Kasih Sayang Ayah di Hotel Transylvania

Image

Film kartun 3D Hotel Transylvania ini cukup menarik dan lucu karena mengumpulkan dan menampilkan semua tingkah konyol super-monster di satu hotel. Ceritanya mereka akan menghadiri pesta ulang tahun ke 118 yang diselenggarakan oleh pemilik hotel, Dracula (Adam Sandler), untuk anak perempuan satu-satunya, Mavis (Selena Gomez). Istri Dracula sendiri telah meninggal.

Tamu-tamunya ada Frankenstein (Kevin James) dan istrinya Eunice (Fran Descher – masih ingat serial The Nanny?), Mummy, keluarga Werewolf, dan Invisible Man. Mereka tidak bisa ke tempat yang lain karena Dracula menjamin hotelnya adalah tempat teraman dimana mereka tidak akan diganggu oleh manusia yang menakutkan.

Film ini menceritakan usaha Dracula untuk melindungi Mavis dari segala bahaya, termasuk jika ia bertemu dengan manusia. Padahal Mavis sudah ngebet ingin keluar dari hotel, sesuatu yang selalu dilarang oleh ayahnya. Mavis mencontohkan kenapa ayah dan ibunya bisa bertemu di Hawai, sedangkan dia bepergianpun tidak boleh.

Namun hal itu berubah ketika secara tidak sengaja, seorang traveler muda, manusia, datang ke hotel tersebut. Jonathan (Andy Samberg) sudah berusaha diusir oleh Dracula karena ia takut tamu-tamunya cemas. Hal ini berarti sistem proteksi hotelnya tidak begitu bagus sampai bisa dimasuki manusia. Apa daya Mavis kemudian melihatnya, dan merasa tertarik dengan Jonathan. Terpaksa Dracula mengubah Jonathan menjadi monster juga, dengan nama Johnny-stein.

Dalam petualangannya, lama-lama Johnatan ini banyak disukai oleh teman-teman Dracula, termasuk oleh Mavis. Hal ini tak lain karena sikapnya yang ceria, dan kisah menakjubkannya yang sudah keliling dunia. Sesuatu yang sulit dilakukan oleh para monster.

Akhirnya Mavis dan Johnatan saling jatuh cinta. Namun demi menghormati perasaan Dracula yang selalu melindunginya, maka Johnatan menolak Mavis dengan mengatakan ia tak menyukainya. Petikan dialog untuk zing ini (zing = jatuh cinta) :
I thought we zinged, dad.’
‘You and Johnny?’
‘I guess it was just me.’

Dracula akhirnya sadar akan cinta yang kuat di antara mereka berdua. Karena itu dengan dibantu teman-temannya dan para manusia. Dracula mengejar pesawat yang ditumpangi Johnatan yang patah hati dan pergi. Dracula merubah dirinya menjadi kelelawar, dan terbang ngebut sampai berasap, untuk mengajak Johnatan kembali pulang. Happy ending deh.

Pelajaran yang bisa diambil adalah kasih sayang ayah begitu besarnya, hingga ia akan melakukan apapun untuk buah hatinya. Namun Dracula akhirnya juga sadar, ia harus percaya dan melepas anaknya pergi. Seperti ia mulai percaya manusia bukanlah seburuk yang ia bayangkan. Anaknya telah dewasa dan sudah selayaknya pergi, namun ia akan tetap diterima jika pulang nanti.

Image
Sumber gambar : wired.com, gothic.com
.
IndriHapsari

Advertisements