Australian National Maritime Museum, Pengelolaan Museumnya Keren

Terbiasa ngga tertarik dengan museum di Indonesia, museum maritim Australia ini atau ANMM membuat saya kagum atas pengelolaannya. Bukan masalah pasti dananya gede, tapi gimana mempertahankan keberlangsungannya. Mamerin benda mati, kalau ngga ada ketertarikan khusus, sulit untuk membuat masyarakat tertarik.

Waktu masuk, ada dua tawaran, mau lihat galeri doang, atau sama naik kapal perang? Kita coba yang kedua, karena belum pernah, even di Indonesia. Banyak brosur, diskon, dan petugasnya ramah ngejelasin satu-satu.
image

Kalau saya perhatiin, petugasnya sudah lansia semua. Dari yang di admission, sampai yang ada di tiap kapal. Sepertinya mereka veteran perang, soalnya punya passion terhadap apa yang dijelaskannya. Ini contoh pemberdayaan para veteran, mereka senang kok melakukannya.

Untuk pendanaan, dari alamat webnya, museum ini dimiliki pemerintah. Jadi pasti ada subsidi dana. Tapi mereka juga menjaring dana dari masyarakat. Ada beberapa paket keanggotaan berdasarkan jumlah orang, dengan fasilitas yang sama. Misal gratis masuk, ikut acara, diskon di kafe dan tokonya, dan gratis  jurnal museum. Hebat yah, museum ini aktif bikin acara biar jadi berita.
image

Buat tamu-tamu kecilnya, mereka ciptakan maskot Viking kecil, yang ada aplikasinya di Android dan iOS, ada filmnya, permainan dan bisa naik kapal Viking yang lagi ditambat di dermaga. Peralatan maritim ini, meski jadul, tetap menarik perhatian anak-anak jadi ngga perlu khawatir soal kekunoannya.
image

Kapalnya juga dibuka bebas, bisa masuk ke area-area kecilnya. Kalau ngga boleh, ya dikunci aja, bisa ngintip dari jendela atau pintu transparan. Bayangin deh, mestinya saya sebel karena HMAS Vampire ini yang dipakai pas Australia bantuin Malaysia saat konfrontasi dengan Indonesia. Tapi demi sejarah, ya dipelajari saja. Saya rasa KRI yang kita punya juga sama canggihnya, hanya belum ada kesempatan aja untuk masuk ke dalamnya.
image

Oya kalau boleh kasih masukan, tur kaya gini lebih menarik lagi kalau ada staffnya yang nerangin atau berjaga di atas kapal, biar kalau nanya-nanya gampang. Kalau disini andalannya video yang memutarkan video dan info yang ngga customized.

***
IndriHapsari

Advertisements