Makan apa di Singapura?

20140627_180244

Idola baru saya nih, ikan saba! Dikenalin seorang teman pas ke Singapura bareng, biasa dah kalau barengan saling nyicip gitu. Dan pertama ngerasain langsung suka, rasanya kaya tongkol, minus amisnya. Gurih banget, dan bikin ngiler. Teman itu selama perjalanan kita yang 3 hari terlihat 2 kali pesan menu yang sama, padahal dia ya sering ke Singapura.

Akhirnya saya kena juga deh! Tiap ada kesempatan, maksudnya ada yang jual gitu, pasti pesennya ikan ini. Biasanya sih di outlet makanan Korea. Disajikan dengan nasi di mangkuk aluminium, teri pedas, kimchi sama miso soup kaya Jepang punya. Mestinya peresin lemon di atasnya, tapi saya ngga suka asem. Makannya pake sumpit, dan beneran deh…enak bingit. Harganya bervariasi mulai SGD 5 sampai SGD 12..sama enaknya, bedanya di ukuran sama tempat makannya.

Pulang ke Surabaya, ikut grup Surabaya Kuliner yang motonya ‘Tak makan-makan maka tak bunder-bunder’ *gueee bangeeet* trus dapat info kalau di Surabaya ada yang jual. Cobain sih, ternyata itu ikan sanma dan rasanya kaya pindang, lebih amis dari saba. Tapi trus dapat keterangan juga yang jual saba mentah, di supermarket expatriat di daerah Margorejo. Kesana, dan dapat deh! Seekor yang udah dibersihin tinggal kulit dan badan aja, harganya 64.000 IDR. Cara masakanya nyoto dari Youtube, teflon dilapisi aluminium foil, trus taruh aja ikan yang sudah digarami. Ngga usah pake minyak karena dia sendiri udah oily. Sama aja enaknya 😀 Bedanya kalau di Singapur tuh kulitnya lebih crispy. Emang harusnya dibakar bentar kalau mau disajikan, kalau saya malah lengket semua ke foilnya 😀

 

Kenny rogers

Di Jakarta mestinya resto ini sudah buka, Kenny Rogers. Dulu sempet sirik karena dia buka duluan di KL, tapi kemaren pas nyobain di Singapura…errr…ngga segitu amat deh rasanya. Dia jualnya paketan, dan thanks buat bahasa Inggris saya yang kali kurang jelas, akhirnya kita pesan 4 paket ayam. Padahal aslinya cuma mau pesan 2. Paketnya terdiri dari 1 dada ayam mentok (apa montok ya), 3 side dishes, sama minuman. Side dishesnya juga berat, ada soup, jagung rebus, nasi, pasta, kentang dan lain-lain. Trus kita juga dapet free 4 roti jagung. Soal rasa ayam, kita lebih suka Red Rooster yang kita cicip di Gold Coast.

20140628_113924

Makanan lain, sebenarnya ini yang di Johor Baru Malaysia sih, pizza dan pasta yang enaaak..meski ngga Pizza Hut style 🙂 Sup mushroomnya juga terenak di dunia *lebay deh* langsung tandas dimakan.

20140629_111412

Kalau anak saya yang gede, kemana-mana milihnya nasi hainan. Dulu sempat jadi makanan favorit saya sih, sebelum pindah ke ikan saba. Disajikan dengan kuah kaldu, trus nasinya agak keras, trus potongan ayam kukus. Sehat dah pokoknya. Entah kenapa, ayamnya ini selalu disajikan dingin. Padahal lebih enak kalau sama angetnya.

Sebenarnya ngga itu aja yang kita makan, tapi yang sempat kefoto itu doang. Semoga lain kali bisa diupdate 🙂

***

IndriHapsari

Advertisements