Makan Apa di Bogor?

Sebenarnya yang saya incar sih jajanannya, karena apa yang lebih enak selain makan yang hangat-hangat di tengah situasi Bogor yang ujan mulu? Gorengannya juga warnanya cenderung putih, beda sama Surabaya yang cenderung kuning kecoklatan. Trus sausnya pakai saus kacang encer yang hauce, hmm..nyam…

Tapi makan beratnya juga OK kok, awalnya kita coba Ikan Bambu Karimata ini, ada di Sentul City.

image

Appetizernya duren bo! 😀 Benernya sih karena di sekeliling resto ada tukang duren dan rambutan gundul, tapi restonya baek membolehkan pengunjung menyantap duren di meja makan mereka. Andalannya tuh ikan patin bakar dalam bambu, seperti foto kiri bawah. Bumbunya agak manis pedas, daging ikannya putih lembut. Enak deh. Trus ada juga sop gurame dengan kemangi. Selama ini kita makan sop gurame biasanya pake sayur asin, tapi yang ini enak juga loh!

image

Kalau ini pas kita makan di Grand Garden, di tengah Kebun Raya Bogor. Tempatnya asyik sih pemandangannya, trus restonya juga serius ngga asal ada. Minumannya yang recommended es pala, segerrr….Pesanan kita standar aja, sate ayam, bebek sambal hijau (yang jadi kangen bebek Surabaya), omellete sama mozarella stick (ini kaya keju goreng).

image

Ngga lengkap rasanya kalau ke tanah priangan ngga nyobain nasi timbel. Karena belinya di tempat wisata, yeah you know lah sudah mihil ngga anget lagi. Kalau anget pasti lebih enak. Lauknya isi ayam goreng, seuprit ikan asin jambal, tempe dan tahu. Aslinya enak loh ini, pake sayur asem sama nasi pulen yang dibungkus daun. Saya perhatikan orang sini soal lalapan sampe minta tambah-tambah lo! Ckckck emang pemakan tumbuh-tumbuhan 🙂

image

Di daerah Cisarua ada sate terkenal banget, namanya Sate Haji Kadir. Udah sampe jilid 6 lo! Maksudnya cabangnya sudah banyak. Ini sate Arab, jadi rasanya ya gitu deh. Dagingnya empuk termasuk atinya. Menjual sate kambing dan ayam, dengan kambingnya digantung di jendela.

image

Untuk makanan ringan atau oleh-oleh, boleh tuh mampir ke Cimory yang ternyata ada banyak di Bogor. Selama ini sudah kenal sih yoghurt Cimory yang masuk ke supermarket di Surabaya, tapi kalau susunya baru tahu ini. Rasanya lebih kental dari susu KUD Batu Malang. Trus selain makanan yang dikemas dengan merk Le Mory dan Cimory, mereka juga bikin segala sesuatu serba coklat. Hmm..nyam…baru nyobain coklat green teanya langsung angkat jempol deh. Mirip sama Kit Kat Green Tea yang anak-anak suka cari pas di Singapur, dan kalau di Surabaya dijual dengan harga 3 kali lipat merk Chocomory ini. Minuman coklatnya juga worth to try.

Semoga acara jalan-jalannya mampu melunturkan makanan enak-enak yang sudah masuk perut 😀

***
IndriHapsari

Advertisements