Wanita Harus Dandan

Dandan atau mempercantik diri, menurut saya adalah kewajiban wanita. Tidak hanya untuk menyenangkan orang lain, namun juga untuk diri sendiri. Dandan bukan hanya moopoli wanita cantik, tapi wanita dengan wajah biasa-biasa saja dapat disulap menjadi menarik. Tidak perlu berdandan menor, berdandan yang sewajarnya, namun tetap beda dengan hari-hari biasa.

Jika ada yang berkata ‘wanita mempercantik diri untuk menyenangkan pria’ maka sebaiknya segera buat hal ini menjadi prioritas kedua. Karena jika alasan wanita berdandan hanya hal itu saja, tidak ada gaya khas yang akan dianutnya, dandan bukan dari hati, dan hanya mengikuti maunya lelaki.

Mau tidak mau, dandan memang akan mempengaruhi hubungan wanita denagn orang lain. Anak-anak akan merasa bangga memiliki ibu yang cantik. Suami akan bangga membawanya ke acara yang dihadiri banyak orang. Kemenarikan istri juga akan meningkatkan gairah suami, jadi kangen pulang dan betah tinggal di rumah. Para pria boleh berkata ‘yang penting hatinya’ namun jujur sajalah, wanita cantik akan membuat para suami menoleh lebih lama, tanpa berkedip. Karena itu istri harus pintar mempercantik diri agar hanya merekalah penyebab para suami menoleh, bukan lainnya.

Bagi orang lain, wanita yang cantik juga akan menarik perhatian. Ibu-ibu arisan akan membicarakan ibu RTnya yang cantik. Saat peresmian tempat pertemuan yang dihadiri Pak Lurah, Bu RT yang cantiklah yang akan mendampingi.

Dandan bukan hanya untuk kebanggaan diri sendiri dan orang lain saja. Dandan juga akan membuat orang lain merasa bersemangat memperhatikan apa yang kita sampaikan. Ibu boss yang cantik dan selalu wangi membuat pegawainya mencoba memusatkan perhatian pada apa yang akan dipresentasikannya. Seorang dosen dengan penampilan yang menarik membuat mahasiswanya memperhatikan ke depan, bukan ke samping atau menunduk. Seorang dokter yang berpenampilan segar akan membuat pasiennya berusaha menyerap dengan baik nasehatnya, sambil diam-diam memperhatikan kecantikan sang dokter.

Lalu apa efeknya untuk diri sendiri? Tentu saja wanita akan lebih percaya diri. Percaya diri ini akan membuatnya lebih yakin dalam memutuskan sesuatu, lebih bersemangat saat tampil di depan banyak orang, dan lebih berhati-hati dalam bersikap, karena kini banyak mata memperhatikannya.
Kecantikan sejati memang dari dalam diri. Namun kecantikan luar akan mendukung kecantikan dalam agar lebih tereksplorasi.

Advertisements