Takut Terkenal

20130907-100408.jpg

‘Kenapa baru sekarang mereka menuntut saya. Kenapa saat saya belum terkenal, mereka membiarkan saya?’

Begitu keluh kesah seorang selebritis, yang diseret ke pengadilan karena kasus membawakan lagu orang. Sebenarnya ngga jadi masalah ketika dia belum terkenal. Tapi ketika terkenal dan masyarakat mengira ia penyanyi pertamanya, langsung deh ada tuntutan dari the real first singer.

Sebenarnya ya emang ngga penting gitu loh urusan tuntut menuntut itu. Bilang aja ‘penyanyi yang mempopulerkan’. Tapi namanya aja orang terkenal, lagi diincar banyak orang, boleh dong nebeng kepopuleran. Dan yang begini ada banyaaak di Indonesia.

Kepopuleran selain memberi banyak kesenangan dan kemudahan, juga memunculkan banyak masalah. Saat apa yang kita buat ngga ada benernya oleh para haters. Di Indo sini yang banyak penggemar sekaligus penghujatnya adalah Agnes Monica, Sherina Munaf, Anggun C. Sasmi sama Fatin. Yeah, kaya ngga ada urusan lain yang lebih penting aja ūüėÄ

Sebagai seorang yang terkenal, harus tahan banting dan kuat mental. Dikata-katain dengan kalimat kasar, diserang dari segala penjuru, diintip kehidupan pribadinya, melayani orang kepo sepanjang masa, termasuk banyak juga yang mau menipu. Sehingga jadi orang terkenal mesti hati-hati dalam melangkah. Kita benar saja bisa disalahartikan, apalagi kalau salah! Singa lapar mengaum-ngaum di sekitar, jadi ya jaga segala kelakuan.

Kalau ngga kuat, jadi hilang fokus terhadap apa yang membuatnya terkenal, malah sibuk ngurusin ocehan fans maupun hatersnya. Endurance setiap orang berbeda, ada yang memang senang dan siap banget bisa terkenal, ada yang menyesali karena kenikmatan melakukan kegiatan atau peran tersebut jadi berkurang. Buat social climber sih ok banget kalau bisa terkenal, atau orang yang di dunia lain loser, begitu ada bidang yang membuatnya bisa terkenal jadi seperti bebek dengan kolam kecilnya. Puas banget bisa berenang-renang disana. Ada yang menempuh jalan instan untuk mencapai keterkenalannya.

Ada juga yang karena ngga kuat memilih menepi, menata lagi apa yang dulu menjadi tujuannya. Memang hidup itu pilihan kok, mau banyak teman dan terkenal, atau serius mengisi hidup meski jauh dari pemberitaan.

***
IndriHapsari
Gambar: howtobefamousonyoutube.com

Advertisements