Hotelicious : Perhotelan Memang Delicious!

20130708-233020.jpg

Hotelicious merupakan terminologi yang digunakan Anna Swan, penulisnya, bahwa ‘working in a hotel is truly delicious.’ Berkisah tentang suka duka bekerja di hotel, Anna mengakui, ia telah jatuh cinta dengan pekerjaannya. Sehingga sesepet apapun hasilnya, iatetap bertahan dan enjoy dalam melakukan tugasnya.

Anna Swan adalah seorang blogger (annaswan-thehotelier.blogspot.com) yang berkecimpung di bidang perhotelan. Ia telah melewati berbagai bagian, sejak ia menjadi pegawai magang. Terbiasa menulis diari dan pernah menjadi juara dalam lomba penulisan cerpen remaja, Anna terlihat cukup berhasil mengendalikan cerita yang disampaikannya, termasuk kejutan yang ada di dalamnya.

Buku setebal 222 halaman ini diterbitkan oleh Bentang Pustaka. Sepertinya akan ada trilogi dari Hotelicious. Yang saya baca adalah yang pertama, Trapped in A Hotel. Selanjutnya ada Troublemaker Guest dan Careless Hotelier.

Melalui buku ini kita diajak mengikuti petualangan – kalau boleh saya sebut begitu – Anna pada pelbagai hotel yang pernah menjadi tempat bekerjanya. Ia tuangkan juga pengalamannya menginap sebagai tamu, untuk mengetahui point of view saat berada di posisi mereka.

Sempat dibuat bosan di awal karena cerita yang ditampilkan adalah kronologi mengapa ia sampai bisa magang di sebuah hotel ternama di Bali, akhirnya Anna menampilkan cerita-cerita pendeknya yang terbagi dalam berbagai tema. Unik, menarik, lucu, dan kadang bikin gemes juga, saat menyadari tingkah tamu yang suka seenaknya.

20130708-233345.jpg

Karena posisi saya selalu sebagai tamu, ada baiknya menukar posisi. Gunanya, ya biar ngga seenaknya saja memperlakukan staff hotel. Jangan mentang-mentang posisi tawar kita lebih tinggi, sehingga menekan mereka yang diharuskan selalu ramah dan helpful ini. Memang sih, pernah juga kepentok dengan staf yang jutek, tapi ngga banyak kok.

Saya rasa kelebihan hotel di Indonesia adalah para stafnya yang sangat friendly. Soal fasilitas dan lokasi, boleh kalah dengan hotel lain di luar negeri. Tapi SDM kita sungguh suatu teladan, seperti yang Anna ceritakan dalam buku ini. Bahkan bagi hotel dengan jaringan internasional, staf perhotelan kita sungguh jadi idola.

Kalau Anda adalah mahasiswa perhotelan atau apapun yang berkaitan dengan service, buku ini bisa jadi panduan bagaimana melayani pelanggan. Anna memberikan tips pada akhir setiap babnya. Sebagai staf hotel, buku ini memberikan perbandingan bagaimana suasana di hotel tempat Anna bekerja,sekaligus sharing pengalaman. Untuk pengguna jasa, ya silakan dibayangkan betapa rempong kerja mereka, jadi mulailah dengan menghargai setiap senyum yang mereka berikan, meskipun keadaannya sangat menekan.

***
indrihapsari
Foto : koleksi pribadi, edited by Snapshed

8 comments

  1. Wah, thx atas sharing pengalamannya..
    Saat ini gue lagi mencari-cari Tempat Magang Di Jogja dan blog lo ini cukup memberi motivasi buat gue untuk tetep semangat..
    hahaha… thx again

  2. Artikelnya keren banget. Maaf, sekalian mau berbagi juga. Bagi teman2 hotelier yang ingin karirnya melesat di dunia perhotelan bisa pertimbangkan posisi Butler dimana ia selevel senior supervisor. Otomatis hal ini diikuti oleh kemakmuran financial; disamping karena jabatan yang lumayan tinggi juga karena uang tips di Butler kenceng banget. Cek selengkapnya di http://www.swesen.com untuk info lebih lanjut.
    Semoga bermanfaat!
    Terimakasih.

Komen? Silakan^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s