Bella Saphira Pindah Agama, Ngapain Ribut

20130803-215342.jpg

Saran saya, portal berita media tak perlu buka kolom komentar, kalau ngga mau ribet memoderasi komentar yang masuk. Untuk masalah yang sensitif, misal agama, ngga ada yang bisa diambil hikmahnya dari berbagai komentar kasar, OOT dan asal jeplak di sana.

Akhir-akhir ini yang lagi heboh adalah artis Bella Saphira yang pindah agama. Bellanya sih kalem aja, antek-antek beragamanya yang pada ribut. Ada yang kebakaran jenggot (itupun kalau punya), ada yang merasa menang kalah, terhina, terus jadi melebar kemana-mana.

Termasuk dipertanyakan motivasi Bella apa saat melakukan pindah agama tersebut. Alasan akan menikah yang menjadi spekulasi banyak orang. Ah kalau menurut saya sih, alasan dia karena menikah atau bercerai ya suka-suka dia dong. Karena urusan agama itu, urusan manusia dengan Tuhan. Kita ngurusin yang bagian duniawinya saja.

Orang beragama akan terlihat dari tingkah lakunya. Adem, membawa damai, berahlak lurus dan mengasihi saudaranya. Jadi kalau ada yang berprilaku sebaliknya, yang kasihan tuh agamanya. Kok seperti gagal mendidik umatnya. Ibarat dagangan, mana mau orang datang kalau penjualnya jutek begitu. Karena itu watch out deh dengan segala tingkah laku kita, karena agama itu ngga sekedar tulisan di KTP saja, tapi bentuk pertanggungjawaban kita pada sesama manusia.

Nah kalau karena Bella berpindah keyakinan ini dia jadi lebih baik dan lebih bermanfaat bagi sesama manusia, why not? Masalah dia ganti ‘channel’ ya biar dia saja yang menikmati ‘tayangan’ yang disajikan, kita sih ngga tahu menahu. Yang kita tahu saat ia di luar, ia menyebarkan kebaikan.

Sama juga ketika orang-orang yang merasa menjadi pembela Tuhan (seakan Tuhan begitu lemahnya sehingga harus dibela) perlu diingatkan pula, lebih penting mana berkoar-koar di jalanan, atau di tempat ibadah (ah please deh, jangan kotori oase kehidupan itu dengan pikiran picik manusia) dengan membantu mereka yang kesulitan. As I said before, kita punya stok orang susah unlimited di negeri ini, jadi selalu ada alasan untuk berbakti.

Sayangnya media juga gemar memblow-up topik-topik begini untuk meningkatkan rating. Dan karena dunia kebanyakan orang di Indonesia ngga jauh-jauh dari televisi, ya mereka ngga sempat memahami bahwa trendnya sekarang ini malahan sekuler, bukan pindah agama.

Jadi, buat yang ‘ditinggalkan’ dan ‘didatangi’ Bella, take it easy. Yang penting bagaimana kiprahnya dia nanti, ngga usahlah otak atik hubungkan dia dengan Tuhannya, apalagi bawa-bawa surga dan neraka.

***
indrihapsari
Gambar : pinterest.com/pin/143904150566270702/

Advertisements