Hakata Ikkousha : The Best Ramen In Town

Beberapa kali sebenarnya saya mencoba mencicipi ramen yang kayanya kok enak banget kalau lihat di tivi. Ada satu acara apa tuh yah di TPI dulu, isinya lomba makan ramen gitu. Ada yang cepat-cepatan, dan ada yang disuruh nebak ini ramen khas daerah mana. Rupanya setiap daerah di Jepang punya rasa sendiri-sendiri.

Karena penasaran, biasanya saya nyobain ramen di restoran sushi. Menurut saya rasanya sih kaya supermi..hahaha, maksudnya mie kuah pakai daging dan sedikit sayuran, dengan kuah cenderung bening. Disantap panas-panas, akhirnya kalau balik ke resto ya pesannya sushi lagi. Tidak istimewa.

Kali ini iseng deh kita masuk ke restoran Hakata Ikkousha di Manyar Kertoarjo Surabaya. Kalau lewat sini nih biasanya rame banget yang parkir, tapi pas tadi ngga. Jadilah kita melenggang masuk, disambut dengan heboh (salamnya bukan bersahutan, tapi serempak) dari jajaran waiter dan chef. Trus kursi mejanya dari kayu, ada bantalannya biar ngga pegel pantatnya. Kursinya tanpa sandaran gituh, kaya kursi bakso.

Ruangannya luas sih, trus di tiap meja ada lengkap minyak, kecap, apa lagi ya, banyak deh. Termasuk perasan bawang putih buat menambah rasa masakan. Buku menunya gede banget. Dari sini ketauan harganya lumayan, untuk ramen sama dengan 20 kali makan supermi…hahaha…bandingannya cuma itu ya. Ok, jadi rasanya mesti jauh lebih enak dong yah.

image

Kita pesan ramen babi yang light, maklum  baru pertama. Rupanya ada pilihan mau mie model apa, tapi sama mbaknya langsung disaranin mie kecil. Kita sih ikut aja. Dan beneran loh, ini ramen enak banget! Kuahnya ngga bening, padahal bayang saya light itu bening. Ternyata kaya rasa, dan kuahnya ini yang bikin enak. Daging babinya dipotong tipis, ada udang, dua telur yang bagian tengahnya manis banget bisa di tengah, dan mienya juga pas. Pilihan lain ada yang kuahnya pedas dan berisi ayam.

Kita juga pesan iga babi panggang, ukuran medium. Disajikan dengan kentang goreng, dagingnya empuk dan sausnya juga pas. Agak-agak manis gitu. Trus pesan gyoza babi udang, rasanya lumayan lah. Ini sih seperti appetizer.

image

image

Sebenarnya menunya banyak sih, kalau dilihat dari brosurnya. Ada kari, ayam goreng tepung, yakiniku dan katsu don. Mungkin lain kali bisa pesan lainnya, tapi tetap ramen mesti pesan. Minumnya cuma sedikit macamnya, dan cepat habisnya. Kalau mau hemat, pesan aja ocha yang free refill. Di bagian depan ada tempura udang, telur, ubi dan lain-lain untuk dibawa pulang.

Sementara, saya nobatkan dulu deh jadi the best ramen in town 🙂
***
IndriHapsari

Advertisements