Penemuan Terbaik Tahun 2018

Seperti biasa, akhir tahun itu saatnya mencari penemuan apa yang sudah terjadi di seluruh dunia, minus Indonesia yang masih berkutat soal copras capres semata. Ngga sayang ya 2018 terlewat dengan sia-sia karena kebanyakan ngomentarin kerjaan orang?

Yuk ah daripada gitu kita cuss ke penemuan-penemuan termuktahir biar kalau ada yang ngomongin ini itu kita ngga ndomblong. Penemuan ini diringkas dari Time di Flipboard yang mengumpulkan 70 artikel tentang penemuan terbaru. Terkumpul sekitar 50 penemuan, saya pilih yang kira-kira menarik untuk dibagi.

1. Electric Semitruck

Semitruk ini bentuknya seperti kepala truk gitu, siap membawa muatan hingga 80.000 lb hingga 300 miles dalam sekali angkut. Namanya Thor, saingan sama Teslanya Elon Musk. Energi listrik dipilih supaya ngga banyak polusi karbon.

2. Gravity Jet Suit

Baju ala Iron Man ini menggunakan 1,050 horsepower dan 5 mesin jet untuk mencapai kecepatan 50 m.p.h. Sayang harganya masih mahal dan bersuara keras. Tapi tentu saja penemuan ini masih terus dilanjutkan.

3. Drone Penyelamat

Tahun 2016 Zipline telah meluncurkan drone komersial yang beroperasi di Rwanda untuk mengirimkan darah dan alat kesehatan penting lainnya. Drone ini bisa mengangkat 3,85 lb dengan kecepatan 80 hingga 100 mph bolak balik. Pada awal penggunaannya sebanyak 500 pengiriman per hari telah dilakukan.

4. Alat pendeteksi kehamilan

Plastik pendeteksi kehamilan telah menghasilkan sampah hingga 2 juta lb. Karena itu diciptakanlah Lia, alat pendeteksi kehamilan berbahan kertas yang mudah terurai, bahkan hanya dengan dibuang ke toilet.

5. Kaca pemandu olahraga

Kaca yang dapat dipasang di dinding ini akan memberikan panduan yang interaktif dan real time dari pemandu.

6. Cara baru melindungi pekerja

Bagi pekerja distribusi atau ritel, mengangkat barang kadang menjadi membahayakan. Alat yang dipasang di dada ini akan mendeteksi bagaimana tubuh bergerak saat mengangkat barang, dan menandai bagian yang rentan terhadap bahaya.

7. Lensa kontak yang adaptif terhadap cahaya

Perusahaan Johnson & Johnson Vision meluncurkan seri Acuvue berupa lensa kontak yang sensitif terhadap cahaya dan memberikan koreksi penglihatan yang lebih jelas.

8. Tangan robot revolusioner

Tangan robot yang dibuat oleh perusahaan Jerman ini mudah diprogram, memiliki 7 axes, dan bisa merasakan sentuhan. Dua Panda, nama robot ini, dapat membangun Panda ketiga. Jika tidak digunakan di pabrik, robot ini dapat bekerja di rumah untuk membantu lansia maupun di dapur.

9. Baju untuk semua

Sudah bukan jamannya pasrah dengan baju ukuran pabrik. Zozo, perusahaan ritel di Jepang, menciptakan baju ketat berwarna hitam dengan lingkaran putih di sekujur tubuh untuk dipindai 3 D melalui aplikasi. Setelah ukuran didapat, pengguna bisa memesan baju dengan ukuran mereka. Saat ini perusahaan mengembangkan produk sejenis untuk sepatu.

10. Menumbuhkan berlian

Laboratorium penumbuh berlian dianggap sebagai alternatif yang bagus dalam mendapatkan berlian daripada menambangnya. Diamond Fundry telah berhasil mengembangkan berlian dari reaktor plasma. Sebagai hasilnya, 1 juta karat telat dihasilkan setiap tahun atau cukup untuk 500.000 cincin pernikahan.

11. Rumah hasil cetak 3D

Startup dari Texas, ICON, telah membangun rumah 350 sq ft dalam waktu 48 jam. Hal ini dimungkinkan karena mereka memiliki Vulcan 3D Printer. Printer ini membuat struktur rumah, lapis demi lapis dari semen.

12. On-Demand Eyes untuk tunanetra

Bagaimana jika para tuna netra dapat meminjam mata orang lain yang normal? Aira yang terkoneksi dengan dengan pengguna lain yang membagikan stream live videonya dapat menjawab pertanyaan atau mendeskripsikan yang dilihat.

Dari 50 penemun itu kesimpulnnya apa? Kalau punya potensi itu mbok ya dipakai untuk kemaslahatan umat, jamgan sampai kata dan perbuatan kita malah bikin mudharat.

Selamat menyonsong tahun 2019 ya, sluman slumun slamet šŸ˜ŠšŸ™

Komen? Silakan^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s