Home : Rumah adalah Dimana Hatimu Berada

image

Menciptakan film animasi yang seru untuk anak-anak itu susah. Tema harus sederhana, ngga boleh ada adegan kekerasan dan seksual, nyindir, dan endingnya harus bahagia. Belum lagi menciptakan tokoh yang melekat di ingatan, sulit juga apalagi tidak didukung promosi yang gencar.

Aslinya nonton film Home ini hanya kewajiban untuk ngajakin anak-anak setiap ada film animasi yang baru. Agak skeptis juga, karena si Oh yang jadi tokoh utamanya yang kurang cute ini mirip Stich. Malah di awal film juga muncul Captain Smeck yang gaya nyebelinnya mirip King Juliennya Madagascar. Namun cuma itu saja keluhnya, spesies Boov ini malah unik abis.

Boov adalah alien yang sibuk lari kesana kemari di galaksi, dikejar-kejar lawannya yang bernama Grogs. Sekilas mirip tokoh Sith di Starwars dan Captain Davy Jones di Pirate of The Carribean. Boov individualis, sedang Oh ngga jadi dia dianggap aneh. Boov normalnya berwarna ungu, tapi kalau marah jadi merah, sedih biru, dan kalau lagi bo’ong jadi ijo. Boov jg ngga pernah dengar musik, tp begitu dengar langsung deh kakinya gerak-gerak ngga sengaja. Boov juga kreatif, mereka bisa mencipatkan sistem migrasi antar planet, dengan cara memindahkan penghuni asli ke tempat lainnya. Jangan bayangin kaya StarTrek ya alat transporternya, lebih mirip sedot WC 🙂

Tokoh manusianya adalah Tip, cewek kelas tujuh yang berani, kasar (ya, ada beberapa kali dia menendang Oh di film ini) tapi sayang banget sama ibunya. Tip merupakan tipikal remaja kulit hitam Amerika, dengan pengisi suaranya Rihanna. Yang jadi ibunya Tip diisi suara Jennifer Lopez. Si Tip ini karena menginjak ABG ya, didefinisikan Oh sebagai sadmad saking suka galaunya.

Maka film buatan DreamWorks ini menceritakan petualangan Oh dan Tip keliling nyari ibunya Tip. Waktu manusia dipindah itu, mamanya Tip kesedot, sedang Tip ngga karena kucingnya ada di atas kepalanya, jadi dia dideteksi sebagai bukan manusia. Ide invasinya lucu, manusianya disedotin dulu satu-satu, dari Amerika dan Eropa, trus semua dipindah ke benua lain kecuali Antartika, dengan kantor pusat di Paris. Walah, kayanya Asia, Afrika dan Australian dianggap kurang beradab ya 😀

Untuk menghindari serangan Grogs Captain Smeck punya sekumpulan Boov pintar yang ditandai dengan kepalanya yang besar. Kebanyakan dari mereka bisanya ngajuin usul yang asal njeplak. Bahkan mecahin password emailnya Oh aja ngga bisa. Oya kita bisa meniru cara bikin password Oh yang ciamik soro 😀 Penggunaan teknologi juga terlihat dari alat komunikasi mereka yang berbentuk tablet lingkaran dan transparan, atau mobil Tip yang dimodif jadi berbahan bakar Slushy (minuman yang bikin brain freeze).

Detail animasinya juga dapet, meski Boovnya sendiri sederhana. Apa sekarang model ya gitu ya, wong Baymax aja model balon gitu. Bulu kucingnya Tip nampak natural. Adegan menara Eiffel dinaikin ke gelembung, lalu dijungkirin itu seru banget. Atau saat pesawat Grogs datang, kontruksinya serba segitiga, keren banget dan kesan seremnya dapet.

Selain seru, ceritanya juga ngga sederhana karena antar adegannya berhubungan, bahkan clue diselipkan di berbagai adegan. Karena ini..maka itu…meski sekali lagi endingnya ya ketebak 🙂
image

***
IndriHapsari

Advertisements

8 Comments

  1. Hahahahahaha…..gak nyesel ngomporin sahabat buat ngesot kebiyoskop nongton nih pilem. Dia sempet ragu tuh, “Gak Fast Forious aja, Da?”. Duuh…maap yeee…kite pan penongton anti-mainstream 😜

    Semua scene di pilem ini berkesan banget nget ngeettt….bahkan lagu2nya nempel terus diingatan sampe keluar bioskop…….

    Tapi yang paling epic ya pas si Oh ‘joget jaim’ di mobil (ciyus, aku ngakaknya sampe keluar aer mata, mba wakakak) dan tbongkarnya wujud asli Grogs yg ternyata……ulalaaaaaaa 😆

    Okay, Dreamworks udah…..tinggal nunggu Ilumination (minions) sama duet maut Disney-Pixar di bulan Juli……

    Animation never die! 😁

    1. Wah kebayang mbak susahnya menyeret mrk nonton animasi, sy bisa krn ada anak2 aja 🙂 Iya lucu ya filmnya, unik gitu karakter2nya, kok kepikiran ya punya ide seunik itu. Sy ya nungguin minion nih, semoga ngga dilarang masuk Indo (you know lah mbak banyak yang alergi baca kata Ilumination 😀 ) soalnya trailernya sudah hilir mudik di Youtube, bikin kita mupeng 🙂 Eh Disney Pixar Juli yang apa? Inside Out?

      1. Hahahaha….bisalaah Minions tayang dimarih, Despicable Me 1-2 kan lolos?
        Klo dicekal, kita santet aja rame2 yg pada ngeributin ilmuninati…remason…balpirik…dkknya itu wakakkakaka

        Ho oh, mba…Inside Out 😊

  2. beuh, saya mampir dimarih gara2 ada kompornya si onoh noh….. yg diatas noooooh
    btw, pakabar, mbak Indri? Lama gak bertegur sapa……

    *hlo, komen tentang pilemnya kok belon sih?
    Ya iyalah………….. belon nongton………..

Leave a Reply to indrihapsari Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s