Penemuan Terkeren 2017

Seperti biasa, tiap akhir tahun wajib dong update penemuan-penemuan apa yang sudah terjadi di dunia, di saat kita mungkin masih sibuk dengan keributan di dunia maya 😄 Dan seperti biasa, Indonesia belum masuk daftar terkeren ini 😅. Bukan berarti ngga ada calon di bidang itu ya, cuma belum terkenal atau mungkin belum bisa disandingkan dengan level dunia.
.
Untuk mendapatkan data ini, biasanya dari Flipboard yang saya langgan sudah bisa. Cuma entah kali ini kok susah benar ya untuk mendapatkannya. Ke Google, yang didapat pertama best movies sama beat songs, sesuatu yang laris dijual dan gampang diserap pasar. Searching lebih detail yang keluar daftarnya TIME, isinya 25 produk breakthrough. Bagus sih, tapi masih terlalu populer. Itupun tanpa berusaha dicari juga bakal muncul sendiri karena TIME rajin beriklan. Wikipedia mengeluarkan data lengkap per bulan. Byuh, susah milahnya, tapi ntar coba saya lihat lagi dan bacanya mesti dari belakang, Desember. Karena perkembangannya pesat banget, tiap bulan ada perubahannya. Ah jadi inget tiap buka Mendeley selalu dikagetkan dengan paper-paper baru yang bikin panik, karena penelitian-penelitian yang sebidang dan terjadi di seluruh dunia begitu cepatnya. Berasa keong dah jadinya 😅
.
Yang ini dapat daftarnya dari ranker.com, bersanding dengan best parenting, best movies dan lain-lainnya. Yang rada scientist ini sih, semoga bisa disampaikan dengan cara yang populer 😊
.
1. Menarik Air dari Udara

Para peneliti di MIT and University of California, Berkeley menemukan cara bagaimana menarik air dari udara yang tipis. Mereka mengembangkan alat yang dapat menarik air pada kelembaban 20 %. Alat tersebut dijalankan dengan tenaga surya dan menggunakan kerangka dari logam organik yang terbuat dari zirconium dan fumarate untuk menghisap air dari udara.

Purwarupanya telah berhasil menghisap 3 quarts air dalam waktu 12 jam ketika ditempatkan pada area yang memiliki kelembaban 20-30%.

Para ilmuwan percaya ide yang revolusioner ini akan membantu area yang memiliki akses terbatas pada air bersih dapat memanfaatkannya, terutama banyak area di Afrika.

2. Hidrogen yang Berubah Menjadi Metal

Peneliti di Harvard University menemukan cara bagaimana mengubah Hidrogen – elemen paling ringan – menjadi logam, sesuatu yang telah dipelajari hampir 100 tahun. Peneliti mengatakan pebemuan baru ini dapat merevolusi dunia modern. Logam dari hidrogen dapat mempercepat super komputer, mengangkat jalur kereta api dan meningkatkan pendayagunaan energi yang akan mendukung tenaga pesawat luar angkasa lebih jauh.
Professor Isaac Silvera mengatakan memerlukan energi yang besar untuk mengubah hidrogen menjadi logam. Dan jika akan dilakukan sebaliknya, energi tersebut akan dilepaskan, sehingga menjadi daya dorong roket yang besar. Hal ini akan memudahkan manusia untuk menjelajahi luar angkasa.
Tetapi jangan terlalu berbangga dulu-karena para ilmuwan mengatakan penemuan adalah langkah yang besar, kali ini mereka hanya menggunakan sampel yang kecil. Uji lanjut akan membuktikan jumlah sebesar apa yang dapat mengubah hidrogen menjadi logam.
3. Gelombang Gravitasi Membuktikan Teori Einstein tentang Teori Relativitas Umum

Teori kekekalan umum milik Albert Einstein menyatakan bahwa tempat dan waktu menjadi satu dalam kontinum: tempat-waktu (space-time). Benda di dunia, tidak peduli ukurannya akan terbungkus dalam space-time selama mereka berpindah, menciptakan riak yang disebut gelombang gravitasi.

Hingga saat ini, teori tersebut hanya tinggal teori. Tetapi kemajuan teknologi menyebabkan astrophysicists untuk mengukur gelombang gravitasi yang besar yang diciptakan oleh obyek yang besar di luar angkasa yang dalam. Biasanya hal ini berasal dari lubang hitam dan jutaan bintang neutrons dan jauhnya jutaan tahun cahaya, sehingga gelombangnya mencapai bumi.

Pada September 2017 gelombang gravitasi dideteksi oleh tiga pengamatan dalam sekali waktu. Dengan semua data yang ada, ilmuwan dapat menentukan dari mana gelombang tersebut berasal, dan belajar dengan lebih luas soal ruang angkasa. Selain itu mereka dapat sekaligus membuktikan adanya gelombang gravitasi dan space-time.

4. Mengedit Embrio


Photo: Telemachus/flickr/CC-BY-NC-ND 2.0

Ilmuwan Amerika Serikat dengan sukses mengedit embrio untuk pertama kalinya menggunakan alat gene-editing yang canggih bernama CRISPR (kok jadi inget gimana nama alat pembuat makanan di Cloudy with A Chance of MeatBalls diciptakan ya 😃) 
Ilmuwan menggunakan alat untuk mengoreksi mutasi genetik yang menyebakan kondisi jantung hypertrophic cardiomyopathy pada embrio yang tidak ditanam. Penelitian yang sama di Cina telah sukses beberapa tahun yang lalu. 

Hal ini membuktikan ilmuwan dapat mengedit secara efektif bayi manusia untuk gen yang baik dan buruk, penemuan yang baru mungkin tidak akan tersedia untuk ibu. Penelitian ini kontroversial, hingga sejauh ini National Academy of Sciences dan National Academy of Medicine mengatakan merka hanya menginginkan CRISPR digunakan untuk menghilangkan penyakit yang serius. 

5. Tujuh Planet Ukuran Bumi di Aquarius

Ketika sepintas terdengar seperti astrologi yang aneh, secara bukti hal ini nyata. Para ilmuwan telah menemukan tujuh planet berukuran bumi yang berada di Aquarius, mengelilingi sebuah bintang. Berdasarkan kedekatannya dan ukurannya secara umum, para ilmuwan percaya planet-planet tersebut dapat menjadi tempat tinggal. 

Planet-planet ini terletak 39 tahun cahaya dari bumi dan dikelilingi oleh bintang kerdil yang tidak memancarkan energi sekuat bintang kita, tetapi ilmuwan berpikir planet tersebut dapat ditempati. Mereka berharap dalam satu dekade dapat memutuskan planet tersebut dapat ditinggali atau tidak.

Amaury Traud, peneliti dari Institute of Astronomy di Cambridge University mengatakan mereka telah membuat langkah penting untuk mengetahui ada kehidupan atau tidak disana. Jika mahluk hidup dapat berkembang dan melepaskan gas seperti di Bumi, mereka akan mengetahuinya.

6. Kodok Berfluoresen Pertama Ditemukan di Argentina

Kodok pohon polkadot yang disebut sebagai ampibhi yang dapat lari debgan cantik ditemukan menyala di kegelapan. Hal ini pertama kali ditemukan para ilmuwan adanya fluorescent pada amphibi. Sebelumnya mereka menemukan hal ini di ikan, kura-kura dan burung.

Ilmuwan menemukannya setelah mengamati adanya warna merah di cahaya tertentu. Tetapi ketika mereka memberikan cahaya ultraviolet mereka menyadari hal itu lebih dari sekedar warna merah, tapi seluruhnya berwarna hijau cerah dan biru yang berpendar. Kodok tersebut memancarkan rekasi kimia dari dalam tubuhnya yang berpadu dengan cahaya biasa dan memancarkan gelombang yang lebih panjang.

7. Astronom Membuktikan Bintang Neutron Bertabrakan

Pada 17 Agustus lalu, peralatan dari 
Laser Interferometer Gravitational-Wave Observatory atau LIGO, mendeteksi riak besar di space-time. Besarnya kilonova, tabrakan antara dua bintang neutrin, dan yang terjadi pertama kali yang bisa disaksikan manusia. Tabrakan tersebut memperpadat benda angkasa yang memproduksi banyak elemen yang lebih berat di dunia, termasuk logam berharga.

Hal ini berpengaruh signifikan karena tidak diperlukan peralatan khusus untuk menjadi saksinya. Kilonova memproduksi gelombang radio, sinar gamma, dan Sinar Xbsebagai tambahan dari gelombang gravitasi, berarti setiap astronomer dapat mempelajarinya. Daniel Holz sebagai 
astrophysicist mengatakan bahwa ia tidak membayangkan hal tersebut dapat terjadi semasa dia hidup, ketika satu kejadian membuktikan banyak hal mengejutkan di dunia.

8. Pil Baru dapat Menolong Manusia dari Mabuk

Peneliti di University of Texas Southwestern Medical Center mengatakan mereka menemukan pil baru untuk membantu orang dari mabuk. 
Peneliti melakukan penelitian tentang peminum ringan, menengah dan berat. Mereka fokus pada penelitian gen yang spesifik dan menemukan terdapat variasi dampak minuman. 

Gen tersebut berevelousi dari sentihan manusia terhadap alkohol selama ratusan tahun. Selama pengujian, tokus yang diberi variasi hormon lebih menyukai meminum air saripada alkohol. Tikus yang dalam kelompok kendali lebih suka meminum alkohol.

Peneliti kini mengambil variasi hormon tersebut yang terikat pda gen dan mebxiptakan obat bagi konsumsi manusia. Mereka berharap dengan penemuan batu mereka dapat melawan ketergantungan terhadap alkohol dan minuman yang memabukkan. 

9. Selangkah Lagi untuk Mengembangkan Organ Manusia pada Babi


Ilmuwan di Salk Institute di La Jolla, CA, mengatakan tinggal selangkah lagi untuk mengembangkan orgn manusia pada babi. Dalam penelitian mereka yang terakhir mereka menumbuhkan sel manusia pada embrio babi, hal yang kecil namun langkah yang menjanjikan untuk pertumbuhan organ.

Peneliti mengatakan penelitian ini akan membantu dalam memperlajarinoenyakit dan menbantu oengembangan berbagai obat. Masih jauh untuk sampai ke donasi organ manusia.

10. Gel Kontrasepsi Baru untuk Pria Memberikan Keberhasilan 100% pada Kera


Photo: Hi! Rorro./flickr/CC-BY-ND 2.0
Peneliti dari Prancis menemukan sebuah alat kontrasepsi bagi pria yang dapat menjadi pengendali kelahiran. Gel teraebut, yang dinamakan Vasalgel, menaham sperma di dalam tubuh menjadi air mani. Pada kera yang diuji menggunakan pengobatan ini, 100% memperlihatkan sperma terhalangi.
Gel ini disuntikkan melalui tabung antara testikel dan penis yang disebut deferens. Dokter membandingkannya dengan vasektomi sebagai prosedur saat ini, tetapi gel tidak permanen. 
Peneliti merencanakan untuk menperkenalkan obat ini dengan uji pada manusia di tahun 2018 atau 2019.

.

Gimana, kebanyakan dari Amerika ya. Yuk coba cek Wiki, siapa tahu ada temuan lain dari seluruh dunia, seperti dirilis oleh United Nation. Berhubung banyak banget, dan untuk mencegah artikel ini berasa ensiklopedi, daftarnya dimulai dari September aja ya. 

  • Astronom melaporkan penemuan lubang hitam padat berujuran menengah dengan 100.000 massa solar tersembunyi di balik awan gas dekat jantung bima sakti, tercatat sebagai lubang hitam terbesar kedua yang pernah terlihat di galaksi.
  • Sepertiga dari massa glasier pegunungan Asia tertinggi akan menghilang pada tahun 2100 karena global warming.
  • Ilmuwan melaporkan bahwa Curiosity mendeteksi boron, bahan penting untuk hidup di Bumi ada di Mars. Sejauh ini, bersamaan dengan penemuan sebelumnya bahwa air pernah ada di Mars, dapat mendukung planet ini sebagai tempat hidup yang baru.
  • Para peneliti yang termasuk dalam tim Professor Andrea Morello menemukan tipe baru rancangan quantum computing yang dinamakan flop qubits, yang membuat lebih mudah mengintegrasikan quantum computing dengan sirkuit elektrik normal dan merupakan langkah besar dalam quantum computing.
  • Peneliti di Rutgers University menemukan cara yang efisien untuk meningkatkan nilai nutrisi jagung, dengan menyelipkan gen bakteri dari E Coli, yang menstimulasi produksi nutrisi kunci yang disebut methionine, sebuah asama amino acid yang biasanya ditemukan di daging.
  • Penelitian yang dilakukan oleh Imperial College London dan World Health Organisation menemukan terdapat kenaikan sepuluh kali lipat penderita obesitas anak-anak dan dewasa sejak 1975, dengan jumlah yang obesitas akan melebihi jumlah yang kekurangan berat badan pada tahun 2022.
  • Qualcomm mengumumkan jaringan 5G mobile connection pertama yang memiliki kecepatan hubungan 1 Gbps.
  • Alphabet mengumumkan versi yang lebih baik dari AlphaGo artificial intelligence dibangun sebagai pengganti Google DeepMind.
  •  Peneliti diJerman memperlihatkan pengurangan 75% dari serangga terbang biomass selama 25 tahun belakangan, sebagai kemungkinan terjadinya runtuhnya ekologi dengan skala besar.
  • Suhu lautan kini lebih hangat daripada 100 tahun terakhir.
  • Dalam sebuah laporan, United States Bureau of Labor Statistics memperkirakan kehilangan sepuluh ribu pekerjaan manufaktur di Amerika Serikat sebagai dampak dari artificial intelligence pada tahun 2026, tetapi pada waktu yang sama memperkirkaan adanya pertumbuhan di software engineering.
  • Ilmuwan melaporkan adanya peribahan yang signifikan terjadi di posisi dan struktur otak dari astronot yang telah menempuh perjalanan di luar angkasa, terlihat dari hasil MRI. Astronot yang menempuh perjalanan lebih panjang berdampak pada perubahan otak yang lebih besar.
  • Peneliti di Texas A&M University dan Los Alamos National Laboratory menemukan material jenis baru, yang tahan terhadap efek helium pada reaksi fusi nuklir daripada material yang ada sekarang.
  • Percobaan pada tikus menunjukkan bahwa barian dari gen dengan nama ankyrin-B, ditemukan pada jutaan orang Amerika, merupakan penyebab sel yang menyimpan lemak dan mengarah pada obesitas.
  • FDA menerapkan “Abilify MyCite”, obat pertama di Amerika Serikat yang secara digital merupakan sistem lacak yang merekam ketika pengovatan dilakukan, lewat sensor yang ditanamkan pada pil.
  • Semi-autonomous truck pertama, bernama the Tesla Semi, diperkenalkan oleh Tesla, Inc.
  • Peneliti dari University of Leeds menemukan bahwa glasier yang menyusut di Iceland dapat berakibat pada peningkatan aktivitas vulkanik di sejumlah tempat dengan untuk mengurangi tekanan pada permukaan bumi.
  • Facebook mulai menggunakan artificial intelligence untuk membantu mengidentifikasi pengguna yang berpotensi bunuh diri dan berharap dapat membantu mereka dalam mempersiapkan mental yang lebih sehat dan menyediakan sumber dayanya.
  • Penelitian yang dipublikasikan di Nature menemukan RNA polymerase III (Pol III), yang meripakan enzim yang ada di semua manusia, termasuk manusia, dapat memperpanjang hidup lalat dan cacing. 
  • Peneliti di Swiss Federal Institute of Technology Zurich mendemokan 3D printer menggunakan benda bergerak yang menawarkan keunikan dibanding benda mati seperti plastik dan logam.
  • Vanderbilt University membangun sebuah material hyperlens yang memungkinkan untuk menggambarkan secara detail hal kecil seperti virus pada sel tempat ia hidup.
  • University of Waterloo menemukan sebuah teknologi baterai yang dapat digunakan pada mobil sehingga mendapat energi lebih banyak sehingga perjalanan dapat lebih jauh.
  • Perusahaan Carbon Engineering mendemokan sintesa dari bensin dan solar yang menggunakan karbondioksida dari udara dan hidrogen dari air, menjadikan teknologi”Air to Fuels” yang pertama kali. 

.
Banyak juga ya, begitulah penemuan-penemuan keren di tahun 2017. Selamat menyongsong tahun 2018 yang lebih menakjubkan ya! 😊

***
IndriHapsari

Advertisements