Ketemu Kamu Kok Jadi Ngga Mood Ya?

Paling gampang memang menyalahkan orang lain. ‘You’ve ruined my day!’ begitu teriak saya padanya, dan segera dibalas ‘Yang ngga mood kamu kok aku yang disalahin?’. Serentak saya tersadar, tidaklah masalah kondisi sekitar kita seperti apa, yang penting kita dapat mengendalikan diri menghadapi kondisi apapun.

Tadinya yang saya ingin dapatkan adalah bagaimana menjaga sikap supaya orang lain mood waktu bertemu kita. Tapi yang ada hanyalah bagaimana kita menjaga mood DIRI SENDIRI. Akhirnya setelah browsing sana sini, ketemulah tips ini, yang akan saya jelaskan sesuai dengan yang saya pahami dan yakini 🙂

1.     Berjalan – jalan

Biasanya ini jadi pelarian saya jika sedang jenuh dengan pekerjaan. Jalan – jalan bisa kemana saja, tidak perlu khusus ke luar kota. Kadang ke mall, jalan kaki di pagi hari, atau coba keluar ruangan kantor dan jalan- jalan di seputaran gedung atau tempat parkir (jangan bawa sempritan!) bisa menjaga mood kita seharian terjaga. Entah paduan karena suasana baru, udara segar, atau obrolan saat ketemu teman yang menyebabkannya.

2.     Istirahat

Meskipun Anda baik-baik saja tidur hanya 4 jam sehari, lama – lama keadaan itu akan mempengaruhi jiwa dan raga Anda. Kurang istirahat berarti badan dipaksa kerja terus, dan jiwa dipaksa mikir terus. Kasihan…kalau saja mereka bisa teriak,  mungkin mereka akan protes berat. O ya, istirahat tidak selalu tidur. Menonton, membaca, mendengarkan musik dan bermain merupakan bagian dari istirahat.

3.     Bergaul

Cobalah untuk bergaul dengan orang lain yang tidak sehari – hari Anda temui. Ketemu orang yang sama, apalagi kalau trouble maker, memang membuat mood Anda langsung down begitu bertemu dengannya. Tapi cobalah menemui orang lain di luar lingkungan Anda dan mengobrol dengannya, semoga cerita – cerita barunya dapat mengalihkan Anda dari mood buruk.

4.     Pujilah orang lain

Kalau tips ini ada maunya sih, tujuannya supaya Anda juga mendapat pengakuan yang ‘tulus’ tentang kelebihan Anda. Yah, siapa sih yang tidak senang kalau dipuji? Apalagi kalau kita tidak memperkirakannya. Namun kebiasaan manusia untuk kritik paling jago, tapi memuji susahnya setengah mati.  Jadi perlu dipancing dulu 🙂

5.     Rencanakan jalan-jalan

Nah, ini yang saya paling demen. Biarpun belum jelas boleh cuti atau tidak, ada uang atau tidak, yang penting rencanakan! Bahkan menurut saya kenikmatan terutama dari sebuat traveling adalah pada saat merencanakannya. Dengan membuka-buka brosur, browsing tempat wisata, hotel dan transportasi, otomatis pikiran kita menjadi tercerahkan. Secara teori, saya SUDAH keliling dunia. Tapi pada kenyataannya, hanya mbulet di toko buku saja 😦

6.     Beli sesuatu yang konyol

Apa saja ya…ada DVD, komik, mainan (kalau masih pantes), situs gambar lucu. Pokoknya apapun yang bisa membuat Anda tertawa. Rencanakan menonton film komedi di bioskop ataupun menonton Stand Up Comedy, mungkin bisa menjadi ide yang baik.

7.     Pijat

Dengan pijat aliran darah menjadi lancar, sehingga mood jadi membaik. Kalau untuk Bapak – bapak biasanya pijat refleksi ya, sementara saya yang Ibu – ibu lebih memilih Hair Mask. Selain perawatan rambut, badan kita juga dipijat dari kepala hingga punggung. Lainnya, yah bisa coba lulur, body massage atau bayar Rp 5.000,- di mall untuk sewa kursi pijat 🙂

8.     Kenakan warna favorit.

Apapun bentuk tubuh Anda, seperti di artikel ini misalnya, jangan ragu menggunakan warna apapun. Oranye, hijau daun, biru tosca dan pink menyala? Kalau itu adalah warna favorit Anda, kenakanlah! Jangan karena, misal badan gemuk, menyebabkan kita selalu pakai warna hitam.

9.     Mengatasi masalah

Memang ngga mood karena apa sih? Ada masalah? Kalau begitu pecahkanlah! Menurut saya hal ini paling logis daripada poin yang lain. Karena kalau kita mempunyai masalah, pakai baju warna apapun tidak akan memberikan pengaruh, atau mungkin mood akan terjaga untuk sementara. Jadi selesaikan dulu masalahnya untuk menjaga mood secara permanen.

10. Bersyukur

Apapun yang terjadi pada hidup maupun lingkungan Anda, ingat kembali masa – masa bahagia yang sudah Anda lewati atau sedang dinikmati. Misal saat Anda tidak mood karena bertengkar dengan teman, ingat bahwa lebih banyak teman yang menyukai daripada membenci Anda. Saat tidak mood karena pekerjaan begitu menumpuk, ingat lebih banyak lagi orang yang mengincar pekerjaan Anda.

Kesepuluh poin diambil dari sini :

http://intisari-online.com/read/10-cara-mudah-meningkatkan-mood

Advertisements