Plastic Recycle

Plastik sulit untuk terurai dengan tanah. Butuh ratusan tahun sebelum proses penguraian itu terjadi. Memang sih, membuang kemasan plastik itu ngga dosa, toh ada pemulung dan pengepul yang akan mengumpulkannya, sebelum menyerahkan ke pabrik plastik.

Tapiii, daripada membiarkannya menggunung di tempat sampah, kenapa tidak memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi? Berikut contoh-contohnya yang bikin mupeng.

Kalau habis buka kemasan plastik, kadang ribet dah nyari karet gelang, jepretan, apalagi kalau kemasan plastiknya bukan tipe yang ada sealnya, alias bisa ditutup kembali. Gimana kalau gunakan potongan leher botol plastik, gabungkan dengan kemasan plastik yang sudah dibuka tadi, dan wala! Isinya ngga berceceran, tetap renyah dan gampang dibuka tutup.

20131008-201202.jpg

Ngisi ember dari wastafel kadang jadi begitu tricky. Repot amat ya mesti angkut ke atas dan ke bawah. Karena itu coba deh pakai botol plastik yang difungsikan sebagai pipa.

20131008-201230.jpg

Kali ini botol jerigen, bisa disulap jadi cikrak *apa yah bahasa Indonesianya. Temennya sapu adalah… >.<*

20131008-201256.jpg
Banjir? Kenapa tak manfaatkan botol plastik sebagai perahu? 🙂

20131008-201322.jpg

Ingin mandi pakai shower tapi ngga mampu beli peralatannya? Jangan khawatir. Pasang saja keran tinggi-tinggi, pilih botol plastik yang tebal dan buat banyak bolongan kecil. Putar keran daaan…rasakan sensasi mandi di bawah pancuran! 🙂

20131008-202130.jpg

Pinguin ini imuts banget. Berasal dari gabungan dua pantat botol plastik, dcat dan dihias, jadi deh!

20131008-202224.jpg

Buat apa aja ya botol plastik? Simpan pensil warna? Jadi pot bunga? Hiasan? Alat penyiram tanaman? Semua bisa!

20131008-202248.jpg

Plastik ijo ini ternyata keren juga ya. Dengan ketelatenan, jadilah sapu ijuk dari plastik.

20131008-202259.jpg

Atau, cobalah menganyamnya. Manis banget kan….

20131008-202355.jpg

Jadi pohon natal OK juga, dengan mengecatnya dgn warna silver, lalu memberinya hiasan.

20131008-202407.jpg

Untuk botol plastik dengan pegangan, bisa menjadi hiasan binatang yang mengagumkan 🙂

20131008-202419.jpg

Aneka kegunaan botol plastik. Lehernya jadi tempat lilin atau penghias pot. Badannya bisa untuk memberi makan burung. Jadi teman main bowling juga OK. Jangan lupa beri warna ya!

20131008-202428.jpg

Atap ini unik loh. Dari botol plastik yang dibelah dan dijadikan satu. Keren kan?

20131008-202440.jpg

Mangkuk ini berasal dari pantat botol. Rapikan ujungnya dengan setrika yang panas, hias, jadi deh tempat snack!

20131008-202454.jpg

Atau, potong sekitar 2 cm, dan hias. Anda bisa mendapatkan gelang unik dan buanyak 🙂

20131008-202510.jpg

Untuk botol plastik dengan ukuran yang agak besar, bisa jadi keranjang yang cantik.

20131008-202529.jpg

Terakhir, gimana kalau buat kursi dari berbagai botol softdrink 1,5 liter? Tutupi dengan styrofoam, jadi deh!

20131008-202520.jpg

***
IndriHapsari
Sumber : Wonderful Engineering (Facebook Group) and Pinterest.com

Advertisements