Pemilih Cerdas: Tolak Uangnya, Tolak Orangnya!

20130113-191551.jpg

Berbeda dengan slogan yang dikumandangkan untuk mengurangi (bukan menghilangkan) politik uang yaitu ‘Terima uangnya, Tolak Orangnya!’, saya sarankan slogannya diganti saja ‘Tolak uangnya, Tolak orangnya‘. Untuk slogan yang pertama, pencetus slogan itu menyebutnya sebagai ‘pemilih yang cerdas‘, karena mengambil keuntungan dari ke-mendadak-murah-hati-an para politikus, tapi berani tidak memilih para politisi busuk.

Kalau kata saya sih, mending ngga usah terima uang dan orangnya kalau memang dia ngga becus menjalankan tugasnya. Pertama, dosa ah. Ngambil uang yang entah darimana, trus bohong lagi sama si mendadak-baik-hati itu. Sudah janji, tapi ngga ditepati. Bukannya kita jadi sama aja ya sama dia, yang janji kemana-mana, tapi kemudian mendadak-lupa-janjinya.

Lalu, kita juga ngga tambah kaya kalau mengambil uang itu. Ngga diambil, juga ngga bikin kita tambah miskin. Hidup yang simpel-simpel aja, jalani secukupnya seperlunya. Jangan mudah tergiur materi, apalagi yang ngga jelas asal usulnya.

Coba, dia dapat uang dari mana? Makanya kalau kita ambil, kantong dia makin tipis dong. Lalu kalau sudah menjabat, dia akan terus mencari sumber pendapatan lain, atau mencari-cari sumber pendapatan lain. Dengan memposisikan diri sebagai pemilih yang sombong (sok kaya) semoga calon pejabat tersebut memikirkan cara lain untuk memikat hati kita. Misal dengan memberikan pengobatan gratis, perbaikan jalan, pendirian perpustakaan, dan hal lain yang nyata dilakukan, bukan cuma perkataan, dan manfaatnya bisa dirasakan oleh lingkungan, bukan segelintir orang.

Untuk tahu dia politisi busuk atau tidak, jadilah pemilih yang selektif. Jangan cuma perhatikan isu yang sekarang. Jangan malas lihat histori dia. Mumpung jaman internet, semua serba terbuka. Itu kalau kita serius mau pilih yang benar yaaaa. Ambil dari beberapa sumber untuk timeline yang sama, agar informasinya menjadi berimbang.

Nah, selamat menjadi pemilih yang pintar. ^^
***
sumber gambar: jurnalpolitiknews.com

2 comments

Komen? Silakan^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s