Tur Hop On Hop Off (HOHO) Sydney dan Melbourne

image

Pertama tahu tur ini waktu ke KL. Berhubung mau ngider sendirian, saya pikir dengan ikut tur ini bisa menjangkau tempat-tempat yang dituliskan di brosur tanpa khawatir tersesat. Tapi dasar ngga sabar nungguin, dan kayanya armadanya ngga banyak, akhirnya saya malah ngider sendiri melalui KL Central. Tapi ya itu, ganti-ganti kereta, dan ngga keluar dari stasiun, cuma pengen tahu gimana sih Malaysia.

image

Di Sydney, akhirnya dapat kesempatan juga. Sebenarnya sudah download brosurnya, dan diniatin untuk ikut. Tapi salah strategi, harusnya ikut HOHO ini dulu baru ngider ke tempat-tempat, biar bisa nandain mana yang mesti didatengin.

image

Kita naik dari Circular Quay, dan mungkin karena peak season, armadanya banyak. Bayar di tempat, tiketnya bisa dipake sampai 24 jam naik turun. Cuma karena ini mau tahun baru, jalan-jalan pada diutup, mereka beroperasi sampe jam 4 sore. Itupun di tengah jalan diturunin di St. James karena Circular Quay udah ditutup.

image

Pertama sih gaya, ambil bangku di atas, paling depan. Lama-lama kok berasa kaya ikan asin ya, akhirnya turun ke dalam yang adem. Tiap perhentian, kalau ada penumpang yang naik, supir selain mengurusi pembayaran juga melayani pertanyaan. Kadang ngasih brosur doang.

image

Saat di Melbourne, keberadaan bis ini juga gampang ditemui di Federation Square. Secara Melbourne kotanya ngga sepadat Sydney, lalu lintas juga ngga gitu padat. Heranlah kuta pas naik mau duduk di atas, ada tanda fasten your seat belt, lengkap sama seat belt di masing-masing bangku. Setengah ngga yakin kita pasang, dan…ternyata di bis ngebut sengebut-ngebutnya! Jadi rem mendadak wajib hukumnya, atau pas kita apes aja dapat sopir kaya gini. Mana Melbourne ini meski summer suhunya 18-24 derajat Celcius, lebih dingin dari ac di rumah 😛
image

Tapi rutenya dia bagus kok, jadi kita yang belum familiar sama rute tram terselamatkan dengan bis ini. Harga lebih murah dari Sydney, dan dikasih bonus dari 24 jam bisa dipake 48 jam. Lama menunggunya memang lebih lama dari Sydney, mungkin karena armada juga, tapi masih bisa ditolerir kok.
image

Singkatnya, tur ini bagus buat yang blas ngga tahu kondisi. Saya terbiasa well prepare, semua udah dicari dan didownload satu-satu untuk tempat-tempat yang mau didatangi, masih juga belum bisa memetakan kondisi. Tur HOHO ini sangat membantu 🙂

image

***
IndriHapsari

Advertisements