Berlibur ke Rumah Nenek

Lu tau ngga anak laki lu dimana?’

Sepupu saya duduk di sebelah, dan memulai percakapannya dengan cara seperti itu. Saya menggelengkan kepala.

‘Liat noh di luar‘ katanya lagi sambil senyum-senyum.

Penasaran, saya mencari adek di luar. Kemana saja anak itu, memang rada pecicilan, lagi banyak orang di dalam rumah, dia sendiri saya lepas terserah mau kemana, asal tidak keluar pagar.

Dan ketemulah anak saya yang paling ganteng itu, duduk manis di sebelah cewek cantik, yang notabene adalah keponakan saya, yang sudah puluhan tahun tidak pernah jumpa. Ya baru kemarin itu, waktu pertemuan keluarga di acara Tahun Baru, kami bertemu.

Mengetahui anak saya baik-baik saja, sangat baik malah, saya masuk lagi ke dalam menemui sepupu saya. Dengan cengiran lebarnya dia menyapa saya,

Pinter ya anak lu!’ Saya tertawa.

‘Ada lagi yang lebih pinter‘ katanya sambil senyum-senyum lagi.

Masuklah suami saya, dengan muka serius bilang ‘Adek kemana, Ma? Aku cek dulu ya, takut kemana-mana‘. Saya dan sepupu tertawa, aih, like father like son deh! Lihat cewek cantik pada ngga bisa diem.

Beruntung tahun ini kami sekeluarga dan mamah bisa berkumpul di rumah nenek. Neneknya sih sudah lama tiada, tapi anak-anak, mantu, cucu selalu berkumpul bersama di penghujung tahun. Siang hari, bukan malam hari. Mengingat yang sudah sepuh atau keluarga dengan anak kecil-kecil pasti tak bisa begadang menanti pergantian tahun. Sedang yang muda-muda inginnya berkumpul dengan teman-temannya pada malam hari.

Jadilah kami bertemu di siang hari, sekalian makan siang di rumah. Masing-masing keluarga membawa makanan untuk disantap bersama. Ada yang buat sendiri, ada yang beli. Ada sesi foto bersama, namun terpaksa harus diulang karena ada yang datang belakangan (dan itulah fungsinya tepat waktu, kawan ^^)

Oya, kenapa pergantian tahun jadi momen berkumpul? Kebetulan keluarga kami dari ‘multi disiplin’ (seperti jurusan kuliah saja ya) jadi Tahun Baru sungguh momen yang tepat untuk bertemu dan melepas rindu.

Dari acara tersebut saya jadi tahu kabar para om dan tante, sepupu, keponakan yang sudah lama tak bertemu. Berbagai kisah mewarnai pertemuan kami. Saling bertukar cerita, kadang agak serius membahas suatu hal, namun yang pasti intinya adalah menjalin kebersamaan. Meski terpisah kota dan benua, senang sekali akhirnya bisa kopdaran juga.

Ah, saya yakin Anda pun melakukan hal yang sama.
Jadi, Selamat Tahun Baru ya!

Komen? Silakan^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s