Devdan Show, Best Show to See in Bali

Sebenarnya ada lagi sih, Tari Kecak yang diselenggarakan di beberapa spot di Bali pas sunset. Sudah pernah lihat beberapa kali pas kecil, ngerasa ngga nyaman aja lihat jenis tariannya, gelapnya, apinya, apalagi kalau muncul barongnya gitu. Takuuut šŸ˜€ dan sekarang masih membekas. Meskipun setiap ke Bali selalu ke Uluwatu yang kalau sore jadi tempat pementasan Tari Kecak, ngga sedikitpun tertarik untuk mengulang kisah yang sama.

Trus ngapain dong ke Bali kalau ngga pernah lihat tarian Bali? Untung ada Devdan Show yang masuk top destinasi di Tripadvisor. Pokok kalau sudah masuk review di sini, ini pasti selera bule-bule dan siap-siap aja dengan harga yang mahal. Tapi mengingat dulu nonton Sendratari Ramayana di Yogya ya mahal tapi ngga nyesel, untuk yang begini juga harus dibelain dong. Sistemnya sudah modern, jadi saya bisa tuh pesen lewat web dari Surabaya. Berhubung webnya lagi rusak, saya telpon aja ke nomor yang tertera dan langsung dapat kode booking. Layoutnya sudah ada dan itu menentukan harga. Berhubung duitnya terbatas, pilih yang paling murah yang ada di sayap kiri dan kanan. Tiket VIPnya 1,5 juta dan itu paling mantap ada di tengah pakai reclining seat. Kalau kami karena lokal, di sayap dan lagi diskon, kena 180 ribu per orang dewasa, anak-anak separuhnya.

Gerbang katanya dibuka jam 7.15, pertunjukan jam 7.30 dan semua tepat waktu. Kalau mau lihat bule yang ngga backpakeran disini tempatnya, rata-rata pada jalan kaki dari 5 stars hotel yang ada di sekitar Nusa Dua. Turis Asia lain seperti Cina dan India datang dalam rombongan bis jadi menjamin penonton untuk pertunjukan yang berlangsung seminggu empat kali ini. Ada juga shuttle ke hotel-hotel ternama di Bali.

Devdan Show di Nusa Dua


Duduknya kaya di bioskop, dan meski dapat sayap tapi cukup jelas kok. Pemainnya banyak banget, tata panggung dan suara canggih, mereka juga profesional menjalankan profesinya. Ada penari tradisional, modern, sulap dan akrobatik. Karena banyak banget tarian yang disajikan, di brosur sudah lengkap ini tarian apa dan maknanya apa. Bisa juga baca dari running text yang ada di TV yang terpajang di dinding.

Kayanya Indonesia mesti berterima kasih pada Bali deh. Orang luar tuh taunya Bali makanya selalu ada yang nanya Indonesia itu dimananya Bali. Jadi jujugan pertama pasti ke Bali dan apapun yang dijual oleh orang Bali bakal terserap mancanegara. Devdan Show ini ternyata ngga melulu memperkenalkan budaya Bali, tapi juga seluruh pulau besar di Indonesia, membuat orang tahu oh ada begini-begini toh di daerah lain. Saya aja yang local people begini baru tau makna setiap tarian yang dibawakan šŸ˜€ Switch tariannya juga mulus, musiknya bikin semangat semua, melibatkan api dan air, ada humornya, ada adegan romantisnya, dan semua disampaikan dalam Bahasa Inggris.

Ada larangan untuk memotret kecuali di penghujung acara, jadi foto saya cuma sedikit. Tapi kalaupun diperbolehkan paling ya ngga sempet juga wong seru banget kok šŸ˜€
***

IndriHapsari

Advertisements