Tirta Gangga: Pemandian Keluarga Raja

image

Pura Besakih

Awalnya kami ke Pura Besakih dulu, sebagai destinasi paling utara dari keberangkatan kami dari Denpasar. Percayalah pada Google Map, maka Anda akan sampai dengan selamat. Tentu, dengan sedikit mengabaikan fakta bahwa kadang mapnya suka mbulet sendiri (tiba-tiba dia menyarankan untuk putar balik), ngga bisa nyari tujuan karena keterbatasan jaringan, atau kebiasaannya ngasih jalan kecil, sepi, malah terakhir berbatu dan turunnya curam (turunnya aja curam, apalagi naiknya). But overall, you can go anywhere with Google šŸ˜€

Besakih sendiri merupakan pura paling besar dan paling tinggi karena terletak di Gunung Agung, gunung tertinggi di Bali. Airnya dingiiin, udaranya sejuk. Sayangnya pengelola ngga mengatur keberadaan pedagang. Jadi mulai tukang parkir liar, pedagang liar, pemilik warung yang memberi harga 10 ribu untuk tiap barang yang kami tawarkan, menyebabkan kenikmatan jadi berkurang. Pedagangnya ada terus sampai anak tangga paling atas, jadi malah ngga bisa menikmati.

image

Suasana di Tirta Gangga

Sekalian, kami mengunjungi pemandian Tirta Gangga. Namanya berasal dari keinginan raja Karangasem untuk mendirijan kolam dan pemandian, airnya sesuci Sungai Gangga di India. Parkirnya penuh sehingga meluber ke jalan. Ada cafe di depan yang dinikmati para bule. Ongkos masuknya 20 ribu per orang, dengan berbagai aturan yang harus diikuti.

image

Aturan di Tirta Gangga

Waktu masuk, byuh rame banget. Tapi dengan segera keindahan taman ini terlihat. Banyak kolam besar dengan ikan ukuran obesitas melintas. Ikannya jinak dengan terus-terusan mendekati pengunjung yang duduk di pinggir kolam. Airnya jernih karena berasal dari mata air gunung. Ada titian berbentuk kotak, tempat pengunjung melakukan uji nyali melangkahi semua kotak. Ada qir mancur dan jembatan yang indah, serta hotel restauran Tirta Ayu yang menjulang di pinggir taman. Tentu saja, ada pemandian yang airnya ngga jelas warna apa. Ciri pemandian tradisional ya gini, dasarnya mungkin batuan warna.hitam, lumutan pula, sehingga sulit diketahui kedalamannya. Tapi dari tampang anak-anak yang nyebur kesana, kayanya cukup asyik berenang di dalamnya.

image

Kolam titiannTirta Gangga

Hal lain yang pengelola perlu cermati adalah perawatan, karena ada beberapa kolam air mancur kecil yang tak berfungsi dan berlumut. Lalu ada beberapa anjing berkeliaran, kayanya bukan tempat selayaknya ada anjing deh. Semoga Tirta Gangga bisa awet ya indahnya.

image

Tirta Ayu dari kejauhan

***
IndriHapsari

Advertisements