Museum POLRI: Polisi, Banyak Kerjaannya!

​Letaknya persis di sebelah Mabes Polri, dijaga oleh polisi berompi dan berhelm. Kami masuk saja ke komplek Museum Polri yang terpisah dengan Mabes. Di luar ada patung Bapak Kepolisian RI Jenderal Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo. Lalu ada helikopter polisi dan tank polisi, yang diletakkan di tempat yang bisa dinaiki.
Di dalam kami diminta menyerahkan KTP dan meletakkan semua barang di loker kecuali barang berharga. Oya kami masih menjadi satu-satunya pengunjung di gedung 3 lantai ini :/ Museum ini penataannya bagus lo, bersih dan terawat. Semoga saja bisa dirawat dengan baik sehingga bisa jadi pembelajaran bagi generasi muda.

Berbagai kendaraan dan peralatan yang digunakan


Pertama yang kami lihat adalah kumpulan kendaraan, peralatan dan pakaian dinas para aparat. Ada sepeda motor tua, sepeda kumbang, mobil yang dipajang justru yang modern. Trus ada peralatan poligraf untuk deteksi kebohongan. Yang menarik peralatan sadap yang bentuknya kaya kalkulator, pulpen dan korek gas. Wah ngga kalah sama James Bond ya!

Hall of Fame dan koleksi senjata

Ada hall of fame para Kapolri dengan topi dan lencananya. Naik ke lantai dua pembagian ruangannya lebih jelas, meski ngga ada sekat antar ruangan. Awal naik sudah disambut dengan kids corner dimana anak-anak bisa menyusun balok permainan, memakai baju polisi dan mengendari motor atau mobil mainan, serta memecahkan misteri. 

Peta lantai 2 Museum Polri

Ragam bidang kepolisian


Kemudian paduan miniatur, poster dan manekin mewarnai ruangan lainnya. Kalau begini jadi mikir ih tugas polisi banyak bener ya..untung deh ada polisi. Dan ngomong-ngomong soal isi, museum POLRI ini jauh leboh lengkap dari museum yang sama yang kami kunjungi di Melbourne. Mungkin karena sejarah bangsa kita lebih kaya ya. Disana replika mobil yang dibom sudah masuk museum. Disini yang masuk adalah skala besar, kumpulan kebiadaban teroris yang bolak balik menghabiskan nyawa orang Indonesia. Mbok kalau mau cepet mati itu ya sendiri aja ngga usah ngajak-ngajak yang lain. Berani mati kok nda berani sendiri…

Penanganan terorisme


Benernya ada lagi lantai tiga, untuk ruangan audio visual dan staff. Kami ngga kunjungi sih, jadi cukup dua lantai saja. Museum POLRI kadi alternatif wisata edukasi, dan kerennya lagi ino gratis lo! Buka dari jam 8 hingga 15.
***

IndriHapsari

Advertisements