Mistikum

Kata ini sesuatu banget buat gw. Diucapkan oleh Pramoedya Ananta Toer, beliau bilang proses menulis itu harus melalui mistikum. Dari beberapa blog, gw dapet kalau…

Mistikum adalah kebebasan pribadi yang bersifat padat, yang melepaskan pribadi dan dunia di luarnya di mana si penulis “membuka” dirinya lebar- lebar bagi Kehidupan. Sederhananya adalah bahwa semua orang memiliki pengalaman batin. Tak mungkin ada orang yang tak memiliki pengalaman batin, karena setiap hari dia bergerak. Pengalaman batin itu akan bergolak di dalam diri seorang penulis, lalu berdialog dengan alam, berdialog dengan Sang Kreator, lalu menjelma sebuah tulisan.

Hidup kita terdiri dari tiga matra: matra masa lalu, matra masa sekarang, dan matra masa mendatang. Kreasi tak lain dari wujud baru hasil perpaduan dari data tertentu yang tersimpan dalam masa lalu. Setiap pribadi kaya akan masa lalu, maka secara teoritis setiap orang mempunyai peluang berkreasi. Tinggallah kini faktor pribadi yang menentukan: keberanian, kemauan, disiplin, keyakinan, tanggung jawab, dan kesadaran yang membuatnya berprakarsa tanpa perintah.

Ha! Semangat nulis!

sumber:
duniakreatif.multiply.com/reviews/item/39
groups.yahoo.com/group/batavia-news/message/9773
http://www.atasangin.com/ingin-belajar-menulis-mulailah-menulis/

Komen? Silakan^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s