Surat Cinta Untuk Sherlock Holmes

sherlock_bbc_wallpaper

Dear Mr. Holmes,

Saya sedang berpikir, peran apa yang sebaiknya saya mainkan, jika saya ingin mendekati Anda.

Perkenalkan saya Mr. Holmes, Irene Adler. Seorang penyanyi opera dari Amerika. Saya mendengar kabar Anda yang luar biasa, dan mencoba mengikuti sepak terjang Anda setahun ini. Ya Mr. Holmes, saya hanya mengikuti berita Anda selama di London, karena saya merasa, jika saya mengamati Anda hingga ke Baker Street 221B, cepat atau lambat Anda pasti merasa jika sedang diawasi.

Mr. Holmes, gaya Anda dalam menyelidiki sesuatu, telah memikat hati saya. Kemampuan deduksi dan pengamatan Anda sungguh luar biasa. Hal-hal sepele yang bagi kami, bahkan orang yang lebih ahli, telah kami telusuri, ternyata masih saja ada yang luput dan lolos dari penyelidikan kami.

Yang lebih menarik lagi, nampaknya kepribadian Anda, Mr. Holmes.

Bagaimana ya saya mengungkapkannya dalam 3 kata? Acuh, misterius, sulit didekati. Dan itu yang membuat saya ingin membayangkan, peran seperti apa yang dapat menarik perhatian Anda.

Saya tentu bisa menjadi Mrs. Hudson, pengurus rumah tangga Anda. Saya akan menunggu saat hari-hari Anda pergi menyelidiki, membereskan ruangan Anda yang selalu tertutup tirai saat Anda di dalamnya. Membuka jendela agar bau tembakau dari pipa yang Anda hisap bisa hilang. Mencuci semua pakaian dan jas rumah yang Anda tinggalkan di kamar.

Lalu saat Anda pulang, saya akan siapkan makanan hangat agar Anda bisa menyantapnya segera. Saya tahu Anda dapat melewatkan jam makan karena lupa, sibuk memikirkan kasus yang Anda hadapi. Mungkin Anda perlu air hangat untuk merendam kaki, dan kamar yang bersih tempat Anda dapat beristirahat.

Tapi dengan cara seperti itu, apa Anda akan memperhatikan saya?

Mungkin saya hanyalah seseorang yang terasa kehadirannya, tapi tak sempat Anda hiraukan. Saya hanya seperti hiasan yang harus ada saat Anda pulang, dan saat saya bersama Anda, mata Andapun tidak menatap saya. Anda terlalu sibuk memikirkan dunia luar.

Tentu bukan itu yang saya inginkan, Mr. Holmes.

Saya kira menempati posisi dr. Watson adalah paling strategis, mengingat Anda lebih sering pergi daripada tinggal di Baker Street. Saya tentu dapat menemani Anda di berbagai petualangan yang ada. Saya memang bukan dokter, dan tidak bisa merawat Anda jika terluka. Tapi saya janji tidak akan merepotkan, ikut lari jika dibutuhkan, menahan teriakan jika ada tembakan, dan menguatkan hati untuk melihat mayat yang bergelimpangan.

Saya juga dapat menceritakan kisah petualangan Anda seperti dr. Watson. Tentu akan saya sembunyikan kisah roman di antara kita, itupun kalau ada. Saya melihat justru persahabatan Anda dengan dr. Watson membuat cemburu para kekasihnya. Pernah saya berpikir Anda suka sesama jenis Mr. Holmes, tapi akan saya buktikan kalau prasangka itu tidak benar.

Namun saya merasa, menjadi dr. Watsonpun akan sama membosankannya dengan Mrs. Hudson. Saya akan ada terus dalam petualangan Anda, diperhatikan, namun belum tentu Anda akan jatuh cinta pada saya. Perlu usaha yang lebih, agar Anda mau mengejar saya.

Saya tahu siapa yang bisa membuat Anda tak tidur berhari-hari.

Profesor Moriarty.

Saya tidak salah kan? Profesor dengan kecerdasan luar biasa itu telah menantang seluruh sel otak Anda untuk dapat membongkar kejahatannya. Kepribadiannya yang kuat, namun agak gila, membuat Anda sulit menebak langkah yang Profesor Moriarty lakukan selanjutnya. Anda akan terdiam di kursi kulit Anda, menghisap pipa, dengan kening berkerut. Sesekali Anda akan bangkit untuk memainkan biola, memandang jauh keluar jendela, seakan-akan ada Profesor Moriarty disana.

Rasanya saya ingin menjadi Profesor Moriarty.

Anda akan mengendus rencana jahat saya. Anda akan memikirkan saya terus. Anda akan berusaha mengejar dan bertemu saya. Anda akan saya sibukkan dengan semua kejahatan saya. Dan akhirnya, mungkin di Waterloo Bridge kita akan bertemu. Anda dengan wajah khas Anda datang menantang karena berhasil menerka rencana saya selanjutnya, namun saya pastikan semua akan berubah menjadi rasa penasaran karena saya jauh, jauh lebih misterius daripada Anda.

Tangkap saya Mr. Holmes. Saya penjahat yang berbahaya, karena saya berniat mencuri hati Anda.

Irene Adler

***

IndriHapsari

Gambar : beewalls.com

Advertisements