Apa Makna Kemerdekaan Bagimu?

Acara hari kemerdekaan tahun 2014 ini bagi saya terasa istimewa. Dari segi pekerjaan, setelah upacara bendera 17 Agustus dilanjutkan dengan upacara pembukaan orientasi bagi mahasiswa baru. Acaranya sendiri berlangsung meriah dan seru. Ada klub pecinta alam yang menurunkan banner dari puncak gedung perpustakaan. Lalu ada drama para pemuda yang saling berantem, pake bakar-bakar tong sampah. Karena ada yang terkapar, langsung muncul tandu untuk membawanya. Cara memindahkan korbannya, dengan cara….digelindingkan ke tandunya. Hahaha, sampai sekarang saya masih ngakak kalau ingat adegan itu.

Kemudian di grup Whatsapp teman-teman SMA, kita masing-masing ngumpulin foto dari tempat sekarang kita berada, biar tahu bagaimana suasana kemerdekaan di daerah masing-masing. Lumayan, terkumpul puluhan foto yang bisa dirangkum dalam bentuk kolase, dan sambil nungguin perayaan 17an di perumahan, sempat juga diupload ke Youtube. Dua aplikasi yang saya pakai, Photogrid dan iMovie memang sangat membantu.

20140819-062400-23040939.jpg

Awalnya niatnya untuk merangkum doang. Tapi saya lihat-lihat lagi foto-fotonya, akhirnya saya malah dapat pesan baru. Kemerdekaan = kebahagiaan. Melihat senyum di wajah anak-anak hingga dewasa, sewaktu terlibat dalam berbagai acara kemerdekaan, membuat saya merasa kemerdekaanlah yang bisa dinikmati semua orang, tanpa membedakan SARA, umur maupun kasta.

Kemerdekaan adalah milik bersama. Saat ini memang kemerdekaan bukan lagi lepas dari penjajahan, tapi kemerdekaan adalah perayaan kemenangan, untuk siapa saja yang merasa memiliki Indonesia.

***
IndriHapsari

Advertisements