Kelamaan Di Maya, Hati-hati Jadi Gila

20130222-055213.jpg

Kalau hidup kita fully berada di dunia nyata, ngga ada yang namanya distorsi gara-gara persoalan di dunia maya. Tapi susah banget cari orang seperti ini jaman sekarang. Semua bisa akses internet dengan mudahnya dari barang paling ajaib di dunia, handphone. Maka mudah sekali bagi kita untuk tergoda memeriksa status teman, membalas komen, menayangkan gambar, atau membaca tulisan seseorang.

Jadi kebanyakan orang jaman sekarang hidup di dua dunia, nyata dan maya.

Yang gawat kalau orang lebih berat ke maya, atau maya telah menguasai hidupnya. Maya adalah dunia yang bisa kita ciptakan sendiri. Kita bisa menciptakan karakter, bahkan nampak jaim luar biasa jika akan menampilkan profil kita. Kita juga bisa menciptakan lingkungan yang kondusif, dengan memilih teman yang sealiran dan pasti mendukung kita.

Kalau kebablasan, jadinya begitu ada sesuatu yang di luar rencananya, membuat ia blingsatan, dan melakukan manuver di maya. Kenapa? Karena dunianya yang begitu sempurna, ternyata terusik oleh pihak lain. Dunia satu-satunya. Sehingga begitu ada gangguan, efeknya luar biasa.

Memfitnah. Mendendam. Mengucapkan kata-kata yang buruk. Berbohong. Merendahkan. Menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan.

Yang ia tak sadari, dunia maya bukan inkubator, tak bisa steril dari faktor X.

Get on with your life!

Advertisements