Mencintai Tanpa Memiliki, Memang Bisa?

20130227-232055.jpg

Konsep percintaan yang sedang saya pelajari adalah mencintai tanpa memiliki. Ya, saya memang terbiasa dengan konsep mencintai yang memiliki, jadi kita bisa hidup bersama dengan orang yang dicintai. Apa yang lebih membahagiakan dari hal tersebut, menemaninya sejak matahari terbit hingga terbit lagi, menghabiskan sisa hidup kita bersamanya, dan mendapat limpahan cinta darinya.

Jika mencintai tapi tak bisa memiliki, maka kemungkinannya bisa dibagi dalam dua hal, yaitu saling cinta tapi tak bisa memiliki, atau cintanya bertepuk sebelah tangan. Untuk yang saling mencintai, penyebab tak bisa memiliki adalah yang dicintai sudah milik orang lain, tidak mendapat restu orang tua, mementingkan ego sendiri-sendiri (misal ngotot tinggal berjauhan demi karir), atau yang dicintai menolak untuk alasan khusus (misal dia penderita AIDS, takut menular dan memilih berkorban untuk tidak memberi harapan semu pada yang mencintainya). Sedangkan cinta bertepuk sebelah tangan, sudah jelas ada satu pihak yang merasa keberatan jika terjalin hubungan.

Kita bahas yang pertama ya, karena untuk yang kedua saran saya sih cari yang lain saja yang juga mencintai Anda. Bagaimana jika saling cinta tapi tak bisa bersama. Pedihnya luar biasa. Hati sudah meledak-ledak ingin bersatu dengan tambatan hatinya, tapi ada kaca yang menghalangi. Bisa melihatnya, tapi tak bisa menyentuhnya dan merasakan sentuhannya. Resiko dalam menjalani hubungan seperti ini adalah sakit hati yang melanda,dan hati-hati berkembang jadi sakit jiwa. Bisa juga sih kalau seseorang sudah ikhlas, maka yang dicintai bersama siapapun atau melakukan apaun, dia bisa tetap tersenyum sambil berkata ‘Aku bahagia untukmu’.

Memang ada yang bisa begitu?

Hmmm..let’s see. Saya punya teman perempuan, yang sampai usianya 40 lebih ini tidak menikah, dan masih ditunggu pacarnya yang berada di luar negei sampai dia siap. Si lelaki mencintainya, sampai memilih tidak menikah dengan siapapun demi menunggu gadis pujaannya. OK saya tidak tahu dia ‘jajan’ atau tidak selama ini, tapi waktu selama ini membuktikan kesetiaannya. Kebetulan teman saya ini juga lempeng, tidak berhubungan dengan lelaki manapun.

Kalau di film silat sih begitu ada yang patah hati, langsung dia mendaftar jadi pelayan Tuhan, meninggalkan keduniawian, dan melupakan kenangan. Rasa ingin memilikinya dia hilangkan, dan cinta dibagikan pada sesama.

Ada juga yang tak bisa memiliki, tapi sembari menunggu yang dicintai mau, maka dia menjalin hubungan dengan yang lain. Misal menikah atau berpacaran dengan orang lain yang sebenarnya tidak dicintainya. Jadi, dia tidak menyia-nyiakan hidupnya, cintanya jalan paralel, dan let it flow saja.

Jika hubungan sudah terjalin dengan yang lain, kemudian di tengah hubungan ternyata ada seseorang di luar yang lebih layak dicintai, maka konsep mencintai tapi tak memiliki ini juga sering digunakan sebagai alasan diperbolehkannya hubungan ini.’Saya setia lo, makanya saya tetap dengan pasangan resmi saya, meskipun hati ini sudah ada yang punya’.

Dua contoh terakhir, akan mengurangi kepedihan karena tak bisa memiliki. Ya, karena ada seseorang di samping kita, yang entah tahu entah tidak pasangannya telah menyewakan hatinya untuk orang lain. Kalau lagi rindu yang dikecup ya pasangan resmi. Kalau lagi cemburu yang kena getahnya juga pasangan resmi.

Sekarang, kalau kita memilih jalan itu,mencintai tanpa memiliki, memangnya bisa ikut senang, saat incaran kita tertawa bahagia dengan pasangannya? Memangnya tidak iri, kalau si pasangan bisa bebas menyentuh incaran kita? Memang tidak sebal, melihat kemesraan mereka berdua? Memangnya, mau menunggu sampai kapan? Kalau sadar akan resikonya, ya teruskan saja. Tapi janji ya, tidak sakit hati. Tapi jika tidak tahan, sebaiknya cari penggantinya. Memang bakal susah melupakannya, tapi manusia bisa berubah. Jadi jika sekarang hati ini untuknya, suatu hari bisa untuk orang lain yang tulus mencintai kita.

Apakah tidak mungkin suatu saat bisa bersama? Bisa saja, siapa yang tahu nasib manusia. Namun sembari menunggu saat itu, apakah tidak lebih baik memberi cinta kita pada orang-orang terdekat? Jangan berusaha memiliki yang belum dikendaki Tuhan, bisa-bisa Tuhan membatalkan rencananya untuk menyatukan kita.

Memang tidak boleh? Ya boleh saja, tergantung yang menjalani. Hubungan yang tidak mengikat tentu saja tidak punya tujuan, tapi memberi kenikmatan pada pelakunya. Sama-sama suka, sama-sama menikmati sensasinya, tapi tidak melakukan apa-apa. Yah, ‘hanya’ menyerahkan hati saja. Hubungan yang tidak akan kemana-mana, jika Tuhan tidak ikut campur menyelesaikannya. Dosa? Tanya saja pada hati nurani, ada perasaan bersalah atau tidak. Jika kita harus menutupinya dari pasangan resmi, itu sudah masuk kategori bersalah. Jika kita tidak rela pasangan kita melakukan hal yang sama, itu juga masuk kategori bersalah.

Huaaah, membahas beginian capek juga ya. Susah mencari titik temunya. Tapi semoga kita bisa memilih yang terbaik untuk kita, tidak menjadi korban perasaan, apalagi berkorban untuk sesuatu yang sia-sia.

Girls Talk - Indri Hapsari
Girls Talk – Indri Hapsari

Masih penasaran bagaimana sih menghadapi mahluk yang bernama cowok itu? Atau sebaliknya, cewek itu serumit apa sih, maunya apa sih? Yuk mari baca buku terbitan BIP ini, mulai tayang di seluruh Toko Buku Gramedia, pertengahan Juni 2015. Yang ngga sabar atau ngga sempat kesana, bisa PO ke ihapsari(at)outlook.com, atau twitter indyfindme.

Ditunggu ya ^_^

242 Comments

  1. Mohon pendapat, saya mempunyai pacar beda agama dan saya sudah jalani kurang lebih 8thn, awalnya ortu saya tidak setuju tapi akhirnya setuju karna kasihan dengan saya. tapi setelah ortu saya setuju pacar saya malah meminta putus dengan alasan bukan jodoh karna smpe sekarang kami belum menikah n banyak halangannya.. terus terang saya tidak bisa terima itu dlm hati saya krn kita pisah bkn karna saling tidak mencintai tapi karna berbeda. disaat saya sedang down saya selalu curhat dengan teman saya. dia sangat baik slalu kasih masukkan baik agar saya bisa segera move on dr co saya. tapi secara tidak sadar saya jatuh cinta padanya& dia pun memiliki perasaan yang sama.sedangkan saya tahu bahwa dia sudah punya istri, saya seharusnya tidak boleh memiliki perasaan ini karna saya tau ini semua hanya mimpi n dia jg gk bakal tinggalin keluarganya.. saya dan dia bilang kita ini cuma mimpi kita gak akan pernah bersatu..saya sedih knp saya tidak bisa memiliki orang yang saya cintai..

    1. Mari kita beberkan lagi faktanya.
      1. Ortu ngga merestui
      2. Kamu dan dia beda agama
      2. Dia sudah punya istri
      Logikamu jangan kalah sama perasaan dong. Ini bukan hanya masalah beda agama, tapi dia sendiri sudah mempermainkan agamanya dengan selingkuh sama kamu. Lalu dengan pengkhianatan dia ke agama dan istrinya, kamu masih baper sama dia? Jangan ngimpi, hubungan yang dibangun di atas pengkhianatan ngga akan kemana-mana.

      Yuk bangun, cowok baik itu masih banyak kok. Dan lebih banyak dengerin nasehat ortu yaaa…mereka kan yang selalu care sama kamu dan masa depanmu 🙂

  2. Mb indri..mau sharing juga nih..smg bs memberi masukan yg objektif..saya hana,saya punya pacar dan telah mnjalin hub sejak sm2 d bangku sma,krg lebih sdh 9 thn..selaykny hub normal,hub kami juga ad up and down nya..apalagi kami seumuran..
    2 thn belakangan saya mengenal tmn krja,awalnya kita memang dkat benar2 sbg shbt,tmn sharing,sy seakan mnemukan dri sy pd laki2 tsb..dy sm2 pny pndngan hdup,karakter yg mrip dg sy,dan entah knp sy mrasa dy spt wjud nyata dr doa2 sy ttg psangan hdup..
    Kdekatan itu smkin b’tmbah ktika sy smpt putus dg pacar sy,mulai slg mmperhatikan,slg khawatir,tp kemudian kmbali normal lg ketika sy balik dg pacar sy dan dy mnjalin hub dg wanita lain..wlopun kdekatan itu gak lama,tp nampaknya berimbas pada hub kami slanjutnya..
    Semacam blm berjodoh,ktika sy sdg ad mslh dg psangan,dy punya pacar,ktka dy putus,sy sdh baik2 sja dg psangan sy. Smpai skitar sthun yg lalu,dy ptus dr psangan terakhr,dan mlai intens brkomunikasi dg sy. Smkin srg komunikasi smkin sy mrasa ad yg slah,ad yg beda..entah knp dy jg tak knjung sdar ad yg beda dan mlah memilih mndkati wnita lain,mgkn krn dy jg mrasa sy msh memiliki psangan. Singkat crta,6 bln yg lalu dy mengungkapkan dy syg sm sy,dy jg tau sy syg sm dy,tp sy rasa itu sdh trlambat krn smnggu sblmnya sy sdh d lamar psngan sy. Mgkn krn msh ragu atau momentnya blm pas,hingga saat ini sy blm mngembalikan lamaran tsb.
    Sy bngung mb,mnikah itu hal yg sakral,sy g mgkn smbrngan,sy jg g mau slh plih..
    Mohon pndpatnya mb indri..trm ksh..

    1. Jangan melakukan/tidak melakukan sesuatu yang membuatmu menyesal.
      Dari ceritamu, kok kayanya kalian berdua saling tarik menarik terus ya. Cuma karena ngga pernah bersama, coba Hana pikirin lagi kalau dia yang jadi pasangan Hana, cocokkah? Jangan2 selama ini terasa cocok karena dia ngga pernah dalam posisi pacar, cuma orang yang bikin penasaran, dan itulah yang membuat tarik menarik ini terjadi. Coba simak lagi bagaimana dia menjadi pacar orang lain selama ini, bayangin apa yang ada di diri pacar Hana sekarang yang ngga ada di dia, yang suatu saat bakal bikin masalah. The thing like that lah.

      Kalau ternyata dia nih lebih segala2nya, jujurlah dengan pacar Hana sekarang, Hana lebih milih siapa. Ngga adil juga buat pacar Hana, kalau dia mencintai orang yang ngga pernah mencintainya. Sementara kalau memang benar si dia juga mencintai Hana dan berani ambil resiko untuk mempersunting Hana (iya dong, resiko…karena sekarang dia harus berani menetapkan pilihan ke Hana, bukan ke cewe2 lain sebagai pelarian) ajak dia untuk mendampingimu dalam menghadapi mantan pacar dan keluarga besar yang pasti marah besar. Pikirkan dulu baik2 ya, semoga terjadi yang terbaik buatmu dan pasangan 🙂

  3. Saat remaja dlu (kls 1 SMP) pernah ada seseorang (Kk kelas) yg tdk aq kenal datang bersama temanx d samping kelasq mengajak kenalan, tp krn kaget dan takut aq berlari meninggalkan mereka dn kembali k dlm kelasq. Sejak itu, dy selalu ada d samping kelasq dan sesekali mengetuk” kaca jendela d samping tempat dudukq. Entah sdh berapa kali dy selalu begitu tp tdk aq hiraukan krn aq malu dan takut mgkn krn aq masih 11 thn saat itu. Lama” dy tdk melakukan hal it lagi dn sejak it aq mulai memperhatikanx dr jauh, setiap melihatx ada suatu desiran d dadaku, jantungq berdebar kencang, telapak tanganq terasa dingin, apa lg saat berada dlm jarak dekat dgnx aq jadi sangat gugup dan kaku, krn it aq memilih hanya menatapx dr jauh ketika dy sedang tdk melihatq. Aq mulai bertanya dlm hati, apa ini yang disebut cinta? Waktu terus berlalu dan tidak ada perubahan, aq hanya bisa menatapnya dr jauh, dan entah mengapa aq merasakan bhw dy juga tetap sering melihatq dari jauh, padahal dlm hatiq aq mulai menunggux mengajakq bicara. Dy lalu lulus dan lanjut k SMA yg kebetulan tempatx berada tepat d depan SMP kami, sehingga aq masih bisa menatapx dr seberang pagar sekolah. Aq pikir mgkn dy sdh tdk peduli lg dgnq. Tp, betapa bahagiax aq ketika dy memanggil namaq saat aq dn teman”q lewat d depan sekolahx, ah, sungguh aq sangat bahagia. Setelah lulus, aq masuk k sekolah yg sama dgnx, semua itu krn aq tetap menunggux mengajakq bicara tp hal itu tdk pernah terjadi, dy hanya memanggil namaq dr jauh ketika aq tdk sedang menatapx dn ketika aq menoleh, dy pura” tdk melihatq. Seingatq itu terakhir kali aq melihatx. Setelah dy lulus, aq tdk pernah lagi bertemu dgnx. Beberapa waktu yg lalu aq tak sengaja menemukan profilx, trnyata dy sdh menikah dn pux istri yg cantik, 1 putra dan 1 putri yg imut. Entah mengapa saat itu jantungq berdebar lg, debaranx persis seperti 15 thn yg lalu. Aq menangis antara sedih dan senang, aq sedih krn ternyata kini dy tdk sendiri lagi dan aq senang krn ternyata dy bahagia dgn keluarga kecilx. Ada 1 hal yg terasa berat dlm hatiq, aq merasa ada yg belum tuntas d 15 thn lalu. Mumpung aq dan dy masih hidup, aq ingin tw apa yg sebenarx terjadi antara aq dan dy d 15 thn yg lalu itu, apakah ada cinta antara 2 remaja atau hanya cinta sepihak yg trjadi padaq. Tp, bukan berarti aq ingin merusak kebahagiaanx saat ini, tidak sama sekali, aq hanya ingin memperjelas kenangan manisq d masa lalu antara aq dan dy yg membuatq terus menunggu hingga saat ini. Ya, cinta adalah merasa bahagia ketika melihat orang yang kita cintai bahagia meskipun bahagianya bukan bersama kita. Dgn keadaan ini, apakah aq masih bisa mengatakan padax bhw aq pernah mencintaix dulu dn menanyakan perasaanx d 15thn yg lalu, atau aq hrs mengubur rasa yg belum tuntas ini sendirian? Mohon pendapatx, terima kasih….

    1. Ini sudah lama banget kan ya..dan ngga ada perkembangan. Sayang waktu selama itu disia2kan untuk satu cowok yang ngga jelas juntrungannya. Move on yuk, masih banyak cowok di kolam menunggu untuk dipancing 🙂

    2. cerita mba sama dgn saya 20th rasa penasaran… hanya sy dan dia sekarang sama2 sdh nikah dan punya anak… tp sy tdk bisa bohong dgn hati saya… sampai saya kontak kembali dgn dia… dan karena sy penasaran seperti mba akhirnya sy pun mengutarakan perasaann sy yg selama 20th tidak dpt melupakannya, dan akhirnya saya pun tahu bahwa diapun memiliki perasaan yang sama, tapi rasa penasaran jadi tambah besar dan tidak berhenti disitu… ditambah lagi dgn perasaan menyesal knp sy tidak berusaha dulu saat kami sama2 sediri, rasanya jadi tambah dalam dan berlanjut mba… hubungannya jadi tetap ada dan dengn keadaan sama2 sdh berkeluarga… dimana sy dan dia masih berharap masih bisa berjodoh…. saran saya lebih baik tidak tahu mba dan mengubur masa lalu… karena rasa penasaran tidak akan berhenti disitu…. semuanya malah akan berlanjut dan susah hilang…. tapi kl mba siap dgn konsekuensinya ya tetap berusaha tdk slh karena hati tdk bs bohong… kita yg rasakan kita sendiri yg jalanin

      1. Mbak klo jodoh jg ngga kemana. Skrg krn belum jodoh mari masing2 mengurusi yg di depan mata, pasangan dan anak masing2. Siapa tau justru jodoh kita ya suami kita skrg 😊

    3. Aku bahkan lebih lama lagi …. teman kelas 4 sd ….ketemu lagi di reuni 38 tahun kemudian …saat aku sudah punya anak 5 dan dia 3 … tapi rasa penasaran tidak membuatku berhenti bertanya2… jadi kuhubungi dia….dan ternyata …waktu sd dulu ..sebenarnya perasaan itu berbalas …hanya karena malu, hal itu tidak tersampaikan…ketemu lagi pas sma ….dia melihatku terlalu tinggi…ga tergapai …padahal saya setengah mati menunggunya menyatakan perasaan …hingga akhirnya ..dia menerima ditembak orang lain ….
      Setelah 38 tahun kemudian ..semua itu baru terungkap…antara sedih dan menyesal …bahkan dia sempat meyatakan perasaannya dan berkhayal ..seandainya aku adalah miliknya, anakku adalah anaknya …namun kami tidak jadian karena menyadari sama2 punya keluarga..
      Sempat terbawa perasaan … menangis dan tertawa …bahagia,…dan juga penyesalan yang sangat …. walaupun komunikasi hanya lewat japri…..
      Setahun kemudian ….sepakat berpisah ….meskipun hati sebetulnya masih ada rasa, bahkan sepertinya masih utuh …ga berkurang sedikitpun (namanya juga fisrt love) belum move on sama sekali…., namun justru karena belum move on …kami sepakat untuk saling menjauh ,,,,demi keutuhan dan kebahagiaan keluarga masing2
      Menyakitkan … tapi apa mau dikata…

      1. Benar mbak, jauhin aja. Sdh dr SD dan ngga ada tindakan apapun drnya utk cari mbak, malahan skrg ngga sopan ganggu RT mbak. Mending jauhin aja krn itu cuma memori semata. Stay loyal ya mbak 😊

  4. Mbk..saya sudah menikah.setelah 5 tahun lebih 10 bln pacaran..10bln sebelum pernikahan.saya suka buka email fb saya sering kali..dan juga sudah beberapa kali membalas pesan dr beberapa lelaki.saya rhera,seorang wanita berusia 26thn.awalnya saya cuma iseng mbk..krna saya anggap untuk apa cari lelaki lg.pdahal jg saya sudah lama pacaran..dan masing2 orang tua sudah tahu..dan pacar saya jg sering krmh..sesekali tidur drmh.dengan kakak saya pastinya.pacar saya orang Malang mbk..saya Surabaya.
    Dan suatu ketika fb saya byk konfirm pertemanan msuk..sampai hmpir 800an orang dlm sehari mbk..lalu saya terima.dan beberapa waktu saya byk ngobrol dengan byk pria..saya tau mbk..disitu banyak yang iseng jg..genit plus juga gatal.
    Tapi ada yg menarik satu pria simple.dia baik dan g neko neko.tulus hanya ingin berteman dengan saya.Disitu sedikit rasa suka ada untuk nya mbk..awalnya hanya kasihan.dia merantau di saudi arab mbk..kurang lebih sudah 12tahun krja disana.saya tanya apa alasannya meninggalkan negaranya..dia bilang “untuk apa,saya sudah tidak punya keluarga..orang tua saya sudah meninggal.”lalu saya tnya apa tidak ada saudara..”untuk apa punya saudara.saya tidah butuh”.saya tanya “lho knp?”katanya semua kakaknya gila harta.tidak sedih dengan meninggalnya ortu.malah rebutan harta warisan.”singkatnya skrg saya sayang bgt sama dia mbk..dia menangis waktu tau saya udah punya pacar.dan sudah 5 tahun pacaran..dia bilang “saya belum pernah ketemu wanita sebaik kamu..tidak melihat seorang pria dr harta..tulus berteman sama dia..tidak matre seperti banyak wanita lain.”dia bilang cinta sama saya mbk..saya kaget waktu itu dan bingung..karna kesalahan saya ini..saya sadar membuat seseorang terluka karna sangat mencintai saya..
    Sebelumnya saya hanya kasihal mbk..dia bekerja keras demi hidipnya sendiri.sampai umur 30tahun hanya bekerja dan bekerja.tidak mengenal cinta dan wanita.Tetapi setelah mengenal saya hidupnya berbeda mbk..saya adalah segala galanya..dia bekerja keras ingin sekali bertemu saya di indonesia.sekarang jg saya sangat mencintainya mbk..oktober tiba tiba memutuskan bertemu saya.semua passport dan visa sudah siap.tapi saya suruh cancel mbk..karna kondisi di tempat kerja bnyak yang libur..dia terus terang kecewa.karena sangat ingin melihat saya mbk..saya tanya biaya cancelnya rugi berapa?dia bilang 18.000 riyal mbk..klo di indonesia ya 30.000.000 jt an mbk..Intinya saya bingung harus gmna ninggalin pacar saya mbk..seluruh hati saya sudah dipenuhi dia mbk..lalu saya bicara pada orang tua..terutama ibu.ibu saya marah besar mbk..dan ingin secepatnya saya dan pacar saya menikah mbk..klo saya menolak.saya tqkut orang tua saya stress ato sakit mbk..akhirnya saya setuju atas keinginan dia jg..org yg saya sayangi skrg pasrah dan merelakan saya bahagia dengan pacar saya mbk..tp dia berjanji akan menunggu saya selamanya..meskipun setelah matipun..hanya saya yang dia sayang..dia berjanji dan umrohkan saya ke mekkah dengan nama omar..dia berjanji pada Allah disana..akan selalu menyayangi saya mbk..sampai pernikahanpun dia umrahkan saya lagi mbk ke mekkah..waktu ijab dia disana banyak menangis dan berdoa buat saya mbk..
    Mbk..suami saya sebenarnya tw ini sdh lama..saya jg pernah cerita sebelum menikah..tp dia anggap angin lalu..tp pada akhirnya tau klo saya sering video call ngobrol dan fia marah besar mbk..sampai saya tidur sendiri..saya rasanya ingin cerai mbk..saya udah nggk tahan..saya tau klo akan menyakiti dia mbk..tolong solusinya mbk..saya harus gimana..

  5. Kenalin gw april, gw mau cerita sedikit soal kehidupan percintaan gw. Jujur gw bukan tipikal cewe yang mudah suka atau jatuh cinta sama cowo sampai akhirnya gw ketemu sama salah seorang cowo d perusahaan gw yang berhasil ngebuat gw jatuh hati sama dia. Tapi sayangnya dia uda punya pacar tapi pacarnya itu d bandung dan gw sama dia tinggal d jakarta. Kita satu perusahaan tapi ga tiap hari ketemu karena beda devisi dan kita beda tempat kerja, gw d sudirman dia di senayan dan ketemu cuma kalau ada meeting aja 2 minggu skali dan ketemu sering cuma lewat telephone aja dan awalnya ditelpon cuma bahas kerjaan aja tapi lama kelamaan dia uda mulai sedikit ngerayu dan menggoda gw dan keliatan dia itu tulus memuji gw dan gw mulai tertarik sama dia. Tapi ketika gw minta tlong ke temen gw buat nanyain dia uda ada pacar atau belum eh dia jawab dia uda ada pacar di bandung. Dan kenapa gw sakit hati dan jujur gw bingung, kenapa klo dia uda ada pacar dan uda ada niatan buat menikah apa lagi pacarnya dokter kok malah deketin gw? Apa dia cuma mau main2 dan hanya kesenangan semata doang sama gw? Kenapa dia tega bgt sama gw??? Dan kenapa musti terjadi sama gw??? KENAPA? Makasih.

    1. Mungkin krn kamunya juga mau2 aja digituin, ngelayanin terus, jd dia pikir ok aja berhubungan TTM begitu sm kamu. Tinggal kamunya gimana nih, menikmati itu semua meski ngga bs memiliki, atau mulai menjaga jarak krn toh dia milih kamu aja ngga mau. Be logic ya girl 🙂

  6. Saya telah mencintai wanita yang sudah bersuami dan mreka punya anak 2.tapi hub nya dgn suami tdk harmonis dan dia sdh menjalin hub special dgn saya berberapa kali dan itu yang membuat saya jatuh cinta kpadanya.tiap hri sya selalu memikirkan nya walau tak bisa memiliki nya seutuh nya.wkt keseharian nya lebih byk ke keluarga nya di banding kan sya dan hal tsb selalu membuat sya bertanya tanya sedang apa dia disana.kadang sakit hti ini jika dia lama baru bisa menghubungi sya.tlg solusi nya apa yg harus sya lakukan

    1. Solusinya, jangan main api. bayangkan kalau kelak dia jd istri Anda, trus dianya lebih bahagia dengan pria lain. Anda bisa ketawa ngga? Pilih wanita baik2 yang bisa menjaga tingkahnya baik2 🙂

  7. Dear Mba Indri.saya Sinta.dan sudah membangun rumah tangga 1,6 bulan .mulai dari pacaran sampe sekarang.kami selalu berntem besar besaran.masalah pokoknya adala uang Mba.dan suami saya klo ada duit tidak sedikit pun percaya ama sayamduitbya pasti dia kantongin sndri.kadang kadang dia bisa beli kebutuhan keluarga.memang dia penghasilannya ngk tetap Mba.dan saya merasa tertekan dengn rumah tangga saya.apa apa kebutuhan dalam rumah tangga harus saya semua yg tanggung.kadang saya berpikir untuk akhiri rumah tanggaku.tapi saya ngk tega sama keluarga saya.karna saya sudah perna gagal Mba.mohon saran an kritiknya mba Indrin Thanks..

    1. Mbak semoga suaminya masih menafkahi ya sehingga ini cuma masalah duit kurang aja. Tapi kalau sampai suami ngga menafkahi, berarti ada masalah dalam dirinya yang mesti dicari tahu kenapa. Kalau dia ngga bisa diajak ngomong berdua, coba gunakan mediator ya (bisa kakaknya atau ortunya) untuk menjembatani komunikasi antar mbak berdua. Kalau memang masalahnya pedapatan kurang, coba minta ijin untuk membantunya dengan cara mbak juga kerja. Semoga bisa adem lagi ya mbak…

  8. Cerita saya gini mba.saya kan udah putus dengan pacar saya mulanya kan sama tinggalnya sedaerah sekarang dia mw kuliah di luar.gegara cuman gini dia bilang saya berubah,dan gak pernah cerita ke siapapun,contonhnya saya berubah itu jadi cuek ke dia tapi saya cuek itu bukan saya sengaja atau apa mba.solnnya kami ldr dari pagi sampai sore kami gak komunikasi palingan bilang pagi siang sore,tapi pas malem aku tuh kesel kalau dia bales lama padahal chat kami cuman malem aja dapat dan aku kesel mbak soalnnya balesnya lama terus kalau udah bales lama aku bingung mau bicara topik apa coba kalau dia balesnya cepet pasti topiknya apa soalnnya gak mungkin kan sampai begadang soalnnya saya juga sekolah paginya dan dia juga pasti sibuk lagi dari pagi sampai sore ,aku cuek karena itu tapi pas obrolannya berjalan lancar lagi gak lama balesnya aku gak cuek lagi,aku gak berani marah ke dia bilang dia gini gini,aku takut aku dibilang egois,makanya aku cuek ajak,tapi cuek aku bukan bermaksud mau cuekin dia atau apa,nah dia kecewa gegara aku kayak gini aku udah minta maaf banget sama dia dan aku mw berubah,terus waktu 3 hari udah maafan setiap aku mw ngomong atau salah dikit dia itu tanggapannya udah beda udah bilangin aku yang bilangin dia enggak enggak padahal aku gak maksud bilang dia gitu,setelah itu kami putus soalnnya dia gg mw bikin orang sedih soalnnya dia kecewa bakalan lain sikapnya,padahal ini cuman salah paham,dan aku sedih dia bilang walaupun bukan ke aku secara langsung dia rela aku dengan yang lain,karena dia tau aku lebih bahagia dengan yang lain,padahal aku sebelum putus dari dia aku udah bilang gini gitu biar kami gak putus,menurut mba aku harus gimana?

    1. Aduh sy pusing bacanya soalnya ngga ada titiknya 😀 Sepenangkapan saya aja ya, dia keukeuh putus, kamunya yang ogah. Trus kalau sudah ngga sepakat gitu, apanya yang mau dilanjutin. Sudah move on saja dengan hidup masing2, jangan cari cowok yang pakai alasan remeh2 gitu utk mutusin kamu.

  9. mbak saya berumur 20 tahun , selama saya pacaran saya selalu mencintai pasangan saya , menghargai dan selalu berjuang agar hubungan saya langgeng tapi pada akhir nya saya selalu di sakiti padhal saya sedikitpun tidak mempunyai niat untuk menyakiti karena saya tau bagaimna rasanya disakiti tpi saya pacaran berkali kali selalu disakiti dan saya sekarang trauma untuk pacaran lagi tapi kadang saya iri melihat temen saya pacaran langgeng dan bahagia terus . saya harus gimana ya mbak ? pdahal saya sudah hati hati memilih pasangan. dan saya mempunyai target menikah umur 23-24 tahun sedangkan sekarang belum menemukan yg pas , tolong bantuannya ya mbak makasih 🙂

    1. Pernah dengar orang yang baik akan mendapat pasangan yang baik ya? Jd sekarang drpd nyari pacar yang baik, cobalah membangun diri supaya bisa jadi pacar yang baik. Saya percaya hubungan pria wanita itu adalah untuk saling melengkapi, saling mengerti. Jadi itu dulu deh, lalu perbanyak pergaulan, tulus dalam berhubungan, banyak doa dan berserah, semoga dilancarkan jodohnya 🙂

  10. Mau tanya nih
    yg saya lakukan ini salah atau tidak, ada peria yg mencitai saya tapi sekarang dia sudah mempunyai pcr, bbrapa kali dia nyatakan perasaan nya selalu saya tolak krna saya tdk mencintainya tetapi rasa itu ada stlh dia mempunyai pcr, terus saya ungkpkn bhwa saya jga mencintai nya dan dia msh mencintai saya terus dia ngajak back stret tpi sya tolak karna saya tau dan dngr dari org* klau b stret itu rasa nya gk enak , bbrapa hari kemudian saya berfikir kalau yg saya lakukan ini salah diapun jga salah , maka dari itu saya bicara kpd nya bahwa saya pura* mencintai nya dan saya cuman ingin tau apa jwbn dari dia jika saya dtg dan mengungkapkan perasaan saya d saat dia dah pnya pcr, tapi sejujurnya sayapun bnr* mencintai nya
    karna cara biasa tdk bisa saya lakukan cara ini supaya dia bisa mencintai pasangan nya dn bisa menghargai sebuah hubungan
    ,dn sya brharap dari ini dia bisa membenci saya dan mencintai psagannya spenuhnya , apa yg sya lakukn ini salah??

    1. Mbak dianya sendiri ngga bisa tegas mau milih mbak atau pacar2nya, lalu ngapain bingung dengan perasaannya. Pergi aja mbak, banyak kok laki2 bertanggung jawab yang rela memperjuangkan mbak dan ngga mempedulikan lainnya, asal mbak juga serius dengan cinta mbak 🙂 Selamat mencari ya

  11. Sya mau curhat mba,,
    Nma sy selli,sy sudah berkeluarga,tpi dr sejak mnikah sampai sekarang sya tdak prnh bahagia,suami tdk prnh mnghargai sy sbgai istri,,
    Karena merasa tertekan bathin sya mnderita sakit depresi,hingga skrg sudah 12thn,,
    Sya srg berobat ke psikiater tpi sering kambuh pnyakit sya..
    Singkat crita utk mnghilangkan sakit dipikiran sya,sya bnyk brtmn didunia maya,,sekedar utk buang suntuk dan mengusir kejenuhan..
    Sampai akhirnya sya kenal seorang pria msih single,dia sngat baik,sllu mndgr smua keluhan sya,,smakin lama sya jatuh cinta dengan pria ini,trnyata jarak antara rumah sya dengan dia dekat.
    Setahun berlalu sya smakin dkat dg dia,dan kami sering brtemu,dia sangat mencintai sya,bgitupun dg sya..
    Sya tau ini salah,tapi sya terlanjur mncintai dia,dan dia pun tidak bisa memberikan hatinya lagi kepada orang lain,,
    Kami sudah sangat begitu dekat,
    Apa yg harus kami lakukan??
    Sya tidak ingin berpisah dengannya karena dialah semangat hidup sya,,
    Bertemu dengan dia,sakit yg sya rasakan sekian lama tidak prnah sya rasakan lagi,sya merasa dia penyembuh sakit sya,,
    Kalau dia pergi sya tidak akan sanggup hidup lagi..
    Dia pria lajang belum puny pacar/istri..
    Sya kasian juga dengan dia,tpi kami saling cinta,,
    Sya sudah tidak bisa jauh dari dia,bagi sya dia segala”nya,sya bahagia dan tenang berada didekat dia
    Tolong kami,ap yg harus kami lakukan??

    1. Mbaknya kan sudah berkeluarga ya, kita fokus ke situ dulu. Jadi beresin urusan internalnya dulu, kalau sm suami baik2 aja godaan macam pria teladan di medsos itu gampang melewatkannya mbak 🙂 Putus semua komunikasi dengan dia, ngga usah ingat2 lagi. Urusin keluarga aja yang utama, atau mungkin menekuni passion dan cita2 mbak yang belum tercapai.

  12. Mohon pendapatnya untuk motivasi. Saya kenal seseorang sudah lama,awal saya ketemu dia sih cuek aja dak tertarik sama sekali,tapi lama kelamaan dia merubah saya yang tadinya dak mau deket dia menjadi nyaman di deket dia,merubah saya yang tadinya ogah buat kenal dia menjadi ingin lebih dan lebih kenal dia. Singkat cerita,kami pun pacaran tapi kami backstreet,kami pacaran lumayan lama,hubungan itu kandas karena orang tua saya tidak memperbolehkan saya pacaran,padahal saya sangat mencintai dia,dia pria yang bisa membawa saya pada jalan yang benar,kami masih saling mencintai,saat ini kami hanya bisa bersahabat,dan mencintai tanpa memiliki. Namun saya takut jika nanti ada seseorang yang membuat dia nyaman dan berpindah ke lain hati. Saya bingung dengan keadaan ini,saya bingun apa yang harus saya lakukan. Mohon pendapatnya,terima kasih

    1. Sepertinya ada dua masalah ya, masalah keluarga dan ketakutanmu dia bakal lari. Untuk yg keluarga, mesti ada peran aktif dari dia untuk ambil hati keluarga, terutama orang tuamu. Dr sisi kamu juga coba cari tahu apa sih yang bikin ortu keberatan, coba didiskusikan bisa ngga faktor itu dikurangi atau dihilangkan dari pasangan. Untuk ketakutanmu, percaya deh, cowok itu kalau sudah cinta dan berani memperjuangkannya, biasanya sukar untuk berpindah ke lain hati. Asal kamunya juga jaga diri ya 🙂

  13. mbk, sdkit cerita yg jg agk mengganggu dlm fikiran..
    dr semnjak smp sy mulai mencintai seseorang. qt teman sekolah, tman sekelas dr SD-SMA. ketika qt ikut SPMB pun tnpa janjian qt bisa 1 univrstas,bhkan t4 nya di 1 fakultas. sbuah kebetulan yg mmbuat bhagia saat itu. itulah cinta pertama sy.tmn2 brpendapat mgkn kelak dy jdoh sy. qt tdk pernh pcaran, hnya srg org mnjdoh2kn. sy sndri pcrn dgn orla, dy pun dmkian mskipun sm2 tdk brthn lama. tdk pernh ada hal secara special trjd ber2. smua sgt sderhana, biasa saja, namun membekas dihati hingga saat ini sy udh mnikah & punya 2 org ank. sy mmtuskan menikah, krna suami sy adlh org pertma yg mlmar scra resmi kpd kluarga, &mama sy jg gmau sy nikah telat…suami adalah teman 1pekerjaan. sy tdk suka berkomunikasi dgnnya meski berteman di sosmed krna 1skolah. sy sgt sadar sy sudah mnikah & brusaha mnjga dri, tp sulit untk mnjga hati. dy adlh laki2 yg sllu mncul dlm mimpiku, meski ak ta mmikirkannya sblmnya. apalgi ktmu, ngbrol atau berbincang. jujur saja khdirannya di mimpi ckup mengganggu. stauku dia blm berkeluarga. saat ini sy msh berusaha menjaga hati saya, smoga sy bisa menghilangkan perasaan trhadapnya. hanya saja hanya takut dg istilah cinta pertama=cinta sejati, cinta pertama tidak bisa dilupakan. mungkinkah itu?

    1. Bisa aja Puteri, dengan memutus komunikasi dengan dia, dengan mendekatkan diri ke keluarga, banyak berkomunikasi dengan suami. Berkomunikasinya bukan ngaku2 kalau masih cinta sama mantan ya, tapi coba bangun hubungan yang baik dengan suami. Kalau sudah lekat sih biar ada brad pitt lewat jg ngga ngaruh 🙂

  14. Mbak…saya bingung nih da teman cowok saya…waktu sma dia suka usil kadang”cuek karena da cowok saya.tapi saya senang berada di dekatnya.sekarang masalahnya dia suka gak mbak sama saya.dan kami pun beda agama

    1. Pertama Tri kamu sudah menduakan cowokmu. Trus kedua kamu naksir teman pacarmu. Ngga adil buat dua2nya. Yang adil itu putusin salah satu, entah pacarmu atau temannya, untuk ngejer yang lainnya. Biar yang kamu putusin itu juga punya kesempatan nyari cewek.

  15. Hy mba indri
    Gua disty, pengen cerita dikit aja. jadi gua udah lama kenal cwo udh setahun lah kita udah ngalamin apa aja bersamsama trs dia udah punya pasangan yaitu kawan gua sendiri. ya bisa jd gua ditikung. gua sayang banget sama dia. dia juga selalu mentingin gua dibandingkan cwenya tp dia gabisa ambil keputusan dia tetep maunya kita deket tanpa pacaran ya.. bingung kan? kadang gua sedih liat dia sama cewenya apalagi cewenya kawan gua sendiri yaampun ga kebayang kan. bingung suka putus asa bahkan nangis sendiri kepengen dia jdi utuh punya gua tapi gabisa? kasih solusinya dong mba indri;) makasih

    1. Jadi gini, begitu ada cowok yang ngga bisa memperjuangkan kamu jadi miliknya, mending tinggal aja deh. Tu cowo ngga mau rugi, pengennya beli satu dapet dua. Emang kamu tahan diduain terus. Mending cari lain yang bener2 cinta, ngga usah kepikir yg galau2 🙂

  16. Dear mba indri,

    Sya sedang menjalin hubungan dengan pria beristri dan anak 1. Awal mulanya kami hanya berteman saja 1 kantor, ttpi lama kelamaan kamipun mempunyai rasa dan menetapkan “adanya” hubungan, syapun sering mendatangi tmpat dia bekerja (diluar kota), disana ia kost dan keluarganya berada di daerah lain. Hingga saat nya keperawanan sya hilang direnggut nya, sya menyesal tpi kmi ats dasar sma2 mau. Begitu bodohnya sya mba merelakan keperawanan sya untuknya. Dan hubungan ini trus belnjut..

    Dan suatu ketika dia plg kerumah istrinya, sya merasa cemburu apalgi dia pakai cincin kawinnya. Sya cemburu…. tapi kecemburuan sya ini ga pgn berlanjut… hingga akhirnya sya menginginkan lepas drnya. Hnya dia tdk mau, dia sampai nangis2 dan mhon2 untuk sya tdk meninggalkan dia. Dia blg masih butuh sya dan semua yg sy berikan, dia tdk dpt spnuhnya dr istrinya (krn istrinya lbh tua 5thn) misalkan perhatian, kenyamanan dll.. akhirmya syapun luluh dgn perkataan dia. Smpai 3x sya sdh berusaha untuk melepaskamnya..ttpi tdk bsa dan tdk mau lepas dia dr sya.

    Sya pun bigung mba mau curhat ke siapa? Hnya bsa searching2 pengalaman yg krg lbh sma dgn sya.
    mhon bantuannya mba apa yg hrus sya lkukn,ingin skli melepaskannya. Terima kasih mbaa

    1. Tdk bs tdk hrs dilepaskan, krn dia ngga patut dipertahankan. Dia sendiri ngga bs memperjuangkan mbak di hadapan istrinya, tp maunya dpt dua2nya. Apa pantas pria begitu dibelain segitunya shg merusak.masa depan kita? Skrg mbak lg cantik2nya dan sehat2nya. Kelak klo ada penyakit, ada anak, pny masalah, sy yakin dia akan ciptakan beribu alasan utk lepas dr mbak.

      Paling gampang memang lari, tinggalkan kota dan hidup mulai dr nol lg. Ngga enaknya, pasti dikejar, entah dr pria itu atau masa lalu. Saran sy libatkan pihak ketiga yg bs dipercaya dan dimintai bantuannya, utk ngomong bertiga ke pria itu bahwa semua sdh selesai. Kalau dia msh nekat, ada org ketiga yg bs bantu dan buka aibnya. Ungkapkan jg ke istrinya, itu penting biar dia ngga ngarang cerita mbak yg goda2 dia dan ngga mau melepaskan dia.

      Mengenai mbak sendiri, siap2 hidup baru. Akan ada pria yg berani bertanggungjawab atas hidup mbak, meski mungkin kalah dlm bbrp hal dgn si pengecut itu. Tp klo pria sdh mendua dan menyembunyikannya, apalagi yg berharga utk diperjuangkan?

      Smg berhasil ya mbak keluar dr kerumitan ini. Akan ada banyak.isu, fitnah, cacian krn berani ganggu RT org lain. Tp go ahead. Perlu ketegasan, krn itu sy sarankan ada teman/saudara yg bs diandalkan.

  17. Tante,bagaimana dengan saya?
    Saya menyukai seorang anak pesantren yang pernah diundang ke kota saya,dia tinggal di masjid dekat rumah saya. Ia sering ke rumah saya karena secara kebetulan ayah saya yg mengundangnya. Ia adalah anak yg paling bungsu di antara semua santri. Mereka adalah penghapal Al qur’an. Smnjak sy bertemu dengannya,saya jatuh hati.
    Tapi,setelah seminggu di kota sy,mreka balik ke pondok mreka (jatim) yang sy tau tentang dia,dia tinggal di bekasi,waktu itu yang saya tahu anak santri tidak memiliki handphone. Setelah saya mencari selama beberapa bulan bagaimana caranya bisa berkomunikasi dengannya,ternyata usaha saya tidak sia2..saya mendapatkan pin bb anak santri itu. Namun,kata temennya dia akan aktif jika hari libur tiba. Bagaimana menurut tante? Apakah saya harus menunggunya?atau bahkan meninggalkannya dengan semua perjuangan yg sdah aku lakukan?

    1. Sebaiknya kalau mau menyapa dia lewat BB, cukup satu kali. LIat tanggapannya, kalau dia ngga bisa balas, jangan dikejar terus. Tunggu dia liburan lagi aja. Sementara menunggu, kenapa ngga berteman dengan yang lain? Toh dua-duanya juga belum terikat kan 🙂

  18. Selamat siang mbak indri
    Saya sudah 4 thn pacaran dgn anak india , dia serius mau nikahin saya dan jg keluarganya selalu mendesak agar segera menikah dgn alasan umur dia udah g muda lg dia umur 28 thn ,
    Dan dia mauya aq tgl di india.
    Yg jd gendala saya , apakah saya hrs meninggalkan kluarga saya demi dia sedangkan saya pikir” saya g bisa ninggalin kluarga saya tp saya jg berat sama dia , yg bikin saya berat sama dia, dia mencintai saya apa adanya tp saya tidak bisa ninggalin kluarga dan dia pun jg tidak mau ninggalin kluarga dia , skrng kluarga dia kasih aq keputusan sebulan lg untuk menikah dgnya kalau saya tdk mau dia akan di jodohkan oleh ibunya , bagaimnana merut mbak indri saya sangat berharap kemasukan dr mbak indri makasih

    1. Pernikahan memang bukan hanya menikahkan pria dan wanita, namun dua keluarga. Saya membayangkan kamu berada di dua dunia yang berbeda, tentu perlu penyesuaian diri, dan saya lihat masing-masing masih berat dgn keluarganya. Terkadang hidup memang harus memilih. Lupakan cintamu dan fokus ke keluarga tanpa pernah mengungkitnya, atau yakinkan keluarga besarmu bahwa kamu akan baik2 saja di India. Kalau meyakinkan orang lain, mestinya bisa dilakukan oleh pribadi yang percaya diri ya 🙂 Selamat memutuskan, sy mengharap yang terbaik buatmu 🙂

  19. Mba ne mau sering, saya peria yg suda berkeluarga, kini saya jatiu cinta pada seorang gadis, bahkan kmi uda perna berhubungan intim, untuk melupakan dia aku tidak bisa, bahkan tiap detik selalu ingat padanya, emang dulu dia uda punya suami tpi skrang dia uda meningalkan suaminya, bahkan dia juga berhubungan sama teman aku juga, mba

    1. mas mau2 aja dipake raganya tp ngga dicintai? Kalau diliat dr track record si cewek ini sih memang kayanya hiper ya, dan mas salah satu mainannya. Ngga bs ngelupain klo masnya memang ngga mau ngelupain. Kalau ada tekad, pasti bisa deh. Inget dosa, inget Tuhan, inget istri, ibu, anak yang terlalu berharga untuk ditukar dengan kenikmatan sesaat dan jd calon penghuni neraka. Drpd sibuk2 sm yg lain, knp ngga mempersibuk diri menjalin hubungan yg makin mesra dgn istri? Selingkuh itu gampang mas, yg susah itu setia. Dan cuma orang yang ngga murahan yg mampu mempertahankannya.

  20. Siang mba Indri,
    Saya mau cerita sedikit supaya melegakan perasaan saya ya mba.
    Saya pernah pacaran dgn pria kristen selama 5 thn dan sudah putus selama setahun,selama putus kami sama-sama pernah pacaran dgn orang lain,tp saya tidak pernah bisa melupakan dia.sekarang kami balikan lagi,saya muslim. dulu kami putus karena pertentangan yg luar biasa dr keluarga saya. dan sekarang kami sudah putus lagi di karenakan keluarga saya yang seperti orang gila melarang hubungan kami sampai-sampai mendatangi keluarga dia dan marah-marah. sekarang dia sudah meninggalkan saya lagi tanpa dia berpikir sedikitpun tentang perjuangan saya dari dulu yg memperjuangkan dia mati-matian,sampai saat ini pun masih demikian.sekarang saya sampai hampir stres karena dia meninggalkan saya lagi mba.
    Apakah mba ada saran apa yg harus saya lakukan? dan bagaimana sekira nya agar orang tua kami masing-masing memberikan restu.

    1. Urusan nikah beda agama ini memang jd persoalan pelik di Indonesia ya. Meski scr teknis bs dilakukan disini ataupun di luar negeri, tetap restu ortu adalah yg utama. Krn mrklah yg merawat kita dr kecil hingga bs pacaran seperti skrg.

      Harus ada kebulatan tekad dr kedua belah pihak utk terus melaju ke jenjang yg lebih tinggi. Kemudian bersama2 cobalah utk mendapat restu ortu dgn ngomong baik2, atau sebelumnya coba masing2 bilang ke ortu apa yg dikhawatirkan dr pasangan. Kekhawatiran itu yg hrs dikurangi atau dihilangkan, spy ortu yakin saat melepas kita. Bicarakan baik2, tahan emosi meski mgkn ortu sdh emosi. Kalau perlu carilah pihak ketiga yg bs mendukung rencana mbak, yg dihormati ortu pendapatnya. Entah tokoh agama, masyarakat atau keluarga.

      Memang plg mudahnya adalah nikah satu agama. Tp apa manfaatnya klo terpaksa pindah krn mau nikah. Saat dlm jenjang perkawinanpun akan timbul masalah krn pindahnya bukan dr hati. Ini alternatif yg plg sulit (pindah agama) krn salah satu pihak keluarga pasti tdk mengijinkan.

      Atau lainnya, mgkn mbak hrs membuka diri utk dtgnya jodoh yg lebih sesuai. Siapa tau memang bkn dia jodoh mbak, knp tdk mencoba yg lain? Serahkan semuanya pada Tuhan, smg mbak dpt yg terbaik.

  21. mbak mohon pendapatnya kami suadah pacaran 1,5thn,awal kami kenal kami satu kerjaan awal kami pacaran orang tuanya sudah setuju dan bahkan nyuruh kami buat cepet2 menikah tapi klo aku ajakin buat nikah dia selalu belum siap karena dia masih kuliah tp disambi buat kerja, hingga pada akhirnya aku keluar dr tempat aku kerja dan balik ke daerah asal buat buka usaha sendiri, oh ya kami beda daerah tapi bisa ditempuh cuma 2jam. awalnya dia sangat mendukung sekali dgn rencana aku ini, karena aku rintis usaha ini buat masa depan kami kelak aku juga ngomong klo usaha ini sudah bisa jln aku bakal balik ke tempat dia lgi buat ngembangin usaha aku dan buat nikahin dia, yang jdi masalahnya sekarang ternyata dia sudah jadian lg sama orang lain dan itu katanya atas kemauan orang tuanya,karena orang tuanya ga mau nyari menantu yg beda kota.dan sebenere dia ga suka sama cowok itu,dan aku tahu dia masih sayang sama aku,bahkan dia pernah ngajakin aku buat kawin lari,tapi aku ga mau,karena menurut aku restu orang tua sama dengan ridho ALLAH,sampai detik ini aku masih sayang sama dia dan masih pingin perjuangin dia.tp sekarang dia sudah jadian sama orang lain pilihan orang tuanya…. apa yg harus aku lakuin apa aku harus rela nglepasin dia buat orang lain atau aku terus perjuangin dia,karean sebenere orang tua dia itu juga sayang sama aku cuma karena jarak aja yg jd masalah padahal aku sudah jelasin ke orang tuanya klo aku juga sudah siap klo harus bareng tinggal dengan mereka.

    1. Kalau begitu kuncinya di orang tuanya, coba tanya mrk baik2 yg mrk inginkan apa spy boleh meminang putrinya. Tunjukkan kesungguhan, mungkin jg pengorbanan. Pacarmu bs bantu dgn menunjukkan ketegasan bahwa kamulah yg dia pilih. Bersama2lah menunjukkan kebaikan, peningkatan kualitas diri biar lebih dipercaya camer, bahwa kamu menantu yg patut diandalkan.

  22. hi. nama saya alviani. saya dan mantan saya berhubungan sudah 7 bulan lebih,sampai akhirnua dia memutuskan kuliah ke jember dan saya didepok. kita putus hubungan sebelum dia pergi ke jember. kita putus bukan krn ldr dll tapi ya karena dia gaada waktu buat saya. saya minta putus dan dia pun meyaudahkan krn gamau membuat saya sedih krn rindu dll. kita ga kontekan for like 2 days. and then he showed up and we decided to meet. dia waktu itu belom pergi ke jember. kita ketemu dan ternyata saya dan dia masih gbisa menghilanhkan kebiasaan saat pacaran. yaudah saat itu untuk kurang lebih smingguan kita masih romatis walau gaada status. smpe akhirnya hr ini dia berangkat ke jember. dan pulang tahun depan. saya bilang ke dia kalau hub kita sampai sini, saya gamau jadi penghalang dia utk ketemu perempuan yang lebih baik. dia meyaudahkan dan meminta maaf. tapi kita sama sama tau kalau kita masih sama sama sayang. saya sdar sih saya masihterlalu muda utk stuck menunggu satu orang yang belum jelas but love requires sacrifice they said. saya agak bingung apa tindakan saya salah ? atau saya menunggu dia dulu utk kurang lebih setahun dan liat apa perasaan saya masih sama atau tdk ?

    1. Biasanya org ldr itu dimulai dgn komitmen utk saling percaya dan menjaga hubungan. Yg sdh begitu aja blm tentu berhasil kok, apalagi kamu yg sm2 mengucap putus, cuma perasaan aja msh bs terus. Ketemuan kalian yg semingguan itu krn msg2 msh free dan yah drpd ngga ada yg diromantisin, jdlah seakan mau balik lg. Tp setelah itu ngga ada komitmen kan?

      Masalahnya klo kamu doang yg jaga komitmen sementara dia ngga, bs kebayang kan apa yg terjadi? Sy rasa kalian berdua bebas utk ketemu sapa saja, jalan dgn siapa saja, klo toh setahun lagi atau kurang dr itu tercipta komitmen, ya jalanilah ldr itu tanpa liat2 yg lain.

  23. Artikelnya bagus mba.ngena banget sm sy.krn sy mengalaminya.
    perkenalkan sy rika (32thn).sdh menikah dng suami selama hampir 10thn.
    punya mantan kekasih yg mana dy jg sudah menikah bahkan lebih dulu dr sy.perpisahan kt krn dy di jodohkan dan menerima perjodohan it meski kita saling cinta ( kita sama2 cinta pertama,tp sygnya tdk unk cinta sejati 😢😢😢.it bkn milik kita) dy masih suka dtg ke rmh ortu dan ortu menerimanya dgn alasan mengaga hub baik sj.dan smua kel tau klo dy cinta sm sy.
    Ga berapa lm stelah dy.sy pun menikah dgn pria yg mn itupun terpaksa unk mengisi kekosongan sj.
    sy masih kangen sm mantan (saat2 tertentu sy.tp sy masih cinta walo 25%) saat ngeliat suami jelalatan.😠atw saat kel besar dy suka beda2in sy dr yg laen ( sy keturunan menado dan suami ket chinese) dan yg bikin inget terus pas ultah suami sama mantan sama2 tgl dan bulanya…aduh…ngerain ultah suami tp pikiran ke mantan…(terkadang disitu sy merasa sedih).
    Sy ga mo balik kemantan…walo dy coba cari sy terus.cukup jd kenangan terindah smp sy mati…(tp kangen itu ga bisa ilang..)
    Tks mba indri.salam dari sy.n sukses terus dgn artikel2 yg membangun lainya…

    1. Halo mbak Rika, salam kenal jg 🙂 Beda dgn komen lainnya, sy rasa mbak sdh tau mana yg hrs dipilih 🙂 Kita ngga bs mencegah kenangan dan mimpi yg dtg, tp menjaganya agar tetap di area tak nyata ini memang hrs dijaga. Semoga dgn sibuk membangun relasi nyata dgn suami waktu akan menghilangkan kenangan itu scr perlahan y mbak 🙂

      1. Dear Bu Indri,

        Saya Vina usia Saya 21taon..
        ceritanya Bu Rika mirip dgn yg Saya alami skrg cuma bedanya Saya & Si Cowo sama2 belum menikah..
        dia di jodohin & dia menerima perjodohan secara terpaksa krn gak mau ngecewain org tua nya padahal dia sama sekali tdk suka sama cewe tsb..

        & akhirnya sampe sekarang si cowo belum bisa komunikasi dengan cewe tsb.

        si cowo masih ingin selalu bersama kaya biasanya, dgn alasan dia gak bisa menjaoh dari Saya krn Saya adalah wanita yg sulit sekali d dapatkan, wanita yg sangat d cintainya, wanita yg dpt merubah dia menjadi pribadi yg lebih baik,
        tapi di sisi lain dia gak mau ngecewain ortu nya..

        pd akhirnya kita skrg masih sering komunikasi, ketemu & jalan..

        seiring berjalannya waktu Saya rasanya ingin sekali menjauh dari dia krn Saya pikir buat apa kita bersama2 terus, toh akhirnya dia menikah dgn cewe lain..
        Saya pun merasa tdk enak, kasian sama cewe itu..

        tapi kenyataannya Saya masih belum bisa untuk menjaoh dari dia
        Lantas Saya harus bagaimana skrg Bu Indri ? 😥

      2. Dia sendiri ngga mengusahakan ya supaya kamu bisa diterima keluarganya? Kalau dia niat, kalian berdua bisa mengusahakan karena restu ortu kedua belah pihak itu sangat penting. Kalau dia tidak mengusahakan, masih mempertahankan pilihan orang tua, lebih baik kamu lupakan aja. Belum nikah aja sudah menyia-nyiakan seperti ini, apalagi nanti pas masa promosi berakhir 🙂

  24. mbak indri saya sulis umur 25 tahun,saya baru saja menikah dengan lelaki yang udah 7 tahun berpacaran dengan saya,tapi selama 7 tahun itu saya LDRan sama pacar saya,di sela sela LDR itu saya selingkuh ,selingkuh se tidak kita sama sama tau kalo saya sudah punya pacar dan saya mau menikah..kita jalani semua di saat tunangan sudah saya jalankan dengan pacar saya,dibilang udah gak ada rasa sama pacar iya,saya ingin batalin semua tapi tunangan udah kita lakukan dan 3 bulan lagi hari pernikahan kita,aku masih lanjut dengan cow selingkuhaku itu sebut saja prasetyo mbak,saya sama prasetyo berjalan dan aku menemukan kecocokan sama dia,prasetyo yang lebih mengerti aku,dia yg tau sifat aku,dia yang tau gimana memanjakan aku dan dia yang membuat hidup aku lebih berwarna di banding dengan cow aku sendri mbak,,suatu hari dia menyuruh membatalkan semua pernikhan ku yang tinggal seminggu lagi di situ saya bingung mbak mesti gimana,ingin rasanya membtalakan semua dan berjalan dengan prasetyo mbak,tapi semua sudah terlmbat mbak,pernkahan akhirnya digelar dengan tetesan air mata batinku yang tidak mencintai suamiku lagi mbak,hari hari pernikahan aku lewati dengan flat,di situ prasetyo masih mau menunggu dan bilang menunggu ku sampai kapanpun,jujur aku masih sayang bnget sama dia mbak,,tai aku sudah punya suami,,aku gak cinta sama suami ku mbak,berkali2 aku coba buat cinta lagi membuka hati dan meninggalkan prasetyo namun hati ini memberontak mbak,apa yang harus aku lakukan mbak,

    1. Wah mbak kasian menggantungkan dua pria, yang satu selingkuhan yang ngga berani ngomong langsung ke suami mbak tentang hubungan mbak ke dia, yang satu suami yang rela menafkahi lahir batin tapi mbak ngga cinta dia. Mba yakinkan dulu mau sama yang mana, dan harus tegas melepas salah satunya. Kalau memilih suami ya sudah jangan kepikiran atau ketemu selingkuhan mbak lagi, kalau mau sama selingkuhannya ya sampaikan ke suami untuk menceraikan mbak. Dia berhak dapat yang lebih baik kan? Bawa semua dalam doa ya mbak, lalu konsultasi juga ke orang terdekat atau pemuka agama

  25. Mbak saya pacaran dengan pacar saya sudah sangat lama. Kami berdua saling mencintai. Sekarang kami berduakuliah di perguruan tinggi negri semester 3 dan jurusan kami sama. Kita berdua saling setia bisa jadi apa adanya dan dulu kita berkomitmen untuk saling bersama. Tapi kita baru saya putus karena terhalang restu orangtua. Jadi mula kisahnya seperti ini: dlu saya pernah pacaran dgn taruna pelayarn pacaran sekitar 3 tahun putus ditengah jalan karna dia selingkuh saya sangat mencintai dia dr awal kita sma smpai akhirnya saya berinisiatif untuk satu kota dengannya ketika kuliah nnt. Tp ternyata seletah sy satu kota dengannya singkat cerita kami putus. Dan disitu saya bnrbnr down banget. Baru semester awal hrs jd mahasiswa sy hra ngerasain putus cinta apalagi udh bertahun2. Lalu singkat ceritanya saya bertemu dengan lelaki baik yg bisa dikatakan wajahnya anak mama sekali. Dia yang selama itu nemenin saya dan bikin harihari saya semakin berwarna. Dia anak orang kaya sedangkan saya cuma anak orang biasa dan gak sebanding dengan dia. Singkat ceritanya kami pacaran dan wkt dlu sy am sekali blm mencintai dia krna sy susah moveon tp seiring berjalannya wkt kitaberdua semakin dekat dan sy bener2 bisa ngelupain mantan dan menjalani hidup saya bersama dia. Dia orang yang baij bener2 baik dia sayang sm saya dan apapun bakal dia lakuin asal bisa bikin saya bahagia. Setiap hari kita juga ketemu dan berangkat kuliah bareng. Banyak hal yg udh kita lalui bersama. Ada suatu kejadian wkt dia hendak mengantarkan saya ke stasiun untuk pulang ke kota sy, tibatiba dia nabrak bemper mobil seseorang grgr bercanda di dlm mobil dgn saya. Akhirnya dgn trpaksa dia hrs telfon ibunya. Dan ibunya akhirnya datang dengan supir kantor ibunya. Saat itu saya bnr2 takut untuk bertemu ibunya untuk pertama kali. Karna posisi saya saat itu bnrbnr nggk dandan, hbs pulang kuliah cm sandalan kaosan makeup pun sudah agak hilang gk rapi bgt. Dan ketika ibunya dtg ibunya menunjukan wajah sangat tidak suka dengan saya. Sepeeti jijik mungkin. Akhirnya setelah bbrp wkt berjalan ibunya bilang ke pcr sy supaya mutusin sya karna 1.wajah saya ada keturuna chinese 2. Saya trlalu kurus 3. Menurut ibunya saya jelek 4.ada nama saya yg mengandung arti perkara dan ibunya tidak suka. Saya bnrbnr down saat itu. Wkt ulang tahun sy , mbaknya dan ibunya sms saya. Mbaknya bilang supaya saya putusin adiknya karna ibu gasuka sm saya. Krna watak ibunya keras sekali gk suka pasti gaksuka. Tp saat itu pcr saya mau nertahanin saya dia gak peduli meakipun keluargannya gk setuju dgn saya. Saat itu kita nangis bareng2. Bener2 nangis. Dia datang ke ulagtahun saya nggk dgn mobil tp kita motoran dan dia janji sm ibunya bakal putusin sy dan itu trakhir ketemu saya. Tp pada kenyataannya kita gk bnr2 putus. Karena kita masih kuat bertahan.Singkat ceritannya setelah bulan ramadha berakhir dia dpt hidayah klo ngelawan org tua apalagi ibu itu gabaik. Krna ridho orgtua adalah ridho Allah. Dia takut kualat. Saya tau dia benar. Tapi saya gabisa hidup tnpa dia. Kita saling mencintai tp kita hrs berpisah krna dia gamau nyakitin hati ibunya. Saya mohon saya hrs gmna. Saya bnrbnr aayang sm dia. Tp dia gamau lagi balikan sm sya krna inipun demi kebaikanku katanya. Sy disuruh cari cwok lain tapi saya gamau dan saya gabisa. Sebenarnya dia juga sayang sm saya tp dia berpikiran mendingan sakit sekarang drpd suatu saat tmbh sakit raaanya. Tolong beri saya solusi

    1. Sebenarnya mbak sudah tahu bahwa terus bertahan seperti ini ngga baik karena menentang orang tua pacar, tapi mbak ngotot aja. Coba dibuat slow sedikit ya, cari pria lain yang mungkin sekarang belum cinta banget lah sama dia, tapi dengan perjalanan waktu dan keseriusan, semoga mbak bisa jatuh cinta lagi. Kan sudah dua kali, masa ketiga kalinya ngga bisa 🙂 Kalau berharap terus sama yang kedua, ya didoakan saja, kalau jodoh juga ngga kemana. Tapi tetap jangan buang waktu dengan menunggu hal yang ngga pasti.

  26. saya punya pacar, dia juga punya pacar . tapi kita saling sayang walaupun udah punya pasangan masing masing. sampe akhirnya saya putus dengan pacar saya namun dia masih belum bisa memutuskan pacarnya.. selama ini saya menunggunya sampai bertemu pd titik lelah. saya ingin melepasnya namun dia tidak ingin saya pergi,saya masih harus menunggu lagi. entah apa yg harus saya lakukan sekarang

    1. Menurut saya dia menduakan kamu, maunya dapat kamu sama pacarnya yang sekarang. Untuk cowok yang ngga bisa tegas begitu, buat apa kamu menunggu? Toh dia juga ngga berani memperjuangkan kamu 🙂

  27. mbak indri selamat sore..
    mbak mau minta solusi nih..
    aq endah, aku abis putus sama pacar aku. dgn alasannya kami beda. beda pendapat. beda prinsip.
    setelah kami putus, apalagi kami seorganisasi, jujur aku gak siap temen” aku tau kalo aku sama dia putus. biar mereka tau sendiri aja. aku gamau mereka tau dari mulutku. aku gamau. tapi kalaupun mereka tau dari mantan aku ya aku bakal rela karna kenyataannya memang kami sudah putus. tapi yang jadi masalahnya, kami putus lewat chat. aku gak suka sbenernya bahas masalah serius lewat chat. tapi dia bersikeras gak mau ketemu aku bicarain baik”. yaudah aku ngalah, dan akhirnya kami saling jujur kami saling kecewa. dan akhirnya putus. tapi aku masih merasa memiliki dia mbak. entah kenapa aku gatau. dia pernah like di instagram, “kamu; setumpuk harapan yg tak sangka akan usang dimakan waktu. aku; buktikan janjiku, lalu lihat siapa yg lebih SETIA”
    aku pernah bilang sama dia dulu, dia nawarin aku apa kita menyerah saja. aku nangis. dan aku bilang, kalaupun kjta harus menyerah, kalaupun suatu saat nanti kita dipertemukan, aku bisa jalani hidup tanpa kamu. aku bisa sukses. dan aku yakin kamu jg bisa sukses. akhirnya kami tetap lanjut. dan aku gatau.. apa dia masih komitmen sama aku walaulun uda putus. aku gatau apa yg dia rasain soalbya dia gak pernah bikin status di medsos. aku juga gamau bikin” status galau di medsos. aku bingung harus gimana mbak. kalau untuk masalah organisasi, kami menjaga profesionalitas. tolong sarannya mbak. makasih banyak 🙂

    1. Sepertinya kalian sedang mencoba untuk masing2 bisa melepaskan diri ya. Bakal susah kalau masih sering ketemu, pasti banyak galaunya jadinya. Kalau mau misah mending salah satu keluar dr organisasi tersebut. Kalau mau balikan ya terus aja di situ. Karena begitu mantan atau kamu dapat yang baru, pasti menyakiti hati salah satu yang katanya ‘lebih setia’ itu 🙂

  28. kka aaq mau tnya
    aq mnjlin cintaa udah 7 blnn. dn ortua ny pn merestuii dn bhkann udd anggap aq anak nya

    tpp syngg hrii2 inii pcar aq brubah gtw knpp. . dyy memutuskann utk lbh milih jd shbt
    laluu gmn dg aq.. ap dy tegaa. sdgkkn kliarga ny utk merestuii kitaaa. lalu klo pn dy trma aq sbgai pcarr. aq ykin dy g cnta lg sm aq

    1. Sebelumnya, beresin dulu ya cara menulisnya, saya pusing bacanya, semoga ngga salah jawab 🙂 Tanyakan ke dia langsung dong dia maunya gimana. Kalau mau dia jadi sahabat ya deketin aja terus biar dia mau mengubah keputusannya.

  29. Cerita sy mba, dulu sewaktu saya masih duduk di bangku kelas 1 SMK, saya kenal dengan kk kelas saya yg udah duduk di bangku kelas 3,, awalnya saya ga bisa move on dengan mantan pcr saya, tapii kedatangan kk kelas saya itu merubah segalanya, dia mampu membuat saya bangkit lagi, awalnya indah banget mba, sering ketemu di sekolahan senyum2 dari juah, hingga pergi weekend bareng, dia itu laki2 yg baik menurut sy, semua berjalan indah hingga hampir satu tahun, tetapi setelah itu kandas, kami putus karna menurut sy dia berubah, yg dulunya rela berkorban jadi itung-itungan, disitu saya merasa aneh, dan curiga apa ada cewek lain di hatinya? Ternyata piling sy benar, dia deket dengan cewek lain seangkatan saya, sy kenal cewek itu, dan dia juga kenal sy, tetapi cewek itu kaga suka sama dia, cewek itu blum move on sama mantan pacarnya, dianya aja yg kegatelan ngejer2 tu cewek, lahh sedangkan sy yg tulus di abaikan, dasar BODOH! makanya sy mutusin buat ngilang setotalnya dari hidupnya, ngedelet contacnya lah, ngeblok semua sosmednya, tapi ada aja yg buat dia bisa ngehub sy lagi, dia bilang “ jangan kayak gini, walaupun kita udah kaga punya hub apa2 lagi tapi jangan sampai memutuskan silaturahmi kita,” merurut sy sih benerr kata2 dianya tinggal kita aja gimana caranya biarr jaga hatii, tapii menurut sy itu ga mudah, setiap dia ngecontac lagi sy baperr mba! Sy teringat sma momen2 kami dulu, makanya sampaii sekarang kaga move on, yg sy tanyain apa sy harus tetap ngilang dari hidupnya atau ngebales chat dari dia? Terimaksih…………

    1. Iya tinggalin aja, buat dia mungkin kamu ngga ada apa2nya sehingga gampang bagi dia melupakan. Tapi buat kamu ntar jatuhnya susah move on, jadi mendingan forget him find the new (better) man 🙂

  30. Kami sama2 telah menikah dan memiliki anak, kami bertetangga dan menjalin silaturrahmi dgn sangat baik.
    Saya mulai menyadari punya kekaguman yg lebih pada pria ini. Tapi saya berusaha menutupi perasaan ini sebisa mungkin karena saya sangat sadar ini tidak baik. Kian hari saya juga semakin meyakini kalau pria ini pun punya perasaan yg sama. Meskipun saya mengerti dia berusaha menutupinya juga. meskipun bertetangga kami jarang bertemu ataupun berkomunikasi. Sesekali saat tak sengaja bertemu kami bukan saling bertegur sapa tapi malah bingung mau ngomong apa, cuma saling pandang dan grogi…. Saya pun terkadang jadi tertawa sendiri dalam hati… Bagaiman bisa setua ini jatuh cinta bisa membuat diri jadi seperti ABG lagi….. Semoga allah menguatkan iman kami untuk menahan diri

    1. Banyak kegiatan dengan keluarga, fokus ke anak-anak, berusaha romantis dgn suami, dan ngga usah ketemu dengan tetangga itu lagi. Rumah tangga mbak lebih berharga daripada romantisme ABG.

  31. mbk saya mencintai seseorang tapi dia tdk mencintai sy. dan sy merasa dia kok sepertinya benci sama sy. memang kmi teman tapi tdk sedekat teman. sy selalu optimis suatu saat bisa mendapatkan dia. sy percya tuhan tidak akan mempertemukan tanpa sebuah alasan. selama ini sy hanya mampu menduga duga dan hanya bisa mengaguminya dari jauh. sy ingin mengungkapkan bhwa sy bukan sekedar mengagumi dia tapi sy blm berani untuk mengungkpkan karena sy merasa sy cewek yg tdk pantas untuknya. sy tidak ada apa apanya bila dibandingkan dgn cewek yg ada di sekelilingnya. menurut mbk sy harus gimana? tolong kasih solusi.

    1. BErteman terus saja ya, apalagi katanya kok dia kaya benci sama Noni. Dengan berteman dia juga akan jadi tahu Noni itu cewek yang bagaimana, dan biarlah dia memutuskan tetap berteman atau lebih dari itu 🙂

  32. Maaf sedikit lebay tapi sy pingin share tentang percintaan yang sekitar 14 thn yg lalu saya duduk di sekolah dasar sd…entah kenapa kok Waktu saya berumur 10 thn uda ngerasain nama nya cinta istilah nya lirik” lah waktu itu ngegodain kejar”ran dan kita saya waktu masuk kelas dia melihat saya. .saya pun melihat dia rasanya itu gmna seperti salting bgtu hehe..pokoknyq klou dia mau masuk kelas slalu q tunggu depan pintu..dan pada suatu hari kami mulai mau pengumuman kelulusan sd saya sdh mulai resah dlm hati saya klou saya uda smp apakah saya masih satu kelas sama dia yea. .waktu pun berjalan pengumuman pun uda di cantumkam kami lulus semua waktu itu..seperti ada yg lain di hati saya berdebar kencang dan slalu saja di pikiran saya hanya wajah dia yang muncul…saat itu jga saya sdh ngak lagi bertemu dng nya…dlm hati saya slalu semoga saya bisa bertemu dng dia meskipun hanya sekali. ..waktupun berlalu lama saya bertemu lagi dng teman sekelas saya jga lalu dia peluk saya sambil pukul” di pundak saya sambil dia bilang kmu slama ini dmna dan anak”uda tunggu kmu mau reonian tapi kamu ngak ada kabar menghilang dan saya bilang apakabar dng teman”kita dulu satu persatu dia kasih tau teman kita dulu ada yang masih bujang dan ada jga yg sudah berkeluarga seketika q bertanya sama si teman ku ini apakah si dia dulu yg perna q goda dia sdah berkeluarga apa blm lalu dia berkata blm sambil ketwa si temanku satu ni lalu dia kasih pin si dia itu..q senang sekali saya bisa melihatnya meskipun hanya di bbm dan instagram.. Dan saat itu juga menyatakan perasaanku yg saya pendam semua sudah terbayar meskipun dia lebih memili kita jadi teman saja tapi saya sudah puasssss. ..
    Makasiiiiii

  33. Perkenalkan Mama saya aldi (34 thn) sudah menikah dan punya anak 1. Usia pernikahan Kami sudah berjalan +- 9;tahun. Tp selama itu boleh dibillang tidak merasa kebahagiaan dan kenyamanan selama itu pula saya jalani apa ada nya, diawal-awal pernikahan istri cemburu dan itu wajar tp akhir2 Ini dya biasa2 saja. Terus terang kebersamaan saya dgn istri saya paksakan karena Kami sudah terlanjur menikah, ya mngkin Ini kesalahan saya yg sangat fatal dan ingin terburu2 menikah karena desakan keluarga istri yg terus menanyakan kapan dan secepatnya. Sehingga seolah2 saya terpaksa menerimanya mskipun agak terpaksa, perkenalan (masa pacaran) boleh dibillang singkat hanya 4 bulan dan langsung menikah sehingga Kami belum bgtu tahun watak dan perangai masing2 boleh dibilang istri saya baik dan tidak pernah neko2 tp jujur sebenarnya saya tidak begitu mencintai dya saya tidak lagi sayang dgn dya sehingga pernah berpikir utk sndiri dulu. Tetapi saya selalu mncoba utk tetapi bertahan, saya bingung mba apakah saya harus berpisah dengan istri? Atau tetap dilanjutkan?
    Terus terang beberapa tahun kebelakang saya mempunyai hubungan dgn wanita lain sebut sj mrs x, hubungan kami sangat harmonis saya lebih nyaman dgn mrs x, lebih srek dgn mrs x, saya lebih sayang dgn mrs x. karena dia bs membwt smuanya berwarna dan mengerti artinya kasih sayang, cinta, dan kehidupan mrs x trima saya apa ada nya dan sayapun bgitu. hubungan Kami sudah berjalan hampir 6 tahun selama itu kt tetap bertahan dan berjuang. Sebenarnya saya ingin menikahi mrs x, dan dya pun mw menikah dgn saya. Tp saya bingung mba disatu sisi saya sudah punya istri dan anak. Tp di sisi lain saya lebih nyaman dan lebih bahagia dgn mrs x. Kami tidak mw kehilangan satu sama lain. Kl memilih mngkin saya lebih memilih mrs x. Mohon bantuannya mba apa yg harus saya lakukan

    1. Yah yang pasti istrimu juga patut mendapat keadilan kan? COba dibicarakan dengan istri ya maukah dia dipoligami? TAnya Mrs X juga maukah dia dipoligami? Kalau salah satu atau dua2nya ngga mau, ceraikan istri tapi ALdi harus tetap tanggung jawab sama anak, bukan salah anak yah kalau keluarganya sampai berpisah. Bicarakan juga dengan Mrs.X apakah ok jika pendapatanmu berkurang gara-gara bayarin anak? Kalau Mrs. X ngga setuju, wah Aldi hidupmu bakal susah nanti 🙂

      Saya tegas begini karena kayanya kamu ngga mau lagi saya istrimu, daripada dipaksa ya sudah, istri dan anakmu berhak dapat ayah yang menyayangi mereka. Tapi semua ada konsekwensi ya.

  34. Mba aku mau curhat dan minta saran nya, aku wanita berusia 17thun(masih SMA) sudah bbrpa minggu kmrin aku dekat dgn guruku dia msih muda umurnya skitar 25 dia sndri yg awalnya ngedeketin aku dari nginvite di bbm, kmarin2 dia sering ajak jalan kaya nonton gitu. Dan skrg aku ngerasain baper kali ya klo bisa dibilang, apa rasa ini pantas buat seorang guru mba?dan aku juga gatau perasaan dia gmna ke aku,aku takut cuma aku aja yg terlalu masukin smua nya ke hati. Smentara kalau kita jalan aja dia bilang jangan blg siapa2 ketemen2 skolah ku. Aku takut aku nya udh ada hati gini taunya cuma buat iseng aja mba,dan kalaupun untuk nanya apa mksudnya dia ngedeketin dari awal aku gak brani nanya nya. Krna di samping itu dia guru aku juga. Tolong saran dan pencerahan nya mba. Makasih 🙂

    1. Kalau ngga salah di sekolah ada etikanya, kalau murid dan guru ngga boleh pacaran. Dikhawatirkan nanti ada ketidakobyektifan. Saran saya hubungannya begini aja jangan kemana-mana, tapi nanti kalau kamu sudah lulus baru deh diomongin sebaiknya gimana. Satu lagi, bicarakan dengan orang tuamu ya.

      1. Kak curhat dong, aku suka sama satu cowo. Dia orangnya pendiam, jarang ngomong juga kecuali sma temennya.
        Kadang kala aku ngode dia nih ka.. aku ngerasa kalo dia juga ngode balik.. kaya pas pulang dia juga ngikuti dr belakang, ga brni natap mata langsung, nunggu di depan gerbang.
        Tapi kami ga prnah komunikasi/chat/bicara sejauh ini ka. Mnurut kaka gimana? Dia bnran ad rasa atau hanya aku aja yg ke’gr an?

      2. Mba indri saya sedang menjalin kasih dengan perempuan yg saya cintai kurang lebih 1,5 th. saya dengan dia satu kantor. Awalnya sy dibohongi dia selama 8 bulan dia menutupi statusnya sbgai janda dengan anak, dulu tiap saya mau main k rmhnya saya dilarangnya dengan alasan yg tdk jelas smpe akhirmya sy tau alasannya krn sy tdk boleh tau kalo dia itu janda stlah tau dia janda awalnya sy tidak bisa menerima krn sy orangnya paling tidak bisa kalo pnya hub dibohongi tp dia ngancem kalo kondisi dia lg hamil anak saya. Saya sbnarnya bisa menerima anaknya dr prnikahannya yg dulu tp yg sy tdk bsa terima adalah kehadiran bapaknya anak itu atau mantan suaminya pacar saya suka ktmu mantan suami diam diam tanpa pengetahuan saya. sy tau itu dr hp pacar sy. Wktu sy suruh ngaku dia akhirnya ngaku dengan alasan anak.Sy bingung harus gimna mau ninggalin tp ga sanggup krn mungkin sy sngt cinta begitupun dia. Ortu sy blm tau dia bgitupun ortu dia. Sy bimbang mohon pencerahan

      3. Sy kok menganggap dia memanfaatkan anda ya? Menurut sy jgn menceburkan diri dlm kehidupan dia dan mantan suaminya yg rumit, mending cari wanita baik2 yg tlg deh dijaga shg ngga ada lg cerita ada wanita ngancam2 mengandung anak anda.

  35. Saya mau curhat, saya umur 20 thn dan pasangan saya umur 17 kita beda agama si dia beragama katholik dan saya muslim,kita saling mencintai ttp ortu dr pasangan saya tdk setuju krna perbedaan itu, entah karena perbadaan atau karena ekonomi, saya umur 20 thn seharus nya kuliah tp karena biaya saya memutus kan untk bekerja,sedangkan pasangan saya bisa d bilang anak orang kaya yg sbntar lagi akan kuliah,kalau di ortu saya mereka bisa menerima pasangan saya yg berbeda agama ttp kalau di ortu dia gak bisa dan pada akhirnya kita putus dengan rasa yg saling tidak ikhlas, si dia mencoba untk cari pasangan yg se iman sudah dapet sih tp aku yakin hatinya masih ada aku karena tiap hari kita ttp chat dan dia ttp kasih perhatian k saya sedangkan saya sulit unk mencari penggantinya lalu sy memutuskan untk tdk mencari cinta lg biarkan jodoh datang dgn sendiri nya dan saya bilang k dia kalau saya akan menjadi kk mu yg baik dan sll ada di saat kmu butuhkan karena untk menyatukan cinta kita lagi bagaikan membakar daun yang basah.

    Mohon pendapat nya trimakasih

    1. Ada dua kendala, yg pertama beda agama, yg kedua resti ortu. Dua hal ini berat kalau dilanjutkan betapapun kalian saling mencintai. Saran sy cari calon lain ya krn kita hidup ngga dgn perasaan skrg aja tp utk selamanya. Smg bs move on ya dan menemukan yg lebih baik 🙂

  36. Hai mba indri saya ingin sharing sedikit dan semoga mba bisa bantu saya cari solusinya.
    Saya pernah punya hubungan 6thn,kami putus karna tdk di restuin oleh orangtua saya. Tapi karna saya sayang sama dia saya coba terus pertahankan tapi itu hanya berlangsung 2 thn sampai ada suatu kejadian yang bikin saya down, menyerah dan memang harus pisah. Awalnya saya fikir ketika saya down ketika saya butuh dia untuk bantu saya pertahankan dia bisa tapi ternyata diluar dugaan saya dia memilih pergi dan mengakhirinya juga dengan alasan kasihan sama saya dan gamau liat saya terus2 an seperti ini.
    Akhirnya dapat hampir 1thn pisah dia sudah punya pacar lagi dan saya liat dia bahagia sama pasangan nya. Tapi saya? Saya belum bisa seperti dia, saya sudah ikhlas saya sudah relakan dia karna mungkin memang saya bukan sama dia jalannya. Tapi kenapa sampai sekarang saya susah buat jatuh hati lagi sama orang lain dan kadang ketika saya sudah suka dengan seseorang rasanya untuk memdekatinya saja saya gatau harus memulai awalnya seperti apa. Terima kasih sebelumnya mba indri 😊

    1. Jgn membandingkan yg baru dgn yg lama, eksplor apa lg kelebihan yg baru, kenyamanan yg kamu dpt dan cob hargai org lain lebih bnyk. Yg lama jelas2 sdh meninggalkanmu, masa tega sih msh nungguin 🙂

  37. Malam mba indri,
    Saya mau curhat, umur saya 25 dan mantan saya 22, 2minggu yang lalu saya baru putus dengan pacar yang sudah berjalan 2tahun karena dia selingkuh, memang dia blm pacaran dgn pria itu saat sebelum putus tp dia memberikan alasan putus karena lebih memilih pria baru ini dan skrang mereka sudah jadian.
    Alasan utama dia memilih pria itu karena sudah siap menikah dan lebih romantis. Saat kami pertama jadian kita berdua sharing tentang “do and dont” dihubungan kita, dan dia menerima jika saya cuek dan kurang romantis. Kita pun setuju akan komitmen nikah setelah saya umur 27 disaat karir saya sudah nyaman. Kronologisnya 2minggu sebelumnya dia jg minta putus karena pria ini tp akhirnya minta balikan lagi karena alasan sadar, eh seminggu setelah balikan dia bohong dgn jalan2 bdua diam2 dan akhirnya dia minta putus tanpa diskusi dahulu.
    Saya sudah sgt berharap sama dia padahal, tp dia tiba2 berubah 180 derajat.
    Saya skarang sering menyalahkan diri saya yang ga bisa memenuhi keinginan dia, karena secara agama menikah memang jgn ditunda2, salah kah pola pikir saya yg menyalahkan diri sendiri? lalu apakah yg dilakukan mantan saya itu benar? Setelah ini, akan lebih baik saya menjauh atau bagaimana? sejujurnya saya msh ingin balikan.
    Terima kasih, maaf kepanjangan 🙂

    1. Sebaiknya ngga usah balikan dgn org yg ngga setia. Kali ini dia sdh begitu, ntar klo kejadian lg gimana? Msh sanggup menerima? Move on aja deh ya, bnyk kok wanita yg berusaha setia dgn pasangannya 🙂

  38. Aku lagi ngalami, rasanya sakit sekali. Aku sudah menilah 10 tahun, tapi hatiku tetap yak bisa mencintai suamiku,aku hanya menyayanginya…..dulu aku memutuskan menikah dengannya karena aku sudah terlalu kecewa menunggu dia yang sangat kucinta, lagipula suami dan keluarganya menerimakau apa adanya….
    Hingga akhirnya 4 bulan yang lalu aku mencari tau tentangnya d jekaring sosial. Bagai gayung bersambut kami akhirnya komunikasi, dr akunya aku tau dia sudah menikah 7 tahun dan punya sepasang anak, sama dengan aku yang sudah miliki anak 2, dari sana aku tahu kalau dia juga mencintaiku dari masa smp, ternyata lebih dulu dibandingkan aku menyompan perasan itu….
    Singkat cerita kami jadi sering chating..

    Dan perasaan ini pun tambah menjadi….aku menikmati perasaan ini lagi setelah sepuluh tahun hidup dalam rumah tangga yang hambar…Tolonglah aku….aku ingin sekali perasaan ini hilang, tapi betul-betul tal sanggup…ada lebih 4000 malam kulalui dengan menangis dalam diam karena menahan rindu…..

    1. Ngga perlu dibuk lg kenangan lama, kita hidup di jaman skrg, demi masa depan. Kalau dibuka kembali trus kpn mau majunya, pdhl waktu berjalan terus. Lupakan mantan dgn kesibukan di kelurga maupun lingkungan. Ikutkan suami dlm berbagai kegiatan, mgkn dia memang lebih layak utk dicintai 🙂

  39. Hi Mbak Indri, sblumnya perkenalkan saya seorang pria (umur 30an, saat ini sdh menjalin hub pacaran bbrp tahun dan bbrp thn blkgan kami LD. Beberapa hari yg lalu teman curhat dan kitanya pergi minum dan nongkrong. di saat yg sama saya bertemu dan berkenalan dgn anak abg yg baru berumur 17 (msh smu). Di saat itu kita ngobrol dan saling bertukar no telp. Keesokan harinya si cewek mulai sms dan semakin hari rasa2nya semakin dkt. Saya tipikal org yg tdk mudah jatuh pd cewek, hal itu memank dibuktikan dgn slama saya jln dgn pacar sebelumnya dlm wkt yg lama…. Slama ini pun saya dan tmn jarang sekali pergi kluar nongkrong, wkt saya byk saya hbskan utk bekerja di kantor. Dari pembicaraan saya bersama ce abg yg baru saya kenal, saya ketahui bhw dia adalah ce yg sangat polos, ngomong apa adanya dibarengi wajahnya yg innocent (dia seorg model)….saya sempat bingung ketika dia menyatakan rasa sayangnya kpd saya, awalnya saya jg menduga mungkin itu hanya celoteh biasa dri seorg anak abg yg msh labil, namun disisi pembicaraan saya melihat jg sisi kedewasaannya yg menunjukan bhw dirinya memank tulus. Slama ni saya sdh kenal dan srg ngobrol dgn berbgai kalangan wanita dgn sgala rayuan namun saya bs sadari yg mana yg menunjukan ketulusan…Saya merasa bersyukur walau pun umur saya sdh mencapai 30an namun raut wajah saya msh disenangin anak2 abg, hal ini jg terbukti dr perusahaan2 tmp saya bekerja sblumnya baik secara langsung mau pun tdk langsung yg mengungkapkan rasa kpd saya, namun slama ni tak prh saya tanggapin. Yg membuat pikiran saya adalah gmn saya hrs menghadapi situasi skrg ini, wajah lugu nya slalu mengena di pkran saya, saya takut hny akan mengecewakannya di lain sisi saya takut kalo dia menyakiti dirinya (terjerumus hal2 negatif)

    1. Sepertinya anak abgnya jg ngga lugu2 amat, malah dia sdh berhasil membuat lupa pria dewasa 🙂 Bs cek dr komen2 yg msk ke sy dr anak2 abg, mrk terutaa cewek, ngga berani utk mengungkapkan suka ke lawan jenis. Apalagi inisiatif sepetinya dr abg ini ya. Saran sy dipikirkan lg, jika tnyt sdh mantap utk menjalin hubungan dgn yg baru dgn semua baik buruknya, pacar anda perlu tahu. Mesti adil dong krn kita ngga bs jalan dua2nya tanpa keduanya mengetahui posisi mrk sebenarnya sama.

  40. aku punya pacar sudah 2 tahun kami sama2 nyaman bahagia bersama saling mengerti satu sama lain saling mencintai masalahnya di hubungan kami berdua tdk ada masalah pribadi antara kami, kami rasa cocok tetapi keadaan yang tidak sesuai dimana ibu dari pasangan sy sangat keras dan suka mengatur suka memajak anankya sampai2 anaknya tdk punya tabungan sama sekali sedangkan sy sudah capek pacaran mulu hanya buat dosa sy ingin menikah sedangkan pacar sy belum siap financial tiba2 ditengah perjalanan ada 2 lelaki yang ingin melamar sy berniat baik menikahi sy tapi 2 orang ini tdk pernah sy kenal sebelumnya hanya mereka yang kenal sm sy dan sering liat sy tapi sy tdk sama sekli tau walaupun mereka di hadapanku tp sm sekali sy nda kenal.. lamaran cowok pertama sy abaikan dan lellaki itu menghilang juga sy tetap memperahankan pacar sy dan menunggu dia kami lanjut menjalani hubungan tapi keadaan semakin rumit karena ibunya selalu tidak merestui anaknya selalu memksakan kehendak dalam melakukan pekerjaan pacar sy dari keluarga broken home ibunya seorang PNS bgitupun Bpaknya dan dia memiliki Ibu tiri pengusaha disni ibunya selalu cemburu ketika anaknya tinggal bersama ibu tirinya sy mengerti perasaan ibunya tapi anaknya walaupun tinggal bersama ibu tirinya dia juga rasa sayangnya tetap untuk ibu kandungnya tetapi karena ibunya yg suka pikiran negatif jadi selalu bertolak belakang ibunya sdh 2x bercerai mungkin krena keras kepalanya trus banyak cerita2 negatif ttg ibunya yang tdk seharusnya sy dengar makanya sy slalu negatif sm ibunya dan juga memang banyak fakta yang sy liat sperti itu sy slalu negatif dan tdk enak dg ibunya.. yaa karena masalah ini berhubungan dengan keluarganya yang rumit sy menyadari sy tdk suka dengan ibunya dan sy tau anak tdk akan bisa dipisahkan dr ibunya terutama anak laki2 dan sy tdk mau jadi anak durhaka sm ortu akhirnya sy memutuskan utk berpisah karena masalah yang sering muncul hanya dari pihak ibunya dan adik2 tirinya sy tidak sanggup .. kemudian ada yang datang mlamar banyak nilai plusnya memang perasaanku masih sm pacarku p keadaannya yang meragukan sy memutuskan untuk menerima lamaran laki2 yang bru sy kenal karena dari sisi agama keturunan kemapanan dia punya sy percaya perasaan itu bs tumbuh seiring dg berjalannya waktu ketimbang sy bertahan dengan perasaanku sm pacarku tapi keadaan yang sy tdk snggup jalani hanya akan makan hati… pertnyaannya apakah sy seseorang yang tega meninggalkan pacar yang sangat baik tdk ada masalah pribadi dr dirinya sndiri tapi karena keadaan mau tidak mau harus sy tinggalkan?

    1. Agak pusing sy bacanya krn tdk ada tanda baca 🙂 Pendapat sy sepetinya pacar anda peragu dan ngga punya power utk mempertahankan pendiriannya. Yakin pria seperti itu bagus jd kepala keluarga ? 🙂

  41. Mbak mau curhat ini, saya punya mantan yang benar benar saya cintai dari SMA sampai saat ini, kondisi saya sudah menikah dia juga sudah menikah, awal cerita 2002 kita putus (cinta SMA) disaat saya kuliah dia mencari saya terus akhirnya saya bertemu tahun 2004 tetapi dia sudah menikah, saya menjalin pertemuan hanya sebentar dan meninggalkan dia dikarenakan saya tidak mau mengganggu rumah tangga dia, tahun demi tahun berlalu dia masih mencari saya sampai dengan tahun 2014 melalui teman teman saya, dan akhirnya dia tahu no HP saya dan saya berkomunikasi serta bertemu, dalam pertemuan tersebut saya melihat secara tingkah laku dia berubah, tahun 2014 sampai dengan 2016 saya bertahan dengan hubungan ini sembari mencari apa yang menyebabkan prilaku dia berubah drastis dengan menjalani kehidupan negatif, selama perjalanan hidup dia ternyata dia saya amati dimanfatkan suami secara ekonomi, hingga prilaku dia rusak dan negatif, dia memang sangat mencintai saya dan saya sangat mencintainya sampai sekarang,,,saya tidak terima dengan keadaan dia karena telah dirusak oleh suaminya.. dia juga pernah bilang ke suaminya kalau saya dan dia nggak bisa dipisahkan… pertanyaan saya?

    1. Apakah saya boleh menyarankan dia untuk menceraikan suaminya, karena saya tidak tahan melihat dia seperti itu (dimanfaatkan) karena kasihan dengan masa depan anak anak mantan saya?
    2. Apakah benar seorang lelaki yang mencintai istri membiarkan istrinya mencari uang dengan om om genit (kareana bila bertengkar selalu mengatakan aku benar benar cinta kamu ke mantan saya dan selalu anak dibuat senjata suami mantan saya) ?
    3. Apa lebih baik saya meninggalkan mantan saya dengan keadaan seperti ini ?

    Mohon nasehat mbak terima kasih

    1. 1. Sebaiknya cari tahu tdk hanya dr mantan anda aja krn kebiasaan org klo ngga cocok sukanya jelek2in pasangan biar ada excuse utk menceraikan. Tentu ada alasan jg kan knp sanpai skrg dia ngga berani minta cerai, mgkn ada kelebihan suaminya yg dia jg ingin pertahankan
      2. Sama seperti no 1, cek dulu
      3. Sepertinya begitu, biar dia menyelesaikan masalahnya tanpa ada hadirnya org ketiga yaitu anda, setelah dia resmi berpisah baru kita pikirkan langkah selanjutnya. Pisahkan dua masalah yg ngga berhubungan ini, sekaligus utk menghindari fitnah perceraiannya murni krn anda berdua.

  42. Mbak Indri saya mau minta masukan dan solusi dari mbak Indri… Karena saya bingung belum ada jalan keluar…
    Saya perempuan berusia 24 tahun, bekerja di perusahaan swasta, awal saya masuk bekerja di perusahaan saya mengagumi atasan saya yang sudah berkeluarga.. Padahal saat itu saya sudah memiliki kekasih tapi karena kedekatan saya dengan atasan saya dan seringnya kita curhat mengenai hubungan saya dengan pacar saya akhirnya hubungan saya berakhir..
    Sekitar 8 bulan lalu kedekatan saya dengan atasan saya semakin dekat mbak, saya terjebak kedalam hubungan terlarang saya sebenarnya merasa dosa dan bersalah mbak… Tapi ada beberapa faktor yang saya sulit untuk lepas dari dia mbak
    Pertama jelas kalau saya anggap saya menyayangi dia dan ikhlas menerima dia sudah dimiliki orang lain. Kedua ketika saya menjauhi dia sikapnya berubah mbak di kantor, dan dia selalu menyangkut pautkan urusan pribadi dengan kantor contohnya apabila kita selisih pendapat karena urusan pribadi dikantor dia malah menggap saya tidak ada ketika saya minta ttd dia malah tidak mau mbak.. Padahal saya butuh tanda tangan itu menyangkut perusahaan…
    Ketiga saya masih butuh pekerjaan itu mbak karena saya masih butuh uang untuk mencukupi hidup saya mbak apabila saya keluar dari perusahaan saya bingung mbak mencari uang untuk kebutuhan hidup saya
    Ke empat dia memang bisa merubah saya mbak dengan sikapnya karena saya tadinya bukan tipikal perempuan yang sedang berdiam diri dirumah dan dia pun pernah membantu saya mbak pada saat saya ada masalah besar di keluarga

    Mohon solusinya mbak

    1. Atasan anda telah memanfaatkan anda, ya cinta terlarang krn dia sdh berkeluarga, dan memeras anda lewat wewenangnya. Mungkin bs dgn melaporkan ke atasan yg lebih tinggi lg dgn berbagai resiko, atau pindah kerja. Lihatlah potensi diri, memangnya cuma prsh itu sj yg mau? Jdkan masalah ini sbg pelajaran spy jgn berhubungan dgn pria yg sdh berkeluarga, apalagi atasan sendiri 🙂

  43. mbak aku baru putus sekitar januari kmrn. sampe skrg aku masih berhubungan sama mantanku dan suka jalan sama mantanku. dia masih nolong aku klo susah tanpa diminta. kmrn aku sempet jalan sama dia dan sikapnya dia juga masih kaya pacaran gitu. dia juga masih suka cerita tentang hal2 yang privasi kaya dulu. kita juga masih chatan walaupun dia balesnya agak lama dan ga panjang2 kaya dulu. dia juga jujur kalo lagi deket sama banyak cewe, tpi dia bilang kalo dia cuma deket aja. gamau pacaran, intinya dia bilang mau sendiri dulu, gamau pacaran sama siapa2. aku takut baper lagi mbak, mbak itu kira2 sikapnya dia gimana ya mbak? apa dia sebenrnya masih sayang? alesan dia gamau balikan kenapa ya mbak? pdhl dia juga gapacaran sama siapa2?

  44. mbak, sebagai pria single aku mau curhat juga…
    saya bisa dibilang penyuka sesama.. jujur saya sbnrny tdk mau hidup dlm posisi sprit ini, tapi entahlah muncul begitu saja yg sayapun tdk tau dari mana asalnya…

    karna sy sadar menyukai sesama bahkan cepat mencintai orang yg baik trhdp sy, maka dari itu saya tidak melanjutkan bekerja diperusahaan.. krn disana sy sulit mengontrol hati saya yg sering melihat yg saya cinta tiap hari dan bawaan galau selalu… (ada saja yg saya cinta)

    saya tidak pernah mencurhatkan rasa keinginan/mencintai seseorang sesama jenis kepada yang saya cintai… karena saya tau kodrat saya adalah laki-laki…. saya sekarang memilih untuk menjadi pedagang saja…

    nasib, saya punya pelanggan yang baik sekali dengan saya.. disamping saya berdagang dia menganggap saya seperti adiknya karena dia memang lebih tua 10 tahunan… banyak masukan positif darinya dan disuruh mendekatkan diri kepada sang Pencipta agar bisnisku lancar…

    dia sudah menikah dan punya anak, kadang hati saya menangis selalu kenapa saya mudah sekali jatuh hati… kalau dia datang dengan ceramahnya… saya ingin sekali memeluk dan menangis diahadapnya… namun hanya balas senyum mendalam saja… jika saya seorang perempuan maka saya sudah memantapkan ia-lah tipe saya dan ingin hidup bersama dengannya… namun sekali lagi sya sadar kodrat saya dan saya sadar ia adalah suami dan ayah dari keluarga kecil mereka…

    semakin hati saya sedih, akhirny saya memutuskan merusak hubungan kerjasama dengan beliau karena saya takut akan menjadi sedih selalu dan takut beliau tau sebab saya mencintainya. setelahnya putus hubungan ini saya rindu dengan dia mbak dn kerap kali saya menangis…… 😥

    mbak saya bingung dengan kehidupan saya, sedih hidup tanpa cinta yang tak bisa sy miliki…
    ada solusi mungkin mbak…. trmksh…

    1. Sebaiknya jgn dilanjutkan hubungannya krn dia sendiri sdh berkeluarga dan sy lebih suka klo mas kembali straight 🙂 Melupakan bs dgn mencari yg baru atau dialihkan ke kegiatan postif lainnya

  45. Assalamu alaikum pagi mba
    Saya riza saya usia 40 thn dan status janda beranak 3.saya menjalin hubungan dengan seorang cowok pakistan usia 24 thn awalnya sempat kaget klu usia dia begitu mudah..dan dia juga kaget gak menyangkah tapi krn sama2 terlanjur suka akhirnya kami lanjut.saat awal kenalan dimedsos dia dipakistan dan saya di jkt dan sekarang dia lanjut study master di iran.kami bertahan krn kami punya mimpi bahwa dia selesai studi tinggal 1,5 thn lagi lalu dia ingin ke indonesia kerja sebagai tenaga ahli ,waktu berjalan 8 bulan awalanya kami chat biasa dg panggilan special masing2.tapi lama ke lamaan dia minta vidio chat lalu mengarah keinginan dia untuk masturbasi lewat vidio call..2 kali saya penuhi keinginan dia..tapi saya pun akhirnya sadar bahwa resiko buat kesehatan tidak baik dan itu dosa tentunya.maka setiap kali dia minta saya pun berusaha menyadarkannya..seiring waktu komunikasi kami pun jarang saya sibuk melakukan bisnis tujuan bisnis ,saya sdh jelaskan saya ingin kumpulkan uang agar bisa bertemu dia.dan untuk mengusir rasa kangen padanya saya sibukkan dg kegiatan organisasi dan sosial juga sebab saya ingin terlihat dimata dia saya wanita mandiri gak cengeng dan aktif..terakhir dia minta saya untuk vidio call lalu jika vidio saya berfikir nanti mengarah kesana lagi..tapi dia bilang i not demand it,tapi krn saya capek saya gak bisa ke vidio saya bilang saya mau sholat magrib setelah itu isha..lalu dgn ketusnya setelah itu tahajjud .
    Setelah 2 harian saya buka fb dia posting sesuatu tentang pakaian dia yg hitam lalu aku koment dg maksud menancing perhatian dia tapi yg buat saya kecewa dia bilang dont be afraid friend i’m not dracula im human.saya kecewa krn dia baru kali itu menjawab koment saya tapi dg hanya panggilan friend.
    Lalu saya diam tapi kemudia dia messenger saya dg panggilan special..saya marah menganggap dia tdk serius dg aku seolah dia takut dg wanita lain.dan dia menyangkal no way!tapi sayapun sadar ok saya pahan its no matter .forget it.lalu ada wanita lain customer saya ternyata berteman baru beberapa hari ,klu aku gak aktif si perempuan ini mencoba merayunya dan postingan dia pun mendapat like oleh cowoku tapi aku knp gak dia like..bukankah ini menguatkan fikiranku klu dia berusaha dekat dgn customerku makanya aku dipanggil friend.saya tanya baik2 malah dia menuduhku kamu punya kepercayaan yang lemah .apa salah saya mengingatkan..apa salah saya bertanya..spt itu?lagi2 dia marah dan cuek..saya meminta maaf klu saya salah berfikiran spt itu dan janji mau berubah tapi jawabannya gak usah berubah hanya untuk dia..itu sdh cukup klu kamu punya kepercayaan yg lemah padaku..saya belum.punya wanita yang lain tapi saya akan mencoba mencari wanita yang mencintai saya..saya masih mudah dan kamu sdh punya anak2..lebih baik jaga anak2mu.
    Saya tahu..dlm keadaan marah cowok apapun yang dia ingin bilang maka akan keluar.dan saya berusaha sabar.
    Mba..kenapa dia tidak mau klu saya akan lebih care lagi padanya..lalu knp dia sangat marah hanya krn saya keberatan customer saya knp begitu mudah dia accept pertemanan .dan saya hanya dianggap friend distatusnya..knp tidak like status saya tapi like status cust aku.
    Katanya dia mau unfriend agar aku percaya klu dia tidak ada hubungan dg cust aku tapi kenyataannya dia tdk unfriend.
    Terakhir saya minta kepastian bagaimana dg kita krn dia tdk ada tanggapan sama sekali padaku maka aku tanya baik2 apa yang sebaiknya sekarang kita lakukan apakah kamu ingin kita akhiri hubungan ini?saya mohon reply me.lalu dijawab krn kamu terlalu buruk kepercayaanmu pada saya itu semua cukup untuk mengakhiri.
    sedih banget jawaban yg tidak aku inginkan..skrg menurut mba gimana apakah kasus saya itu krn tipe cowo yg mau bersenang2?dan tidak perlu saya harapkan lagi?
    Mohon pencerahannya.mba mksh wassalam
    Riza

    1. Mbak kalau saran saya sih jgn terbawa perasaan dgn cowok yg ngga jelas di ujung sana yg sdh jelas keinginannya hanya mengambil keuntungan dr mbak. Mending ngurusin yg nyata aja mbak lebih bs kepegang meski ada jg sih yg nipu, tp di medsos lebih ngga karuan lg. Smg sadar y mbak, maaf sy lama membalasnya, smg mbak baik2 sj.

  46. Kaka saya udah lama suka sama seseorang tapi dia nggk pernah tau kak, aku tau dia udah punya pacar kak, tapi aku masih keinget dia kak aku sama dia kenal di organisasi, kak tepat 1 th ini aku jadi secret admirernya dia .

  47. Saya mau tanya nih mbak,,, Sama gak yang pacaran sama yang gak pacaran tapi dia menjaga hati buat ssorang yang dia sayang?
    Mohon masukkan dan sarannya terimakasih,,,

  48. Mba, saya dewi 26 thn. Sudah menikah dan memiliki satu orang anak. Saat ini sudah 3 tahun menikah dengan suami saya. Saya dan suami sudah berpacaran kurang lebih 7 thn. Sebenarnya saya dulu tidak ingin menerima lamaran suami karena sudah tau sifat dan karakternya seperti apa, namun orangtua saya memaksa menerimanya karena suami saya ini termasuk pria mapan. Singkat cerita, sudah 3 thn menikah dengannya, saya merasa suami sudah tidak seperti masa pacaran dulu, tak lagi merayu, menggoda, memuji saya, lalu saya akhir akhir contact dengan seorang pria yang saya kenal di dunia maya jauh sebelum saya menikah dengan suami. Singkat cerita ,kami saling mengakui saling menyukai satu sama lain. Pria ini mengajak saya jalan berdua dan bertemu namun saya menolak karena sudah menikah, entah mengapa pria ini meyakinkan saya bahwa iya sangat menyayangi saya, jadi karena saya merasa tidak bertepuk sebelah tangan, saya pun membalas perasaannya itu. Sekarang, saya bingung. Apakah harus memenuhi keinginannya jalan berdua dengan saya ? Saya kuatir ini menjadi pembukaan awal menuju perselingkuhan nyata, sementara saya terus memikirkannya mbak. Saya sulit sekali melupakan pria ini. Mohon sarannya ya mbak

    1. Pria di dunmay itu cuma berani di internet doang mbak, utk menghadapi suami mbak dia ngga akan berani. Bahkan ketika mbak sdh pisah sm suami tanpa usaha dr diapun, dia ngga akan berani menanggung hidup mbak. Jd hentikan ini semua dan mulai merawat apa yg ada di depan mata, suami dan anak2. Semoga pernikahan mbak bahagia ya, komunikasinya saja diperbaiki.

  49. Mba, saya mau curhat. Jadi, saya dan pasangan ini sudah saling mengenal bbrapa bulan dan saling mncintai. Sebelum perasaan kami ini semakin dalam, dia prnh mengingatkan saya kalau dia sebenarnya memiliki ‘tanggung jawab’ kpd mantan kekasihnya, tapi saat itu saya tidak peduli karna mereka sudah berpisah 4 tahun, dan pasangan saya pun jg sudah tdk punya rasa sama wanita itu.
    Dia mencintai saya dg tulus, saya pun begitu. Kami jg sudah merencanakan banyak hal untuk masa depan kami, tinggal menunggu waktu yg pas saja.
    Tapi, pd suatu hari, mantan kekasihnya ini menghubungi pssangan saya, dia bilang dia tidak terima kalau pasangan saya itu meninggalkan dia dan memilih saya, dia menuntut tanggung jawab pada pasangan saya dan bahkan dia mengadu pada orgtuanya dan memaksa agar pasangan saya harus bertanggung jwab pada dia. Padahal, jika di lihat lagi, pasangan saya bahkan tidak merusak kesuciannya, hanya menyentuhnya, kesuciannya bahkan masih utuh. tapi si wanita ini tetap menuntut tanggung jwb, dan mau tak mau pasangan saya harus menerimanya walaupun terpaksa karna dia memang hrus bertanggung jawab.
    Saat ini kami bingung, kami benar2 saling mencintai, sama2 tidak bisa saling melepaskan, tapi mantan kekasihnya tidak mau mengerti keadaan kami, ia terus menuntut agar pasangan saya tetap bersamanya. Tak peduli jika sekalipun mereka menikah nanti, pasangan saya tidak akan mencintainya, tp wanita itu tetap kekeh karna yg penting pasangan saya bisa jadi milik dia. Saya dan pasangan jd bingung, harus berbuat apa. Mohon prncerahannya mba

    1. Perlu ketegasan dr pacar mbak utk memutuskan hubungan dgn pacar, dan bs menjaga kepercayaan mbak. Itu urusannya dia dan mantannya, mbak ngga perlu terlibat nanti tambah ricuh. Smg pacarnya bs lebih tegas ya mbak.

  50. Mba indri..
    masih bisa komentar kah?? 😁
    ada yg mau d tanyakan..
    sangking bingung nya harus cerita kemana😥😥

Komen? Silakan^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s