Extreme Fishing, Acara Memancing Paling Seru!

Sebelumnya, saya selalu menganggap orang yang hobi memancing itu kurang kerjaan. Duduk seharian, pegang tongkat, di bawah terik matahari. Bisa dapat, bisa juga tidak. Ada lagi yang tayangan di TV Indonesia, ada orang yang cukup kaya, punya boat untuk mancing ke tengah laut. Kalau sampai dapat, seperti ejakulasi katanya (what the hell, padahal tu acara ditonton anak-anak).

Dengan semua stigma negatif itu, saya selalu mengganti saluran kalau BBC mulai menayangkan acara mancing memancing. Namun suatu saat, saya kena batunya. Awalnya saya terheran-heran melihat ikan besar yang ditangkapnya. Panjangnya lebih dari satu meter, beratnya 60 kg. Baru saya tahu ada ikan sebesar itu. Adegan berikutnya adalah si pemancing mengembalikan lagi ikannya ke air.

Nama acaranya adalah Extreme Fishing. Pembawa acaranya bernama Robson Green. Dari segi konten, acara ini beda dengan acara memancing lainnya, termasuk yang sama-sama ditayangkan BBC. Tempat memancingnya selalu berganti dan berkeliling seluruh dunia. Mulai memancing di laut, pantai, sungai dan danau. Tempat yang kering maupun bersalju. Didatangi dengan jalan kaki, mobil, boat, kayak atau helikopter. Dengan cara modern atau tradisional.

Ikan yang ditangkappun tidak biasa. Yang pasti ukurannya super, menangkapnya sulit, atau unik. Misal menangkap piranha, mengelola budidaya lobster, dan menangkap ikan hiu. Ikannya setelah ditangkap kebanyakan dilepas, namun ada juga yang diperagakan cara memasaknya.

Kekuatan acara ini juga terletak pada presenternya, Robson Green. Latar belakangnya yang aktor, membuatnya gampang beradaptasi dan berkomunikasi dengan orang lain. Tidak ada ceritanya dia duduk manis dalam boat sambil berkomentar ini itu, tapi dia ikut terjun dalam kegiatan memancing. Akun Twitter dan Facebooknya juga menunjukkan bahwa dia pria yang ramah.

Sekarang saya menyambut baik kalau ada yang mengajak memancing. Ada satu pemancingan di Pacet, Jawa Timur yang sering kami kunjungi. Apalagi kalau bukan karena ikannya yang ’sopan’, dikasih umpan langsung dimakan. Biarpun ndak seperti Extreme Fishing, yang penting mancing!

Advertisements