Buah Ketidaktegasan

image

Salah satu sikap yang harus dimiliki seorang pengajar adalah ketegasan. Kalau A ya A, kalau B ya B. Begitu ada pengecualian, meskipun telah ditetapkan syarat-syarat agar peristiwa serupa tak terulang, atau menjadi alasan kuat kenapa diperbolehkan, atau untuk cari selamat, tetap saja di lain waktu peristiwa yang sama akan berulang, dan kita diingatkan lagi atas ketidaktegasan yang pernah kita lakukan. Kok dulu boleh, sekarang ngga?

Bersikap permisif memang diperbolehkan, mentoleransi memang perlu karena banyak sekali kondisi yang di luar perkiraan atau pemikiran kita sebelumnya. Namun hati-hati, semua excuse itu akan berdampak panjang. Dampak pendeknya memang selamat, tapi jangka panjangnya bakal ada lagi yang mengungkit-ungkit, jika tidak segera ditegaskan.

Maksudnya begini, saat kita menetapkan suatu aturan A, maka ketika kita memodifikasinya menjadi A+, seharusnya disertai pertimbangan, apakah bisa dilakukan general dan diteruskan aturan A+ itu. Kalau ya, segeralah meresmikannya. Jika tidak, maka bersiaplah mendapatkan kondisi yang memerlukan pengecualian lagi, hingga bukan hanya A+ saja, tapi A++.

Sebagai pribadi maupun sebagai profesional, saya pernah melakukan ketidaktegasan. Alasan-alasan seperti tidak mau repot, sungkan, biar sama-sama senang sering menjadi penyebab ketidaktegasan. Soal hasil, jelek semua. Ada yang jadi tersinggung, ada yang memanfaatkan (dikasih ati ngerogoh rempela), ada juga yang membuat saya harus menyusun dalih pembenaran, yang sebenarnya ngga akan muncul kalau dari awal saya tegas.

Skenario-skenario yang disusun, terus terang melelahkan. Biasanya mengalir saja, sekarang kok jadi penuh strategi. Buat yang senang bermain mungkin menyenangkan, tapi buat yang polos-polos aja, hal ini sungguh menyiksa. Harusnya bisa move on ke hal lain, malah melulu di hal itu saja.

Karena itu kalau ditanya, semisal saya dilahirkan kembali mau jadi apa, saya akan jawab : tetap dilahirkan sebagai Indri, minus ketidaktegasan yang pernah saya lakukan.

***
IndriHapsari
Foto : MCI

Advertisements