Assalam : Makan Roti Canai di Surabaya

Bisa dibilang ngga pernah deh gw makan masakan India di Indonesia. Jarang aja sih, dan kalau di Surabaya gini ya katanya ada di Ampel. Lah, gw ke Surabaya Utara aja bisa dihitung dengan sebelah jari tangan, selama puluhan tahun hidup di sini. Ngerasain roti canai malah pas ke Hong Kong, ngga cucok banget yah.
image

Trus ngga sengaja kemaren nemu depot Assalam, depot kecil aja, satu bangunan dengan supermarket Papaya di Margorejo. Tempatnya kecil dan rapi, dan ada 2 icon Indianya. Pemiliknya kayanya, kalau dilihat dari foto-foto yang dipajang sih mereka cabang dari beberapa outlet di Johor dan Genting, Malaysia.

image

Udah tiga kali gw kesana, soalnya makanannya enak, ngga berat. Murah lagi. Bayangin, dengan 20 ribu, kita udah dapet roti canai dengan varian rasa, mulai harga 5 ribu sampai 9 ribu. Itu udah bonus celupan kuah kari. Dan menurut gw masih enakan ini daripada yang gw makan tempo hari. Kata suami gw juga punyanya depot Assalam ini enak, secara dia juga udah negrasain yang asli di India. Menurut gw dia cuma bisa dikalahin sama roti canainya Restoran Mesir di Batu, dekat alun-alun. Kalau itu mah top markotop, tapi gw belum nyobain karinya.
image

Oh iya, martabaknya masih kalah juga sama yang Resto Mesir itu. Meski menurut gw yang di sana juga kurang asin, yang di Assalam malah kurang sedap. Mungkin karena dia makannya dicocol kuah kari juga yah, makanya agak-agak tawar gitu. Yah, selera gw aja kali yang keasinan 😛
image

Lainnya, ada mee goreng yang menurut gw lumayan, tapi banyaaak dan lengkap. Coba deh mee goreng Assalam, udah pake telor ceplok, ayamnya dua! Dada sama paha. Trus nasi gorengnya, gw coba yang biasa..yah biasa aja sesuai namanya. Tapi yang gw doyan, dua-duanya dilengkapi acar yang pas banget rasanya, manis asin asam.
image

Tamu lain ada yang pesan roti tisu. Itu loh, roti tipis yang disajikannya kaya gunung. Ini kalau di mall lamaaaa banget nunggu dibuatnya, mana ngantri lagi. Kalau di Assalam kita bisa tenang duduk dan bentaran diantar. Euh, gw juga coba roti nan dan ayam tandori. Enak sih, cuma ayamnya mesti lebih mateng aja. Next time, mau coba roti tisu dan briyani ah, pengen tahu kaya apa. Oh iya, ada nasi lemak juga. Kalau ini mesti dibuktiin sama ngga dengan yang di Malaysia. Gw juga belum nemu Hainan Chicken Rice dengan rasa seenak di Malaysia, padahal gw makannya cuma di KL Central, stasiun kereta.
image

Minumannya yang juara. Semuanya enak, dan disajikan panas-panas, dengan gelembung di atas. Awalnya gw kalau cari teh tarik atau Milo O selalu ke Killeney di Eat and Eat, Basra. Sekarang mah di sini udah oke. Trs ada Haila Susu, paduan jahe dan susu sapi, tapi asli deh ngga bikin eneg. Seger malah. Kopi O dan teh manisnya biasa, tapi gw sukanya dia tuh ngga terlalu manis, trus ngga kental jadi enteng aja pas minumnya.
image

Ni tempat emang pas banget buat makan ringan maupun berat. Yang punya juga ramah, sehingga meskipun pesanan kita agak lama, terselamatkan dengan rasa masakan dan minumannya yang enak.

***
indrihapsari

Advertisements