Puslitkoka Jember : Coklatnya Wow!

image

Atas saran seorang teman untuk kegiatan apa yang bisa dilakukan di Jember, saya mengunjungi Pusat Penelitian Kopi dan Kokoa (Puslitkoka) di Jenggawah, Jember. Letaknya cukup mudah dicapai, kalau arah ke Surabaya, belok kiri sebelum Pasar Mangli, lalu lurus sekitar 7 km dan belok kanan. Disini jalannya mulai mengecil, hanya cukup dua mobil berpapasan itupun dengan posisi yang satu diam.
image

image

Komplek perkebunan milik PTPN XII ini berdiri sejak tahun 1911. Kebayang dong lamanya seperti apa, didirikan waktu jaman Belanda
Tapi memang kita boleh kagum atas keseriusan mereka menata potensi perkebunan di Indonesia. Saya pernah ke kebun teh di Lawang dan kebun kopi di Banaran, selalu suka dengan keteraturan yang sudah mereka tanamkan. Tinggal meneruskan supaya perusahaan ini membawa keharuman nama Indonesia.

image

Sanpai disana saya menuju outlet yang menjual produk-produk dari kopi dan coklat. Rupanya outlet ini bagian dari fasilitas yang mereka punya. Ada guest house yang cukup baru buat mereka yang mau berlatih mengolah coklat dan kopi, serta pelatihan lainnya. Ada pabrik kopi dan coklat, serta kandang sapi karena mereka menggunakan biogas sebagai sumber energinya.

image

image

Hawa yang sejuk dan penuh tanaman coklat ini memang bikin lapar (alasan :P) Awalnya kami kagum dengan beragam kopi dalam kemasan, mau yang sachet dengan campuran ginseng atau biasa, atau bubuk kopi saja, lalu deretan coklat bubuk yang dark atai dengan susu. Mau nyeduh langsung juga bisa, air panas dan cupnya tersedia. Bayar 3 rb – 4 rb, coklat panas yang mirip merk Van Houten ini enak diminum pelan-pelan. Kalau mau yang dingin ada kopi krim, sudah dalam kemasan, atau es krim coklat, dari kedelai atau susu. Nyam!

image

Lalu mata saya tertumbuk pada satu lemari pendingin penuh dengan coklat aneka bentuk.dan rasa. Waduh, langsung panik dong ngambilnya 🙂 Harganya cukup terjangkau, mulai dari 5 ribuan hingga belasan ribu. Rasanya bahkan bersaing loh, yang dark malah lebih enak dari T*bler*ne yang dark. Pait-pait gimanaa gitu 🙂

image

Coklatnya juga bisa diolah jadi sabun mandi. Soalnya fungsi coklat bisa untuk mencerahkan dan jadi produk anti-ageing. Di sudut lain ada pula cookies dari coklat..hmmm…berasa banget coklatnya.
image

Ada sejumlah kursi yang bisa digunakan sembari mencicipi anrka olahan coklat dan kopi ini, sambil menikmati pemandangan perkebunan. Potensi wisatanya sudah ada, tinggal dikembangkan saja. Katanya sih di jalan PB Sudirman ada outletnya, di kantor pusatnya. Yang pasti, coklatnya emang enak!

***
IndriHapsari

Advertisements