IPOLEKSOSBUDHANKAM Calon Suami Idaman

Dear Single, apa kabar malam ini? Masih sendiri? Bagaimana kalau kepedihannya saya tambahi, dengan membahas kriteria calon suami?

Becandaaaa…becanda…kalimat pertama jangan dibaca yaaa^_^

Niat saya sih ingin berbagi pengalaman, supaya para single punya gambaran. Buat single woman mungkin bisa mengutip kriterianya, sedangkan buat single guy bisa terinspirasi dengan kriteria ini.

Supaya mudah, saya pakai istilah waktu cerdas cermat P4 dulu, yaitu IPOLEKSOSBUDHANKAM. Semoga masih pada inget ya singkatan dari apa, soalnya saya malas neranginnya…hehehe…IPOLEKSOSBUDHANKAM ini digunakan sebagai aspek ketahanan nasional. Kalau saya akan menggunakannya sebagai ketahanan kehidupan berkeluarga, biar ngga gampang goyah dan galau menghadapi kondisi yang dinamis, yaitu godaan dari pihak ketiga, PHK sepihak, ikut campurnya mertua, dan masalah-masalah lain dalam keluarga.

Kriteria yang wajib dimiliki calon suami adalah:

Ideologi
Pengertian Ideologi adalah suatu sistem nilai sekaligus kebulatan ajaran yang memberikan motivasi. Calon suami sebaiknya yang sudah mantap orangnya. Maksudnya agamanya kuat, akhlaknya kuat, motivasinya kuat, pokoknya orangnya bersungguh-sungguh deh mau membangun keluarga yang utuh, mulai saat ini dan selamanya. Bukan hanya kata, tapi dibuktikan dengan sikap dan tindakan.

Politik
Politik diartikan sebagai kondisi dinamik yang disikapi dengan keuletan, ketangguhan dalam menghadapi dan mengatasi tantangan, ancaman, hambatan, serta gangguan yang datang dari luar maupun dari dalam secara langsung maupun tidak langsung. Fiuh. Panjang ya…

Seorang suami ngga boleh gampang menyerah, apalagi sampai bunuh diri meninggalkan keluarganya saat persoalan melanda. Atau kabur dari rumah karena dikejar-kejar debt collector. Apapun masalahnya, dia harus tampil sebagai pemimpin yang patut diteladani istri dan anak-anaknya.

Ekonomi
Perekonomian berarti pemenuhan kebutuhan keluarga. Tidak perlu cari calon suami yang pengusaha ternama, yang penting punya pekerjaan atau usaha yang bisa diandalkan, untuk membiayai hidup keluarganya.

Sosial
Sosial adalah pergaulan hidup manusia dalam bermasyarakat. Bagaimanapun, kita dan calon suami adalah dua orang yang berbeda. Punya keluarga, punya teman lama. Calon suami sebaiknya menyesuaikan diri dengan lingkungan kita, demikian pula sebaliknya, pasti mulus deh restunya kalau bisa mengambil hati mertua. Selain itu jangan anti sosial deh, karena suatu saat kita akan hidup bertetangga, merekalah saudara terdekat kita.

Budaya
Budaya adalah sistem nilai yang merupakan hasil cipta, rasa dan karsa manusia. Biasanya akan jadi masalah jika calon suami berasal dari suku atau bangsa lain. Ada kebiasaan-kebiasaan yang mungkin aneh bagi kita. Hendaknya dibicarakan dulu sebelum menjadi persoalan yang lebih besar. Otherwise, abaikan, jangan dibesar-besarkan.

Pertahanan dan Keamanan
Ah ya, kalau yang ini, berusaha mengamankan kehidupan keluarganya dari tantangan, ancaman dan gangguan. Bentuknya bisa sesimpel mengambil sisi kanan saat berjalan di bahu jalan, mengawasi saat kita belanja, atau tak sungkan bermain dengan anak di taman, sambil menjaganya. Apapun ia lakukan agar keluarganya terlindungi.

Huf. Semoga materi malming kali ini tidak terlalu berat ya. Karena yang paling berat adalah….menemukan sosok pria seperti itu ^_^

20130202-195924.jpg
***
Sumber gambar: pinterest.com
referensi:
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/04/ketahanan-nasional-dalam-aspek-ipoleksosbudhankam-terhadap-kehidupan-berbangsa-dan-bernegara/

Advertisements