Kiat Mengemudi Saat Mengantuk

accident

Sebenarnya sih, dimana-mana kalau mengantuk ya jangan mengemudi. Apalagi perjalanan masih panjang. Mending beristirahat sejenak,untuk kemudian melanjutkan perjalanan. Banyak kejadian yang membahayakan diri sendiri dan orang lain, akibat mengemudi dengan tidak konsentrasi. Paling kecil resikonya mungkin kesasar kemana-mana, karena lupa jalan mana yang harus dilalui, bahkan lupa mau kemana. Efek yang leih besar, nabrak pembatas jalan dan nyemplung di selokan, itu kalau mengemudinya pelan dan kecelakaan tunggal.

Yang bahaya kalau mengemudikannya kencang. Sudah ngantuk, pakai acara ngebut pula. Begitu ada tabrakan jadi mengancam jiwa dan menimbulkan kerusakan yang super duper parah. Apalagi kalau mengakibatkan hilangnya nyawa orang lain. Mengemudikan pelan juga bisa lho kejadian, apalagi kalau yang mengemudi lagi sakaw. Ngga inget aja dia tadi nabrak apa, terus melaju dan menabrak lainnya.

Namun memang ada beberapa kondisi yang menyebabkan mengemudi tetap harus dilakukan. Misal karena kena tanggung bentar lagi sampai, dikejar waktu, mumpung jalanan sepi, tidak ada yang menggantikan, dan tidak ada tempat istirahat.

Nah sekarang kalau sangat-sangat terpaksa, mengemudi saat mengantuk, bagaimana? Ini beberapa yang saya lakukan :

1. Jalan pelan
Meskipun di jalan tol yang relatif sepi ambil sisi kiri, jalanlah sepelan yang disarankan. Apalagi kalau jalannya melewati pasar, mesti lebih hati-hati. Jika mindset sudah disetting hati-hati, biasanya ngantuk langsung pergi.

2. Sering istirahat
Manfaatkan pom bensin, mini market, halte, tempat peristirahatan di jalan tol dan lainnya untuk sebentar memejamkan mata, atau meluruskan badan. Gunakan kesempatan untuk cuci muka, ngopi atau tidur sejenak. Jangan membaca baik koran maupun gadget, karena bawaannya tambah mengantuk.

3. Memasang lagu yang bersemangat
Kalau Secret Garden atau Michael Buble mending jangan, tambah ngantuk entar. Pasang yang ceria atau rock sekalian. Dijamin ngantuk hilang, gahar datang…hehehe…

4. Makan permen pedas
Coba deh ngemut permen yang pedesnya amit-amit, atau yang asamnya kebangetan. Semoga kantuk ngga jadi mampir ya.

5. Ngobrol
Kalau ada temanya, boleh dah ngobrol supaya ada yang ngingetin saat kita ngga jawab-jawab *means udah ketiduran pas nyetir* dan menyarankan untuk istirahat. Semisal ngga ada, ya ngomong sendiri saja, lama-lama bisa jadi bahan tulisan *kebiasaan mengkhayal.

6. Balsem
Manfaatkan balsem atau minyak ajaib by Agnes Monica untuk dioles di dekat mata, biar uap panasnya membuat kita (terpaksa) melek. Hati-hati ya, kalau kena mata itu ngga banget!

Itu dulu deh, semoga ada yang mau menambahkan. Tapi yang pasti, duduk manis disetirin itu lebih aman ^_^

20130427-161354.jpg

***
sumber gambar : pinterest.com

Advertisements