Layar : The Best Seafood Restaurant at Surabaya

Sebenarnya syarat bikin restoran seafood itu ada dua, suasana dan rasa masakan. Suasana itu misalnya bisa leyeh-leyeh sambil lihat pantai, yang ngga mungkin dilakukan di Surabaya, secara pantainya jelek. Mungkin bisanya bikin resto tinggi, lalu bisa melihat laut lepas. Kalau yang begini konsepnya dining kali ye, dan kalau makan ngga boleh ‘turun tangan’ mesti pake garpu dan pisau. Suasana seperti Kampung Laut di Semarang cukup oke, makannya ngadep kolam dengan angin laut yang berhembus sedang. Cuma live musiknya terlalu gaduh, jadi ngga enak buat bersantai.

Nah soal rasa ini yang paling penting, percuma suasana sip tapi makanannya ngga bisa dimakan, atau bahannya ngga segar. Seafood emang susah, kualitas bahan ngga bisa ditutupi dengan keahlian memasak. Jadi paduan bahan dan teknik memasaknya mesti yahud.

Untunglah meski resto seafood di Surabaya kebanyak terletak di tengah kota, which is gedung kotak berAC, rata-rata masakannya enak. Dan Layar ini juaranya, terutama untuk masakan kepiting saus telur asin (263k, 10,5ons). Kepitingnya pilih yang jumbo, dapat 2 ekor dengan capit gede-gede. Mungkin kalau pilih yang super jumbo, dapet capitnya seperti Jumbo Restaurant di pinggir Clarke Quay Singapura, guedeee….

image

Pilihan favorit lainnya yaitu kerapu lumpur steam bawang putih (152k, 6,2 ons). Kerapu ini karena rasanya sudah kuat, emang ngga cocok kalau digoreng apa dibuat asam manis. Dia butuh bumbu yang sederhana, yang bikin rasa ikannya keluar. Otak-otak tenggirinya juga enak, sebijinya 5k. Kalau suami doyannya keong macan (38k) menurut saya rasanya kenyal-kenyal gitu..dibumbu tauco atau saus padang.

image

Mengenai suasana, standar sih. Ikan-ikan segar dipajang di depan, pembeli bisa milih hewan-hewan laut dari aquarium atau yang sudah di atas es. Dapur bakar letaknya di depan, bisa ditonton. Lalu di dalam berderet meja kursi dalam tatanan yang padat, karena Layar ini larisnya bukan main, baik yang di Manyar Kertoarjo maupun yang di Bukit Mas. Pelayanannya cepat dan ada banyak. Kalau mau pasti dapet reservasi dulu aja lewat telepon.

***
IndriHapsari

Advertisements