DUCK QUACKS DON’T ECHO

image

‘Ini lucu lho Ma!’ seru Rey mencegah sy ganti channel.

Apaan sih? Judul yg aneh, dan sepertinya acara yg membosankan muncul di BBC Knowledge. Satu org presenter dan 3 org bintang tamu. Salah satunya yg jd juri kompetisi nari. Koyo’e guyonan. Lah judul acaranya aja jg udah lucu. Bebek? Ngapain ngurusin bebek?

Ternyata, judulnya ini didasarkan atas penemuan, kalau suara bebek itu ngga menggema. What?? Baru tahu sih, ngga kepikir juga utk penasaran ttg hal itu. Dan ngga kepikir jg ada org yg do care dgn hal itu.

Ternyata, para ilmuwan di Universitas Salford – Manchester melakukannya sejak 2003 utk penelitian mrk di bidang akustik. Dan keseluruhan acara isinya ya ngebuktiin fakta yg remeh2.

Dua pertama sdh sy tuliskan, yaitu single dip vs double dip, serta pria joget seperti apa yg bs menarik perhatian wanita. Eh trus dibuktikan lo! Ada sejumlah org disuruh nyoba makan kripik secelup dua celup, trus sausnya diambil sampel utk dilihat ada brp bakteri di dalamnya. Yg pria joget juga, ada 5 pria disuruh joget dgn baju khusus, krn direkam sebagai avatar. Trus yg menilai? Sekumpulan cheerleader yg cantik2.

Hipotesis lain yg dibuktikan adalah kalau kita kehilangan dompet dgn foto bayi di dalamnya, kemungkinan dikembaliinnya lebih besar. Kalau jari telunjuk kita tingginya ngga sama dgn yg lain, berarti lebih jantan. Whaaat? Gimana ngebuktiinnya?

Ternyata ada 3 panelis yg ngasih tahu soal penelitian yg sdh berlangsung. Ada ahli kimia, doktor biologi dan ilmuwan roket. Soal dompet misalnya, dicoba ke 1000 org di Edinburgh, dan 88% ngembaliin dompet berfoto bayi, dibanding 15% yg ngembaliin tanpa foto bayi. Jari telunjuk ada kaitannya dengan testoteron, hormon kejantanan, dan sama juga, penelitian dilakukan terhadap sekumpulan sampel yg bs dipertanggungjawabkan scr ilmiah.

Kesimpulannya : ternyata sains bisa begitu menyenangkan. Buat yg dewasa sampe getun kok ya ada org yg kepikiran dan sampai membuktikan. Buat yg anak2 pengetahuan tersampaikan tanpa perlu menghapalkan. The celebration of science, begitu kira2 taglinenya.

Terakhir, ternyata tempat teraman saat kita di luar dan ada petir adalah di dalam mobil. Si presenter plus 3 bintang tamunya ‘dikurung’ dalam satu mobil, di dalam satu ruangan guede, yg bakal mengalirkan listrik ribuan volt ke mobil tersebut. Sebelumnya pada berantem krn satu bintang tamu baru cerita kalau dia implan gigi, dan ada besi di dalam rahangnya. ‘Dan kamu baru katakan sekarang?’ kata presenternya sebel ūüėõ

Lampu dimatikan, dan mulailah kilatan petir terlihat jatuh tepat ke atas mobil, berkali-kali. Nothing’s happened. Si presenter menutup acara dr dalam mobil, krn petir masih menyambar. Salah satu bintang tamu tanya, cara mereka keluar gimana?
‘Coba lewat sunroof’ kata si presenter cuek.
*

Advertisements