dia anggap sbagai adeknya yang paling dia sayang. sampai skrg aku masih pendam perasaan ini ke dia kak. walaupun aku punya cowok tapi ntah kenapa perasaan ini ga pernah hilang. apa aku harus ugkapin ke dia dan liat reponnya ya kak ? please help me to find the way . thanks kak.

    1. Gustika, kayanya kamu lebih suka ke cowok ini deh drpd pacarmu. Atau…sebaiknya kamu renungkan dulu,mlebih condong kemana. Jgn mau dua2nya, ngga adil buat pacarmu. Coba, seandainya posisimu seperti pacarmu skrg, diduakan, mau ngga?

      Setialah pd satu org, entah yg mana. Kalau jodoh ya ia yg kamu sesali telah dilepas akan datang kembali. Dan ini cuma bagian kecil dr ratusan episode hidupmu..siapa tahu jodohmu malah bukan mereka berdua 🙂 Jadi jalani dulu satu2 ya…:)

  10. Kalau aku suka sma temen aq . Tapi dia udah punya pacar . Tapi dia aq deketin kelihatan nyaman . Bahkan dia sering pegang tangan aq . Tolong solusinya .

  11. Kak, gimana kalo cowok yg aku suka selalu nanya2in tentang aku ke temen aku, trus dia selalu nongkrong di depan atau gak ya di sekitar kelas aku? Mungkin gak kalo dia punya perasaan sama aku?

    1. Coba aja pas lagi nongkrong di depan kelasmu kamu datengin, gelagapan ngga dia? Atau coba tanyakan lewat teman2 terdekatnya. Kalau positif, tugasmu adalah membuatnya berani untuk mengungkapkan rasa. Misal selalu tersenyum pas liat dia, tanya2 ke temennya biar temennya nyampein ke dia, klo kamu nanya2in dia…hahaha..mbulet aja ya…Yang pasti, buat supaya dia ngga ragu, bukan hal mustahil untuk nembak kamu dan diterima 🙂

  12. Hhmm, gini min gue suka sm dosen gue, tp gimana yah supaya gue bisa ngungkapin perasaan gue.. malu min secara gue mahasiswinya..

    1. Sayangnya utk dosen dan mhsw ada aturannya krn hubungan profesionalitas mesti terjaga. Jd ngedeketinnya klo udah lepas dr matkul atau skripsi aja. Krn ini pria yg lebih tua, caranya jg ngga sm dgn teman sebaya, apalagi ini mantan guru. Kayanya kok malah lebih baik berusaha membuat ia menyukaimu, bukan kamu yg duluan bilang suka 🙂

      1. ka indri aku tuh suka sama cowo dan cowo itu adalah sepupu ku cinta itu timbul waktu aku tk dan setelah tk kami berpisah lalu kami beremu lagi ketika aku kelas 2 smp dan sampai sekarang cinta itu masih ada ,,

      2. Sy rasa di agama sudah jelas yah klo antar saudara itu ngga boleh. Ada jg alasan2 medis dan psikologis. Berhubung cowok masih banyak ayo perluas pergaulan, siapa tau dpt yg better dibanding dia 🙂

  13. numpang curht:( gw punya tmn ..kita sering bcnda brg trus akhrnya gw suka ma tmn cwo gw tu.. tapi gw kaya’a trllu over dkt ma dia dan respon’ny sih bgus dari dia’ny.. trus eh tmn gw yg sirik ma gw malah nyindir” gw, min.
    mrka blg ini itu.. trus gw ngjauh n cuek ma si cwo tu min. dan akhirnya dia jg ikutn cuek n dingin ma gw.. tapi styp tmen gw bilang lox gw suka ma dia. dia malah senyum min:( kira2 dia suka ga sih sama gw min?:(
    n gw hrus gmna min biar bisa kya dlu lagi min? gw syg ma dy…

    maaf kepanjangan min:-)

    1. Halo Sintya, jawabannya sih simple aja, tapi mau ngga ngelakuinnya?
      Bersikaplah seperti biasa, ngga usah dengerin org ngomongin, dan dorong dia untuk bisa mengungkapkan rasanya, atau tunjukkan bahwa kau suka dia *kayanya gitu sih kalo dari curhatnya*

      Semoga berhasil ya 🙂

  14. emZz,,blh tnyac gc?,,,kenapa cieh,cowok tu gc mw trima gw,pdhl gw da ngelakuin yg di berikan contoh d atas.,dan gw da ngungkapin rasa cinta gw,eh si dy malah cuek aja

  15. kaka… tadi aku baru menembak seseorang yang aku cintai dari smp sampe kuliah…
    aku menembaknya dengan surat. aku menghampirinya tapi memakai masker jadi aku tak terlalu malu tapi aku yakin dia tetap tau itu aku karna disurat itu aku menulis namaku meskipun aku sengaja sedikit menyembunyikan namaku disurat itu untuk menguji ketelitiannya setelah aku memberikan surat itu aku langsung lari.
    tapi kak beberapa jam kemudian dia menjadikan surat cintaku sebagai foto dp bbm nya dan dia seolah mengejekku dengan bilang itu surat dari fans nya. aku kesal. tapi aku memutuskan untuk menunggunya mencariku.
    saran kaka apa yang harus aku lakukan untuk membuktikan bahwa aku wajib dikejar.
    trrimakasih^^

    1. Tindakan dia mempublikasikan surat pribadi sungguh ngga etis. Klo sy di posisimu sdh ilfil dan pasti sy blacklist. Skrg aja dia tega mempermalukan, gimana nanti? Jd silakan kamu putuskan, mending ditungguin apa ditinggalkan. Klo nungguin mending diam sj, krn semua langkahmu akan ia sebarkan, selama kelakuannya msh norak gitu.

  16. Min, kalo si doi yang kita tembak itu orangnya, suka bikin kita cemburu gimana? Padahal si doi udah tau sih kalo aku suka sama dia! Dan aku udah tau kalo aku nembak dia pasti dia nolak aku!!! Orangnya suka PHP lagi, minta duit mulu, tapi karena cinta aku kasih deh!!! #True_Story :’)

      1. Nah, resikonya lebih mampu terima yg mana? Yg ngungkapin, atau ngga ngungkapin? Klo jalan tengahnya sih minta org lain yg ngomong ke dia, trus liat reaksinya utk susun langkah selanjutnya 🙂

  17. mbk mnta sarannya, saya mncntai seorg lelaki yg prnh mengisi hdp saya wlw baru 2 bln, ntah knp rasa itu sgt kuat, tpi baru blkngn ini dia berubah, sgt cuek, klw di bbm cm diread, ditelp gk diangkt, trus krn saya msh bbm dia.. dia mnghapus kontak saya.. kmudian saya mnta kejelasan knp dia seperti itu, dgn menelp dia blg, dia ingin sendiri dlu, tpi krn saya krg prcya, saya terus mmnta dia utk jujur, dan dia jujur klw htinya sekrg sgt sakit krn tau mantannya yg dlu mw menikah, dan stlh saya mndgr itu, jujur hati saya sakit, tpi krn saya mncntai dia, saya mncba utk ikhlas, dgn slalu brdoa, dia jga prnh blg klw saya boleh mndekati yg lain. smpai saat ini saya trus brhrp dlm doa agr dia bsa mlupkn mntanny dan kmbali lgi kpd saya sprti kmrn. bgaimna saran mbk?

  18. Saya mw curhat Mba, saya pnya temen kuliah yg sholeh, bijak, dewasa, pintar, cowok baik2 bgt deh mba. Setiap kita ngobrol selalu nyambung, dia bnyk cerita ttg kehidupan dia, mimpi2 dia, pekerjaan dia, dll. saya sudah mengungkapkan saya suka sama dia. tapi ternyata dia Belum siap, dia nyaman dengan saya hanya sebatas teman. Dan saya memutuskan utk back off Gak komunikasi lgi dengan dia, karena bwt saya klo saya sudah mengungkapkan perasaan, sulit bagi saya utk mnjalin pertemanan seperti dulu. Gitu deh Mba, hiks :’)

  19. Wah Kebetulan bgt. Aku mau tny nih. Aku jg abis nyatain perasaan ke cowok. Dia tmn kantor. Tp Dia atasan dan org jepang. Awalnya sih aku biasa aj sm Dia,tmn2 kantor cew yg pd ngefans soalnya masi single,ganteng,baik,dan kyknya masi polos. Masi muda udh manager,sp yg ga tertarik? Tp ntah knp Dia Sll salting Klo di dktku,srg bgt liatin aku,wkt acr makan2 jg pernah samperin aku n tny2 ttg aku. Aku kira Dia cuek,trnyt ramah n baik bgt,jdnya suka deh. Setaun krn keadaan ga jelas gni,Krn ga Mgkn aku samperin ke mejanya,scr Dia manager n bnyk fans! paling kasi care dg SMS n ditnggpin + sm dia,Klo berpapasan malah sm2 senyum nunduk,tp kdg kt saling sapa. Akhirnya Krn aku bakal pindah kerja,aku ungkapin ke Dia. Pas kt lg berdua,kt ngobrol,lalu aku blg Klo suka Dia (tntu sj bhs jpg). Prtm Dia ketawa,kyk bahagia gt. Dia ga bs blg apa2, aku mlh tny knp ketawa? Krn aku ga nyangka dg reaksinya. Trus Dia blg makasih,smpe brp x.. Trus Dia blg dijalanin pelan2 aja ya,masi ada wkt sblm km pergi.
    Itu kira2 Mksdnya gmn y? Masi ada Harapan? N Sebaiknya gmn Klo bsk ktmu Dia? Aku sih berusaha bersikap sprt biasa. Thanks before.

    1. Iya sih kayanya dia jg suka, tp ngga tau mau kemana. Mgkn bersikap biasa aja, jgn lupa tebar pesona, biar dia makin yakin kamu yg dibutuhkannya. Kalau terlalu dikejar malah takut dianya kabur 🙂 Sukses ya 🙂

  20. Wah detilnya inget banget ya siapa yg duluan BBM dan tlp 🙂 Tp kita ngga bs menilai org suka apa ngga dr sana. Dari tingkahnya yg ngga mau nembak apapun meski sdh lama brg dan sdh diperhatiin, kayanya emang dia ngga ada perasaan khusus atau sangat ragu utk jadiin irma pacarnya. Kalau ada temen kalian berdua asyik tuh, minta dia yg tanyain. Kalo ngga ada ya irma aja yang tanya, mas sdh pny pacar belum. Klo dijawab belum dan ditanya kenapa kok tanya, biarin aja. Ntar berikutnya tanya lagi, mas kalo pny pacar mau yg kaya apa? Pokonya gitu terus sampe irma yakin irma pny kesempatan utk jd pacarnya. Gongnya: boleh ngga irma jadi pacar mas?

    Good luck ya 🙂

  21. mbak, mau crita. sya lg suka sma tmen sya, tmn skolah. sy sring bbman sma dia, sring chatan. dia tu orgny asik bgt, kocak, bkin sy nyman, dan orgny msh ndk trlalu mkirin pcrn. sya udh blg kalok sy suka sma dia, tapi sya ndk nanyak gmna kalo prasaan dia ke sya. sya gak smpet nnyak waktu itu. nah skrg sy mlah tmbah suka sma dia, dia mah sante2 aja gk brubah ato apalah reaksinya stlh sy blg kalo sy suka sm dia. tapi knapa kalo ktmu dia, eh dia malh smbunyi malu2 gtu? sya biasa aja. mint pndptny dong mbak. mksi

    1. Udah biasa aja, jangan diterusin dengan nembak lagi. Dia sudah paham kok, tapi bingung mesti gimana. Kalau tu cowok masih GJ gitu, tinggalin aja cari yang baru. Kasian kamu kalau mesti terus menunggu, kayanya dia emang ngga patut diperjuangkan *sorry to say* 🙂

  22. maaf baru skrg aku bca artikelnya ya…mau nanya ni…bagaimana jika aku sama dia saling berpandangan…mngkin diantara kami suka sama suka…tpi malu untuk mnyatakan…apa perlu dteruskan rasa cinta itu ya…please commentar ya dong…

    1. Rasa cinta ngga bisa dihentikan. Tinggal kita mau mengungkapkan apa ngga. Kalau saya sarankan Fizzi lebih ke ngasih sinyal2 aja, yang menambah keyakinan dia bahwa Fizzi suka, dan membuat dia lebih percaya diri untuk mengungkapkan rasanya. Berpandangan aja bukan tanda cinta loh ya..perlu lebih dari itu 🙂

  23. min, jd temen yg saya suka namanya H, dia itu famous banget, byk yg suka sm dia, nah tmn dktny tu namanya U bilang kesaya katanya si H itu cowo ga peka, saya sih udh tau. Tapi saya pgn tau dia suka siapa, dan sy pgn nembak duluan tp takut dijauhin, ini gimana ya min??

    1. Ini sih ngga jelas banget cowoknya 😀 Saran saya jangan buruan nembak, cari tahu dulu dia deket ke siapa, dia suka cewek yang kaya gimana, trus baiknya berteman dulu aja deh yang enak. Siapa tahu dari situ dia malah suka ke kamu, atau malah kamu tahu dia ngga secharming yg kamu duga. Biasaaa…tak kenal maka tak sayang..jadi jangan ditembak dulu ya yang 😀

  24. Mba indri salam kenal.
    Sy mau tanya2 ja ke mba barangkali jawabannya jadi solusi buat sy nanti. Tapi justru x ini sy malah kebalikan dari artikel mba yg diatas, ga’ apa2 kan keluar dari topik tpi sy kira masih nyambung heheh.. Jadi pertanyaan sy “bagaimana jawaban cowok yg ditembak cewek?”. *doooorr*
    thq’s mba

    1. Hahaha jgn ditembak dong 😀 Klo mau simpel, bilang ya klo mmg suka, dan tdk klo ngga suka. Cuma cara ngomongnya yg mesti ati2.

      Klo emang suka, kasih senyum.yang paling manis, trus bilang, ‘kita jalan dulu ya’ atau lainnya yg menyiratkan setuju. Lebih cool gitu drpd teriak ‘yes!’ sambil keliling lapangan 🙂

      Klo ngga, bilang terima kasih atas ungkapan rasanya, terus bilang klo msh mau belajar..eh..ngga ding..itu alasan cewek nolak cowok 😛 Bilang utk skrg berteman dulu saja.

      Soalnya kalau nunda2 misal bilang aku pikir2 dulu, bs krn ragu atau emang mau nyombong, nilainya bs berkurang. Tp entah ya, ada jg cewek yg sangat suka sampe rela pujaannya ngomong apa aja.

      Semoga berhasil 🙂

      1. Sy saat tu cuma bs bilang “udah tau” smbil snyum ya sbgai apresiasi sy ke dia ja gak lebih mba.
        Ini yg ke 3 x nya sy di dooorr.. ama cewk yg beda *bukan sy mehow loh palagi jual mahal..suer deh* n’ ni yg rasanya berat. Mending sy keliling lapangan siang bolong deh drpd sy bilang enggak ke dia tpi smpe skarang sy masih biasa2 ja ke dia nya. sialnya sy emang “pengen bilang nggak” ke dianya gmn nih mba?
        Trima kasih buat mba @indrihapsari yg bijaksana, baik hati n’ tdk sombong udh mau mluangkam wkt buat koment sy.

  25. kak indri mau curhat,aku lagi suka bahkan udah jatuh cinta bgt mungkin ya sama cowok,secara dia udah deket banget sama aku,pernah ngajak duduk bersebelahan,pernah ngehibur waktu sedih,bahkan juga sempat dia kepergok curi2 pandang,ada temenku yg bilang ke doi kalau aku suka dia,dan mendem selama 3 tahun,tapi lama2 capek kak,bahkan kepikiran mau ngungkapin,tapi kalau di ungkapin takutnya di illfeel,terus apa yang mesti aku lakuin kak? doi juga sudah tak bawa dalam doa,saran dong kak thx Gbu!

    1. Coba disindir2 dulu aja, untuk tahu dia punya pacar ngga, sukanya cewe yang gimana, plus dia ada rasa ke kamu ngga. Kalau bukan kamu yg melakukannya, bs minta bantuan teman2 Semoga sukses ya 🙂

      1. disindir kek gimana kak? hehehe,dia single kak,trs gimana caranya biar aku tahu doi sukanya cewe yg kek gimana,trs dia ada rasa ngga sama aku itu gimana kaak?hehe

      2. Kak,dia itu susah ditebak haha,aku sudah coba tanya dia,tapi dianya malah ngelantur kemana2 hahaha,tapi kak,setiap aku chat ke grup,kan kami ada beberapa grup bareng,lah setiap aku chat,dia selalu ikut bales chat itu,trs dia jg pernah kirim foto waktu kita main musik bareng,di kirim sama ditulis gini,pingin lagi,gitu kak,menurut kakak gimana?dia bingungi ya toh kak hahahaha

  26. udah coba tanya ini kak,tapi dianya malah ngelantur kemana2 haha,tapi menurut kak Indri harus diungkapin atau pendem trs kak?kalau di ungkapin takutnya di malah gimana gitu kaka sm aku hehe

  27. Aku mau tanya, udah 3 tahun aku suka sama seseorang. Aku mau ngungkapin tapi banyak kali yang halangi aku, misalnya seperti salah sendal lalu dikejar orang kayak pencuri atau semacamnya. Pernah aku kejar dia sampai ke rumahnya terus dipergokin sama bapaknya. Aku dulu selalu bilang “aku tak boleh menyerah, tetap semangat!” yah sekarang jadi pingin menyerah. Apa aku harus mencoba atau aku harus menyerah? Tolong beri sarannya

    1. Hahaha aduh ceritanya lucu bangeeet…emang cara ngungkapin suka pakai salah sandal segala? 😀 Coba ikuti yang di artikel ini…pelan2 dong…nanti cowoknya dan bapak si cowok ikutan creepy gimana? 😀

  28. Mau crta sdkit mbak.. Ak tuh suka sma teman cwok satu kelas ak… Tapi ak ragu ngungkapinnya karna ak jga anak baru d klas itu… Dia juga klhtnnya tuh cuek… Trz pendiem tapi dia jg prnh senyum ke ak gtu…trz temen ak jga tuh suka sma dia… Trz gmna nih mbk… Apa yg hrz ak lakuin… Tips ap yg hrz ak lakuin…

    1. PAstikan dulu si cowok itu memang Dela suka ngga? Jangan2 karena ada saingannya jadi lebih semangat 🙂 Kalau sudah yakin dan merasa it’s ok rebutan sama teman, cari info dulu tu cowok suka cewek yang gimana, suka siapa, suka sama kamu apa ngga. Kalau info itu sudah dapat, baru ikuti tips yang ada di artikel ini.
      Semoga sukses ya…tapi bukannya lebih baik meningkatkan kulaitas diri dulu ya? Biar cowok2 nanti datang sendiri 😀

  29. Baru tahu nih… ada tulisan yang anti mainstream kyk gini. hehehe… tapi…
    sepertinya nih lapak komen kog isinya cewek semua yak?

    Kalo sy sbg cowok sih, ya nggak masalah nembak atau giliran nembak. Tapi (pernah) kog ya apesnya pas ada yang PDKT dulu… malah inget peristiwa yang traumatis bertahun2 yg lewat. Pernah ada yang ngasih harapan, tapi akhirnya pas diseriusin… dibuang deh ane. Sakit nggak tuh… dan bikin dongkol bgt.

    Akhirnya yg PDKT ini mungkin malah punya feeling aneh dan mikir saya nggak suka kali ya. Dan… hilang dari peredaran. ok… taunya indri di K saja… nggak tau blog-nya ^_^

  30. malu sbner na fooling arround di google gra2 galau xD *inget umur* krna tmen dket ga mau bantu/comment krna takut ntr hati ku jdi terpengaruh sma tanggepan2 dia.
    inti nya “ok boy lets be friend :)” bgtu?
    uda dksi nmor si cowo tpi cma dipantengin aja, nyoba ng-save trs kluar contact whatsapp na dia, nyali menciut ==”

    1. Gpp lah nyapa duluan, tp krn ada kepentingan. Nanya2 apa kek, kan ngga babibu langsung nembak, cowok juga serem klo digituin 😀 Ngobrol2 cantik aja dulu, trus usahakan spy dia menangkap kesan kamu asyik orangnya. Smg berhasil yah 🙂

      1. Min.
        Kalau saya nih, saya sama doi itu HTS {hubungan tanpa status}…
        saya ini sbenernya pengen lebih dari itu.
        Sya itu sayang banget sama doi.
        Tapi si doi kayak nggak peka gitu sama saya.
        Gimana nih caranya supaya si doi peka?

      2. Coba diomongkan ke dia..mau kemana hubungan kalian, apa hambatannya, sebaiknya gmana. Kalau main telepati terus susah 🙂 Kita ngga akan pernah bs mutuskan, digantung, dna yg rugi kamu sendiri.

  31. kak aku suka cwo beda kelas, tp dulu prnh dkt, tp itu juga pas aku udh pnya pcr, aku udh bilang kalo mending aku putusin cwo aku dan jdan sm dia, ehh dia mlh bilang “jgn, ntr disangka pho gtu, lagian hubungan kita bisa dijaga asal sama2 percaya gtu katanya” pas pcr aku tau tentang aku dkt sm cwo itu dilabrak, akhirnya kita udh gak tmnan lg 1th lah, akhirnya aku suka sm dia, gatau tb2 datang gini, dikodein sm aku sampe tmn2 aku pd ngecengin ttp aja dia ggak peka, ttp cuek kak, mlh kesanya dia mrah2 kalo dicengin sm tmn akusegala bilang”gua sumpel sendal nih mulut lo, brisik lo”pokoknya cuek, jutek mau dktin aja tkt kakak… makasih yaa saya mohon dibalas kak;)

    1. Iya pantes aja pacar kamu marag. Skrg klo kamu lebih sayang dia, knp ngga putusin aja mas pacar dan brg dia. Org klo ngga mau rugi ya gitu, mas pacar ngga bs ditinggalin krn leboh potensial, tp mau senang2 sm si jutek. Putuskan salah satu dong, cowok jg ngga suka diduain.

  32. aku prnah melakukan nya sebelumnya tpi smpai skarang gk dibls atau gk di jawab tpi kmaren aku prnh dgr biasanya klo tmn ku blg ”eh guntur cewk lu tuh gila dia blg ih…itu dulu klo skarang dia jawab ” ya, mang udah gila” itu petanda dia udh nerima atau blm

  33. kak mau nanya dong… aku ga pernah bilang langsung ke cowok ini kalo aku suka sama dia cuman aku pernah bilang kalo inisial nama yang aku tulis itu namanya dia… dia kaget & cuman blg makasih…setelah ngomong ttg inisial nama itu aku yg hubungin cowo itu dulun tapi si cowok g ada tindakan apa2 & g ada respon positif jadi aku iklas ga mau berharap apa2 lagi… tapi setelah aku menjauh & hilang kabar dia muncul dan ngajak nonton , coment foto ku dll tp tetap ga ada kelanjutan… aku bingung cowok ini punya perasaan ke aku atau ga, & apa aku harus nembak dia ? Makasih ya kak

    1. Sepertinya masih belum cukup untuk nembak. Yang bisa kamu lakukan coba aja deh terus bersahabat dengan dia, kamu ada ketika dia butuhkan, saling menjajaki sebenarnya kamu atau dia cocok ngga sih jadi pacar, atau jangan2 hanya rasa penasaran. Semoga berhasil ya 🙂

Komen? Silakan^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s