Screening Humanity, The True Korean

Kalau melihat para boyband dan girlband Korea, plus semua drama menye-menyenya, pastilah kita beranggapan orang Korea tuh ganteng-ganteng dan cantik-cantik. Cirinya kulit putih, badan langsing, muka imut, hidung mungil dan mata belo. Mau tahu yang sebenarnya? Tidak perlu pergi langsung ke negeri ginseng, tapi coba lihat acara TV Screening Humanity di saluran KBS World.

Acara yang ditayangkan setiap hari Senin hingga Jumat pagi ini mempunyai durasi 1 jam, dan satu cerita bisa memakan waktu 3 hingga 5 hari. Isinya adalah kehidupan sehari-hari masyarakat Korea, ditinjau dari berbagai sisi. Kamera akan terus mengikuti keseharian mereka, dan untuk penjelasannya supaya nyambung ada suara narasi, dan subtitle dalam bahasa Inggris.

Ada cerita keluarga dengan 1 anak perempuan, dimana anak perempuan ini menguburkan niatnya untuk jadi chef dan putus sekolah, dan memilih berjualan kopi di pinggir jalan, karena ayahnya perlu uang untuk brobat. Ada cerita pasangan suami istri yang bahu membahu bekerja memperbaiki mobil, meskipun si suami kehilangan dua kakinya dan harus duduk di kursi roda. Ada cerita kakek nenekyang hingga masa tua tetap rukun dan bercanda dengan cara mereka, bergandeng tangan di sisa hari yang harus mereka lalui.

Kalau melihat acara ini,perasaan jadi ikut campur aduk. Ada rasa bahagia, sedih, kasihan, marah menyaksikan kehidupan mereka. Kalau lah acara ini hanya akting semata-seperti yang kita saksikan di televisi kita- maka mereka adalah aktor yang sangat sempurna!

Masyarakat Korea sendiri tersebar tempat tinggalnya, tidak hanya di kota saja dengan berbagai baju modisnya. Namun meskipun mereka tinggal di desa dan hidup sederhana, kemajuan telah merata. Mereka bisa bepergian naik mobil yang tidak butut, jalan sudah mulus, air-telepon-listrik telah masuk hingga ke pelosok. Satu lagi yang saya kagumi, kegemaran mereka memakan sayur-sayuran dan kecintaan mereka terhadap alam.

Lalu bagaimana dengan wujud orang-orang Korea yang sebenarnya? Kebanyakan dari mereka bertubuh pendek dan gemuk untuk wanita yang sudah berumur dan kecil kurus untuk para laki-lakinya. Para remaja bertubuh lebih tinggi, tapi ya ndak langsing-langsing amat. Kalau wajah, kok dari yang saya ikuti tidak ada yang model boyband gitu ya? Wajahnyan terkesan lugu, mata sipit, hidung cenderung pesek dan rambut hitam lurus.

Jadi, siapa bilang ada seribu Siwon Suju di Korea? 🙂

Advertisements