Tabula Rasa : Artinya Apa?

Direview oleh dua media besar seperti Kompas dan Tempo, membuat saya kepingin – pingin untuk dapat menonton film tersebut di bioskop. Ya, setelah lama puasa nonton film Indonesia sejak yang terakhir kali adalah Laskar Pelangi, rasanya haus juga ya atas tayangan film Indonesia yang tak terlampau serius, terlampau berusaha supaya seram atau lucu.

image

Dari segi cerita, film ini unik karena tema sejenis belum pernah diangkat, yaitu tema kuliner. Lalu benturan budaya antar suku, juga membuat film ini begitu hidup. Pemainnya berasa orang daerah semua, bukan orang Jakarta yang dicemplungkan ke daerah.

image

Hal lain yang patut dipuji adalah detilnya. Situasi di dapur, pemilihan kata dalam dialog dan tentu saja proses memasak dengan kayu bakarnya. Selain itu dapat bonus pemandangan indah di Papua, yang asli deh bikin mupeng pingin kesana.

image

Kelemahannya, film ini membosankan dan ngga tau mau kemana. Mungkin karena fokus cerita pada kuliner tadi, sehingga banyak zoom yang memperlambat cerita. Untung aja belum seperti sinetron Indonesia. Karena konfliknya terbatas, akibatnya jadi tidak bisa memanfaatkan waktu yang ada. Padahal film lain, terutama film luar, sudah rebutan menitipkan adegan. Lalu di belakang enak aja gituh endingnya digantung, membuat penonton pulang dengan penasaran. Sama seperti judul film ini yang sampai saat ini saya belum tahu artinya apa.

Meski begitu, anak saya bisa ikutan ngikik dengan adegan-adegan yang muncul di layar. Lalu film ini sungguh suatu terobosan, menghadirkan gulai kepala ikan tepat di hadapan penonton. Memperlihatkan masakan Indonesia itu ngga main-main enaknya dan cara bikinnya. Biarlah film ini menjadi pengingat atas kekayaan kuliner Indonesia.

***
IndriHapsari

6 Comments

  1. Komen sok tau nih Mbak…..
    Kalau Kata om Wiki, tabula itu dari bahasa Latin yang artinya kertas kosong. Merujuk Pada pengertian bawa manusia itu lahir macam kertas kosong. Pengalaman dan pengaruh lingkungan lah yang sedikit demi sedikit mempengaruhi seseorang termasuk soal emosional. Ini ngringkes keterangan yang dua paragraf dari om Wiki.

    BTW soap kuliner Indonesia saya udah cinta mati bahkan rela nyisihin waktu buat belajar bikin meski ribet ruwet.
    Yang jelas kuliner Indonesia itu porsinya pas dan nggak bikin bertanya-tanya, kenyang nggak ya? Macam kuliner luar yang gede garnishnya doang.

    Bravo kuliner Indonesia.

    Mbak……kemarin lama banget ga update? Sehat aja kan?

    1. Hihihi iyo mbak…pasti berasa kangen masakan Indo deh kalau lama ngga makan. Itu pas saya ke Padang juga sama, orang Minang ngga cocok makanan-makanan lain selain yg modelnya sama 😀
      Sehat mbak, lagi kejar tayang aja di kehidupan nyata 🙂 Makasih yah buat perhatiannya, semoga mbak Dyah juga sehat selalu 🙂

  2. Ah. Untung kmrn aku ga jadi nonton ini mbak. Jumat mlm aku bingung mau liat Tabula atau van der wijk. Baiklah, aku memilih nonton pilem kapal tenggelam itu, walopun setahun lalu juga udah tayang yak.

Komen? Silakan^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s