Belanja Smart dengan iPrice

Bukannya sok sibuk, tapi belanja online memang saya banget. Praktik perdukunan, euh, pembelian ini sudah saya lakukan lima tahun lalu deh, alasannya karena ngga ada waktu. Ke mall tetep Sabtu Minggu, tapi berhubung perginya sama krucil, milih dan belinya jatuh-jatuhnya buat mereka, yang artinya emaknya pulang dengan gigit jari.

Karena itu saya menyasar belanja online. Tinggal duduk depan lappie, trus berselancar kesana kemari, mencari produk yang saya ingini. Syukurlah selama ini ngga gelap mata, ngga mupeng gitu lihat barang-barang yang dipajang begitu menariknya. Biasanya saya sudah punya keinginan untuk nyari apa, dan memang area itu aja yang saya tuju. Ngirit waktu dan pulsa 😀

Syukurlah sampai saat ini belanja-belanja saya ngga pernah ada kasus seperti yang muncul di surat pembaca ataupun keluhan di dunia maya. Semua nyampe dengan selamat, sesuai pilihan saya. Kalaupun ada kesalahan, biasanya karena saya kurang teliti soal ukuran. Maklum, big size bo’ 😀

Salah satu syarat memilih penjual online yang aman adalah saya lihat performanya dulu. Misal kalau di forum kan ada tuh peringkat buat penjualnya yang diberikan oleh pembelinya, atau testimoni dari pembeli. Sedangkan kalau website, kita bisa searching di Google gimana kinerja si penjual ini. Kalau banyak keluhan, hmm…lebih baik jangan coba-coba deh.

Selain itu kriteria kedua adalah si penjual nampak cukup ‘modal’ untuk menjalankan usahanya. Ya iyalah, kalau dia jual banyak barang, terus webnya pakai yang gratisan, bagaimana kita yakin dia mampu membeli barang-barang itu dan menyimpannya untuk calon pembeli, atau paling ngga untuk difoto lah. Kalau sudah begini, merembet ke hal lainnya deh. Yaitu dia punya alamat tetap, punya beberapa saluran komunikasi, fotonya punya sendiri (bisa cek di Google Image) dan barangnya cukup lengkap.

Ada satu toko online yang menjadi langganan saya, soalnya kegemaran saya terhadap sepatu merk tertentu bisa dipenuhi toko ini. Barangnya bagus, sesuai dengan gambar, cukup lengkap, selalu update, dan…bisa dapat diskon. Jadi diskon yang mereka tawarkan ada dua, yang pertama waktu pertama kali nge-klik memang sudah ada potongan harganya, yang kedua karena kita memasukkan kode voucher berdasarkan pembelian sebelumnya.

Toko ini memang rajin menyelipkan voucher pada sepatu yang saya beli. Dengan memasukkan kode voucher, kemudian ada mesin jackpot yang memperlihatkan, berapa diskon yang saya dapat. Lumayaaan, harga bisa lebih murah lagi.

Masalahnya, kan saya beli sepatu ngga rutin. Maksudnya kalau pas lagi pingin, dan kebetulan warna atau model itu belum punya, ya beli. Lalu pas ditanya berapa kode vouchernya yang kemarin, lupa deh kemana mesti nyarinya.

Karena itu situs seperti iPrice ini membantu banget. Kalau saya minat beli sesuatu dengan lebih murah, tinggal cari penawarannya di iPrice.co.id. Kalau ada, klik yang buttonnya bertuliskan ‘Dapatkan kodenya’. Cuma klik aja, dan walaa…dapet dah kodenya! Copy dan paste saat kita mau check out dari proses pemesanan. Gambar di bawah ini menunjukkan penjelasan saya. Waktu saya klik dari iPrice penawaran diskon 10% ini, saya tinggal copas kodenya, dan lihat, berapa besar diskon yang saya dapat. Gampang banget!

 

iprice.co.id

iprice.co.id

Perhatikan juga masa berlakunya, jadi rajin-rajin ngecek deh biar pas dapat diskon yang besar kan lumayan. Lalu ada juga button yang tulisannya ‘Ambil penawaran’, itu isinya diskon yang diberikan oleh toko. Suatu shortcut yang berguna banget, karena biasanya saya mesti ngider di web toko tersebut untuk lihat ada penawaran menarik ngga. Tapi lewat iPrice tinggal pilih aja yang sesuai dan langsung menuju produk yang kita inginkan. Sama seperti button yang sebelumnya, penawaran ini juga ada batas waktunya. Jadi kalau sudah dicoret-coret tulisannya berarti sudah ngga berlaku.

Variasi produk yang ditampilkan juga cukup banyak. Mau sepatu sampai baju, mulai makanan sama peralatan kecantikan, ada semua. Dan toko-toko yang gabung memang bonafid, seperti Lazada, Zalora, Qoo10, dan Groupon. Lalu untuk jasa bisa pilih Expedia untuk voucher hotel, atau Streetdeal untuk paket perjalanan, kegiatan atau paket kecantikan. Lengkap!

Dan untuk dapat kode potongan harga, semuanya gratis. Ngga pakai ribet pula mesti daftar email segala macam, ngga menyulitkan pembeli. Jadi, belanja pintar itu ya dapat barang bagus, harga murah, dan anti ribet 🙂

***

IndriHapsari

Advertisements