Tips Menembak Cowok

mtronik

Menembak yang dimaksudkan disini adalah wanita menyatakan perasaan cinta lebih dahulu kepada pria. Ya, jaman telah berubah dan pernyataan cinta bukan hanya monopoli kaum pria saja. Namun apa yang kita lihat mungkin dalam film, buku, dan pengalaman orang lain kadang tidaklah cocok untuk diterapkan dalam semua kasus. Apalagi ini Indonesia, yang menjunjung tinggi adat ketimuran. Pria biasanya yang memegang peranan untuk menyatakan, dan wanita tinggal memutuskan, menerima atau menolak.

Bagaimana bila pernyataan cinta itu tidak pernah datang, sementara wanita sudah terlanjur jatuh hati pada pria? Karena itu dari hasil survey dengan para Kompasianer pria, terapat dua topik yang saya tanyakan, yaitu :

  1. Maukah cowok ditembak duluan?
  2. Bagaimana cara penyampaian yang diinginkan?

###

Secara umum terdapat 3 kelompok pendapat, yang menyatakan setuju, agak setuju, dan tidak setuju terhadap peranan wanita dalam menyatakan cinta. Semuanya sample ini semoga dapat mewakili populasi pria di Indonesia, meskipun tanpa tes reliabilitas dan validasi, bahwa memang ada 3 tipe pria. Nah, kemungkinan salah satu tipe pria ini yang akan dihadapi wanita dalam perjuangannya.

Kemudian hampir semua Kompasianer yang terlibat dalam diskusi berpendapat, sebaiknya pernyataan itu tidak dilakukan secara langsung. Misalnya mencegat pria saat pulang kerja, menatapnya dalam-dalam sambil mencengkeram kerah bajunya, dan bilang ‘Ai Lap Yu’. Ngga banget, kata mereka. Jadi para pria sebenarnya tetap menginginkan sebaiknya wanita mengungkapkannya secara lebih halus dan tidak langsung.

Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut, maka dapat disusun langkah-langkah menembak untuk wanita yaitu:

Langkah kesatu: Kenali dulu tipe pria Anda

Jika dimungkinkan, ada baiknya mengenali tipe pria seperti apa yang Anda akan hadapi. Belum tentu yang malu-malu akan kabur kalau Anda menembak duluan. Dan belum tentu yang gaul banget akan terbuka dan bisa menerima aksi nekad Anda. Jadi yang tersurat belum tentu yang tersirat .

Caranya bisa dengan bertanya pada orang sekeliling pria, mungkinkah cara tersebut dipakai, bagaimana sejatinya sifat pria, dan apakah dia pernah mengalami hal yang sama dan bagaimana tanggapannya. Dari pengamatan juga bisa, atau tanyakan langsung padanya. Hal ini bisa dilakukan kalau Anda sudah kenal dekat padanya. Misal, datangi dia dan karang cerita seperti ini

‘Eh, kalau ada cewek nembak kamu duluan, kamu mau ngga?’

Kalau dia balik bertanya, pura-pura nama dirahasiakan, dan paksa dia untuk menjawab pertanyaan. Nah, jadi tahu kan dia tipe pria seperti apa.

;

Langkah kedua : Ambil resiko

Sudah tahu tipenya? Kalau dia termasuk yang bisa menerima, silakan masuk langkah ketiga. Namun jika dia merasa segan, bagaimanapun perasaan Anda harus diungkap kan? Jangan kalah sebelum perang, jangan mundur sebelum bertempur. Kalau Anda tidak melakukannya, Anda tidak akan pernah tahu hasil yang Anda akan dapat, dan tidak bisa bergerak untuk mencari sasaran tembak yang lain, karena masih penasaran dengan yang satu ini.

Maka ambil resiko untuk lanjut ke langkah ketiga. Bakal seburuk apa sih jika ditolak? Mungkin memang ada yang mulutnya ember sehingga ngomong kemana-mana bahwa Anda sudah menembak dia. Kalaupun itu terjadi, setidaknya orang akan berpikir Anda wanita pemberani, yang bisa memilih lelaki. Siapa tahu malah cerita itu akan membuat lelaki lain berharap ditembak oleh Anda.

Berhenti khawatir. Kekhawatiran tidak akan merubah apapun. Dengan melawan ketakutan yang ada Anda pelan-pelan berubah menjadi wanita yang lebih tangguh.

;

Langkah ketiga : Menyatakan cinta

Bagaimanapun, para pria menginginkan mereka yang menyatakannya duluan. Jadi sebaiknya sebelum Anda menulis surat berlembar-lembar, beri tanda pada si dia bahwa Anda menyukainya. Misal selalu ada di setiap kegiatannya, tapi hati-hati jangan sampai kehadiran Anda malah annoying. Berusaha mendukungnya dalam setiap kesempatan. Berbicara yang menjurus, atau sambil bercanda, atau berlakulah seperti TTM (teman tapi mesra), hubungan yang menguntungkan kedua belah pihak. Beri clue yang jelas hanya pada dia saja, sehingga dia bisa menangkap keinginan Anda.

Tanda yang bisa Anda berikan bisa berupa (pura-pura) salah tingkah, melambatkan gerakan agar si dia memperhatikan (misal berlama-lama mondar mandir di depannya- setrikaaaa kali…), merapikan penampilan dan wangi, perhatian terhadap yang pria lakukan, dan terlihat memuja pria (memuji, menyemangati, terbelalak).

Seperti video klip Carlie Jepsen – Call Me, Maybe yang saya sertakan di artikel sebelumnya. Mengetahui ada tetangga yang ganteng-tinggi-sixpack-…eh…fokus, fokus….semula ceweknya cuma berani ngintip dari jendela. Setelah itu dia berusaha menarik perhatian si cowok dengan berada di dekatnya, baru kemudian memberikan nomor teleponnya sambil berucap ‘call me, MAYBE?’. Jadi pilihan tetap diserahkan pada pria, bukan maksa.

Syukur-syukur si dia tanggap. Kalau belum ngeh juga, ya Anda mesti siap-siap mengutarakan maksud, secara tidak langsung. Manfaatkan teman dia, atau teman Anda, sebagai penghubung dan merencanakan pertemuan yang ‘tidak sengaja’. Jika ternyata pernyataan suka Anda ditanggapi positif, Anda bisa mulai mendekatinya secara langsung, dan mestinya dia sudah siap untuk dicintai. Bila tanggapannya menggantung, jangan mau. Aktifkan teman-teman Anda kembali untuk mendapat kepastian.

Ungkapkan perasaan Anda ketika sedang berdua saja dengan si dia. Beberapa contoh kalimatnya :

‘Aku sayang kamu. Aku berharap dapat jadi bagian dalam hidupmu. Bolehkah?’

‘Bisakah kita menjadi teman berbagi selamanya?’

‘Terima kasih ya telah mengisi hari-hari indahku. Mungkinkah ini dapat berlangsung terus?’

Bagaimana jika tanggapannya negatif? Saya rasa ini waktunya untuk mundur, entah untuk sementara atau selamanya. Pria juga perlu waktu untuk menyadari dia cinta atau tidak dengan wanita yang telah berani menembaknya. Saatnya Anda jual mahal sedikit, tidak membahas pernyataan Anda sebelumnya, dan berlaku biasa. Kalau perlu tunjukkan bahwa Anda cukup berkualitas dan patut didapatkan. Semoga dia jadi penasaran dan malah balik mengejar Anda.

Namun jika tidak, jangan kecewa. Cinta tidak bisa dipaksa. Saatnya menggeser sasaran, karena mungkin dia bukan jodoh Anda. Kalaupun jodoh, tanpa diperjuangkanpun ya nanti bakal dipertemukan kembali. Jadi move on, pria tidak cuma dia saja. Pria yang lebih baik akan muncul, hanya saja sekarang belum kelihatan.

Untuk para pria, rasanya Anda juga harus mempersiapkan diri jika sewaktu-waktu hal ini terjadi, maksudnya ada wanita yang menyampaikan cinta pada Anda lebih dahulu. Jangan kaget dan menganggap wanita ini kok nekad amat. Kalau Anda suka ya terima, kalau tidak ya tolak. Jadi tanyakan ke hati, tidak perlu memusingkan siapa duluan yang sebaiknya menyatakan. Seharusnya malah Anda bangga, wanita berani keluar dari pakem yang ada, karena melihat Anda sebagai seorang pria yang patut diperjuangkan, dan harus ditembak agar tidak keduluan saingan.

Girls Talk - Indri Hapsari
Girls Talk – Indri Hapsari

Masih penasaran bagaimana sih menghadapi mahluk yang bernama cowok itu? Atau sebaliknya, cewek itu serumit apa sih, maunya apa sih? Yuk mari baca buku terbitan BIP ini, mulai tayang di seluruh Toko Buku Gramedia, pertengahan Juni 2015. Yang ngga sabar atau ngga sempat kesana, bisa PO ke ihapsari(at)outlook.com, atau twitter indyfindme.

Ditunggu ya ^_^

Advertisements

199 Comments

      1. Maaf kak aku mau tanya gimana caranya agar cowok itu ngrespon kita iy kak ??
        AQ mau ngungkapkan rasa sayang ku padanya tp aq gk berani og kak 😦

      2. Agak rumit klo ke cowok, pastikan kalo tu cowok sdh dekat sm kita, atau menikmati saat2 bersama kita. Baru tau deh caranya dia lebih suka cewek nembak duluan ngga, trus ditembaknya harus dengan cara apa..mesti liat cowoknya karakteristiknya seperti apa. Eh knp ngga menyemangati dia spy nembak kamu duluan? 🙂

      1. Yang ngga bikin dia malu dan terhina karena kok cewek yang nembak duluan 🙂 Dekati dulu sebagai teman ya, trus ngungkapinnya juga biasanya ngga terang2an, krn selain cewek itu pemalu, cowok itu gengsinya tinggi. Baca di artikelnya yah, caranya sudah ada 🙂

  1. saya mau minta saran.

    saya menyukai seorang kakak tingkat. awal Saya menyukainya bukan waktu pertama kali bertemu,tapi karena dia pernah menyapa saya. Dan menurut saya, cowok yg menyapa saya ada cowo yg baik dan sopan karena saya sedikit berbeda dari cewek2 lainnya.

    dan kemudian saya mulai melihat dia karena dia sering mengambil bagian di gereja (karena saya diasrama jadi semua selalu masuk gerja yg sama),di tempat makan.

    perasaan suka ini semakin besar, saya mulai mengikutinya di Fb dan Instagram. Karena ya jadi stalker saya mulai tahu kehidupannya bagaimana. Tapi,saya terkejut ketika tahu dia mempunyai mantan yg adalah org yg saya kenal. dan mantannya itu baik banget lagi.

    saya merasa sedikit bersalah menyukai dia.
    tapi yg saya tau dia itu masih single sdngkan mantannya ini sdh punya pacar. Tapi masalahnya mereka dulu pacaran 3 thn. dan dia sepertnya blm move on.

    saya mau membuat surat,tapi surat untuk menyatakan perasaan dan bertanya apa dia mau jadi teman atau sahabat aku? bukan jadi pacar dia. Soalnya aku belum dekat dgn dia.

    bagaimana menurut admin? apa ketika saya akan menulis surat itu, berarti sudah ‘nembak’ dia duluan? tapi inti surat ku untuk jadi sahabat dulu. Kalau emang kita berdua jodoh ya dilanjutin ke tahap pacaran.

    kasih sarannya dong.

    1. Jangan surat2an deh..mending kamu berusaha dekat aja sama dia di kehidupan nyata, ngga usah stalkerin masa lalunya. Cobalah jadi sahabat bagi dia, tunjukkan kebaikan hatimu, bukan hanya ketertarikanmu. Sejalan dengan itu, kamu dan dia akan tahu, cocokkah kalian menjadi pasangan, atau mungkin sahabat saja. Semoga berhasil ya 🙂

  2. Saya suka sama cowo yang bisa dibilang ganteng mba, temen temen saya juga oada kagum ama dia, cuman disini yang jomblo sisa saya jadi mereka dukung saya. Terus kita beberapa kali jalan (rame rame sih) dan dia cerita soao mantanya juga. Kita pernah gitu mainan piso putar yang dapet giliran harus jawab jujur. Dia nanya kalo saya tipe yang bakalan show of apa engga kalo suka ama cowo. Saya jawab iya kalo cowonya patut diperjuangin. Kita sering chat cuma saya terus mba yang chat duluan, saya sama dia chatnya gapernah serius, terus saya pernah bilang males ah chat sama kamu gapernah serius. Terus dia bales cieee kode. Gitu mba kayaknya dia tau kalo saya suka sama dia, terus saya mesti gimana? Nekat apa engga? Secara dia ganteng dan saya biasa aja

    1. Jangan khawatir soal biasa aja, cowok ngga liat dari penampilan doang, tapi nyaman ngga dia sama cewe itu. Saya rasa dia tahu kamu suka dia, sekarang biarin aja semua berjalan biasa, tapi jangan ungkapkan dulu. Suatu saat, coba ngilang bentar, liat tanggapan dia gimana. Kalaupun kamu sudah cukup yakin dia suka kamu, tembak aja langsung, kamu suka aku ngga sih? Kalau dia mbulet, tinggalin aja lagi, ntar balik lagi. Playing hard to get. Emang sih cara ini bakal lama, mesti sabar, dan bisa aja hasilnya malah dianya ngga yakin kamu suka dia apa ngga. Tapi namanya juga test the water 😀 Semoga berhasil ya…

  3. Kak mau minta saran.
    Jadi nih, aku kan baru masuk kuliah terus ada seseorang yang aku suka kak soalnya orangnya rapi, ngobrol juga seperlunya aja dia. Nah, terus temenku jg ada yg suka sama dia kak. Padahal tmnku itu udah punya pacar. Tp menurutku temenku itu lebih cocok sama cowo yang aku sukain itu soalnya sama2 rapi & cakep. Kalo aku sih, berantakan, kurang bersih, gendut, jerawatan jg pokoknya kalo dilihat secara fisik ga pantes lah. Tp rasanya aku kok pengen nembak ya kak. Tetinspirasi dari gambar google kak :v cewenya gendut nembak cowo diterima trus gedenya cewenya jadi cantik trus hubungannya sama pacarnya itu jg masih langgeng.
    Gmn kak :v sarannya

    1. Kalau kamu ngga PD sama penampilanmu, itu akan jadi masalah di kemudian hari, dengan atau tanpa cowok itu. Jadi sebaiknya, mari menuju penampilan yang lebih bikin kamu percaya diri. Nembak itu baru bisa kalau kita benar-benar yakin, diapun ada rasa sama kita, jadi bukannya orang ngga tau apa2 ditembak 😛 Pererat hubungan persahabatan dulu aja, baru kamu bisa melangkah selanjutnya 🙂

  4. Mau nanya, gimana kalau menyatakan cinta sama kakak tingkat di kampus, padahal aku gak dekat sama dia, tapi dia kenal aku cuma gak akrab.

      1. Dekatin dulu, jadi temannya dulu, banyak tanya ke teman2nya dia seperti apa. Setelah yakin kamu tipenya, dia lg kosong dan ok2 aja klo cewe maju duluan, ya bs ditembak. Makanya perlu banyak pelajari dulu dia gimana, pas timingnya pas…nah baru deh 🙂 Smg berhasil ya 🙂

  5. Kak. Kalo cowok nya jutek itu tanda nya apa cih!! Terus nggak pernah senyum, tapi kalo di senyumin balik ntar di sangka genit lagi,,, tapi sering salting di depan aku!! Mohon di jawab ya kak….

  6. Aku Ska Am Cwo D Facebook Tpi Aku Gk Brni Nmbak Dia Msa Sih Hrus Nembak Dluan Hrusnya Cwok Tpi Hrus Gmna Ya Aku Jga Gk Mw Nnggu Lma.Tlong Ksih Saran Dong Kak

  7. mau nanya ne kak, aq suka sama cowo yg dket bgt sama aku! aku udh coba ngersepon dia biar dia peka..tp gak peka2..,apa hrus aq ungkapin dluan?

    1. Sebaiknya menembak itu kalau sudah dekat, jadi jangan ngga pernah ngomong tiba2 kamu tembak, ntar kabur orangnya 🙂 Berteman aja dulu, trus tembaknya samar kaya becanda2 gitu, liat dia serius ngga nanggepinnya 🙂

  8. kak minta saran nya dong, jdi gni kk, aku tuh baru dket sma dya kk, tpi tiba² aku tuh syank sma dya,tpi aku tu blm tau dya tuh syank atau ngk sma aku kk,tpi kdang² dya di bbm slalu krim stiker love, dan dy prnah blng dy syng ma aku kk, tpi ku abai kan aja soalnya klau ku blang tdak nnti dya blang bajak, tpi klo aku blng iy tkut nnti dikra gr kk, tpi aku mau sih jdi pcar nya, gmna mnurut kkk?

    1. Coba didekati langsung ya, ngobrol langsung, keluar bareng, belajar bareng..nanti baru ketahuan sikapnya gimana. Kalau betulan dia suka kamu, ya butuh waktu ngga lama untuk nunggu dia nembak kamu, atau kamu memberanikan diri untuk nembak dia 🙂

  9. mau nanya nih
    sebelumnya gini awal ceritanya, ada cowok yg prnh suka sama mbak saya, tp dia nggak pernah nembak atau jadi pacar mbak saya. sedangkan mbak saya mau menikah dg org laen. jadi dia udah nggak punya kesempatan lagi untuk dpetin mbak saya.
    tp dia sering sms sma mbak saya, akhirnya dia dikenalkan saya sma mbak saya.
    trus aku sma dia akhirnya sering sms.an, bbm.an, line.an, fb.an ma dia. waktu itu udah lama kita sering kontakan, trus suwatu ketika dia kirim lagunya crazyrasta judul didekatmu, wktu itu aku nggak begitu faham sama apa yg dikirim. aku tanya dia bwt siapa lagunya, dia jwb ” gtw ” trus aku tanya lagi, apa bwt mbak saya, dia jwb ” bukan ”
    wkt masih kontakan sama dia, dia panggil aku nama yang nggak umum banget ( bukan nma pggiln aku/ dia bwt nma panggilan sndri bwt aku)
    dulunya aku nggak pernah kenal cinta2.an g2, jdi akunya nggak begitu respon ke dia, aku klo dulu diajak ngomong jawabnya cuwek ke dia. aku dulu anggap dia temen/ sejenis kakak tingkatku gitu.
    jarak setengah tahun aku baru sadar klo dia sma aku udah lama nggak kontakan lagi. kabarnya sih dia marah sama aku, tp aku lupa apa kesalahan aku ma dia.
    seingetku aku terahir kontakan sma dia biasa2 aja, aku ahirnya ditegur sma mbak saya, akunya langsung minta maaf ke dia. dia awalnya nggak respon pesan saya yg mnta maaf ke dia, aku kirim lagi sms mnta maaf beberapa kali, baru dianya jawab sms aku begini ” aku nggak prnh ada mslh apa2 sma kamu, jd stop mnta maaf dn jgn g3 aku ” . trus aku mnta maaf lagi karna udah g3 wktu dia, dia jwb ” gak perlu, gak penting ”
    sesudah itu aku nggak prnah sms dia, karena sikap dia kyak gitu ke akunya jdi kepikiran dia terus, akhirnya aku suka sama dia. aku baru meriple keawal, aku berfikir apa lagu yg prnh dia krim ke aku itu bwt aku? trus kenapa dia beri panggilan yg tdk umum itu ke aku? kenapa wkt aku lama nggak kontakan sama dia, dia mrah?, aku kefikiran apa dia dulu beri sinyal suka sama aku? aku bingung min, aku harus gimana? aku mau tembak dia, takutnya dia msih marah sma aku..
    aku akhir2 ini bikin status fb nyinggung dia, pokoknya intinya aku kangen sma dia, misalnya ” aku kangen sma org yg prnh krim lagu crazyrasta – didekatmu/ kangen sma org yang sering panggil aku illy.. ( illy= panggilan bwtn dia, tuk aku)
    gimna ini admin, aku bingung mau tembak dia kayak gimna?
    mohon bantuannya min..

    1. Kayanya sih dia emang ngga ada rasa atau sudah ngga ada rasa sama kamu, jadi stop merendahkan diri dengan ngungkit2 masa lalu ke dia lagi. Mending move on cari cowok yang baru, masih banyak kok yang lebih pantas dapat perhatianmu 🙂

  10. Kak mau minta saran donk
    Aku Suka sama cowok.Orangnya baik,pintar,pendiam,jarang ngomong,gk banyak bergaul.Aku udah nembak dia.Tapi kayanya dia gk nerima aku.Padahal aku udah perhatian sama dia.Dia juga sedikit perhatian sama aku.Tapi aku bingung.Gimana caranya supaya dia nerima aku.

  11. Kak gimana nih? Aku tuh suka cowo yg ganteng, tinggi, enak lagi buat ngobrol. Aku gak tahu dia suka gak sama aku. Tapi dia kasih perhatian lbh ke aku. Sahabatku sih saraninnya ungkapin aja. Tapi takut kak. Gimana kalo ditolak?

  12. mbak aku suka sama cowok, seangkatan sekarang kelas 11 nah nanti bulan februari mau study tour, aku mau pas study tour ada moment sama dia. tapi kita belum kenal kalo saling tahu udah. malah dia sering salting kya beresin rambut gitu sambil bersiulsiul gitu.
    sekitar bulan september aku pernah curhat ke temen kelasnya terus bilang dia tahu aku suka sama dia, tapi dia slow respon. aku udah move on mbak.
    nah bulan sekarang aku keingetan lagi grgr pas diparkiran dia ngelirik ke belakang, yaa dibelakang hanya ada aku dan teman aku, teman aku bilang “tu dia liatin kamu” terus pas olahraga suka ngliatin gitu. malah pernah dia jadi panitia terus aku ikut acara itu, dia kasih tahu jalan ke orang lain tepat depan muka aku mbak, pdahal lewat belakang juga bisa kan?
    sekarang aku mau kasih dia surat yg isinya permintaan maaf atas bulan september kemarin terlalu frontal ke temnnya sekalian kode. salah ngga mbak? terus gimana solusinya?

    1. Aaaah jangaaan surat2an klo kondisinya masih gitu. Benerin rambut, ngelirik, ngasih ancer2 yg salah, itu masih kode lemah. COba deketin lagi untuk tahu kode kerasnya…sementara slow down dulu yaaa..berteman sama semua dulu termasuk ke dia 🙂

  13. Aku jatuh cinta diam2 sama kaka tingkat. Kita kenal saat KKN bln agustus 2015, sampai bulan januari 2016 aku msh suka, ada rasa kangen pgn ketemu tp aku sama dia jarang chat. Udah 6 bln masa aku masih suka sama dia, kita beda fakultas – gedung, tp knp ini perasaan msh ada. Mau ngutarain malu, masa slm 6 bln suka sama org gak moveon2. Kasih saran please *cuman jd secret admirer dia

    1. Bisa ngga ngedeketin dia, satu kegiatan atau apalah. Trus coba lihat dia tertarik sm kamu apa ngga, siapa tahu malah dia yg nembak duluan. Tp kalau dianya style cuek gitu, apalagi keliatan sdh tertarik sm yg lain, mending cari org lain deh. Masa mesti KKN lagi? 😀

    1. Kalau bikin kita semangat dalam menjalani hari, gpp. Tp kalau bikin kita galau, sakit ati, sedih…mending cari lainnya deh. Cari cinta yang bisa membahagiakan, bukan menyiksa 🙂

      1. Hy admin, cara ngungkapin perasaan cinta kpd sorang yang aku cintai gimana? Cara2nya aku gak ngarty beri contoh dialog dong.. Please

  14. Kak..aku mau nanya..aku suka sama cowo..dlu nya sahabat aku kak..tapi setelah dia tau aku suka dia,,dianya menjauh..tapi dia masih suka curi2 pandang sama aku..dan dia belum bisa move on dari mantan nya kak..

    Saran donk..

  15. kak, aku pgn minta saran. aku suka ama adek kelas.. sekitar 2 bulan ini lah,dia orangnya ganteng, manis tapi jutek dan dia kan ngga punya sosmed ato nomor telpon. Dan selama ini aku stalker- dianya dengan ngikutin dia pulang ke mana?, temen2nya siapa aja, dan kadang ketemu di jalan. Kalau di sekolahan, aku sering liatin dia kak. karna kelasnya pas di depan kelasku. dan dia sering lewat jalan yg umum di lewatin orang satu sekolah. Mungkin sekarang ini dia sudah ngerasa klo aku suka sm dia kak, pernah waktu aku liati dia, dia bales liat aku kak tapi dengan tatapan “eagle eye” gtu kak dan waktu ketemu di jalan dia selalu buang muka sama aku kak. Kan ngga lama lagi aku mau lulus. Aku pengen ngungkapin rasa suka ku ke dianya kak, bisa kasih saran nggak kak? aku takut dianya ngerasa risih karena trnyata selama ini rumahku sama rumahnya itu beda 300 meter aja kak. mksh

    1. Oh sm tetangga ya. Mungkin tanya2 ke temannya dia gimana, salam2in gitu. Tapi susah lo kalo org jutek itu, mesti dideketin dulu, dibuat supaya dia nyaman dengan kita, baru dia agak terbuka. Jadi kuncinya…sabar aja ya deketin dia 🙂

  16. saya mau minta pendapatnya ya mbak. waktu itu ada teman semasa kecil saya tiba2 ngontak saya.. trs dia lama2 kayanya pdkt sama saya.. singkat cerita, dia nembak tp saya tolak karena dia mantan temen saya, dan temen saya pernah curhat kalo dia masih suka.. pada akhirnya si cowo itu nyerah dan jadian sama cewe lain.. dan saya sadar saya menyesal menolak dia.. tapi dia sering update kalo lg berantem sama cewenya.. dan kadang msh suka nanyain kabar saya.. menurut mbak, saya harus gimana ya?

    1. Kamu belum punya cukup alasan untuk nembak dia, ntar dia malah kabur gimaan. Mending berteman aja dulu, sampe yakin dia ok, dan dia nyaman sama kamu, baru dah ditembak 🙂

  17. aku suka cwok ,tapi aku yang sms duluan,abisnya dianya,kya cuek tp ngak cuek,,kya gak pedulian ,tpi ngak tau juga,
    denger”sih dia suka cewek lain,
    tp gimana ya .orang aku uda terlanjur saynk,.
    pas aku sms dluan .dia bales sih ,tapi aku blom ngaku siapa aku , soalnya klo ku ngaku takunya dia gak mau lagi bls sms aku . takutnya
    tp dia pernah bilang .jangan berharap lebih , kan mksudnya baru kenl ya kog udah bilang kaya gitu?kan jadi binggung .,,…..??
    gimana ni , kasoh solusinya dung kaka

    1. Aduh kamu ntar dianggap peng-sms gelap gimana? Ngga asik dong..mending sms aja sambil tanya2 yang ada hubungannya dengan kalian berdua, jangan tanya kabar doang 🙂

  18. Aku mau curhat 😣 aku punya temen cowok dikampus kita ga terlalu akrab, jarang ngobrol sekalinya ngobrol paling ngomongin drama korea atau pelajaran kampus..
    Ceritanya waktu itu kita pisah karena harus pkl dirumah sakit, suatu hari aku agak kurang fit dan *ngode* bikin status dibbm ^sakit^ eh ga lama kemudian dia bbm aku suruh minum obat, minum vitamin, makan teratur, jgn telat tidur, dll pokoknya dy perhatian gitu sama aku.. sejak itu aku agak gimana gitu…
    Kira” maksud perhatian dy itu?

    1. Dia berusaha jd temen yang baik, tapi masih terlalu dini untuk bilang dia suka apa ngga sama kamu. Jadi temenan dulu aja ya, dan mesti sabar ngeliat tingkahnya dia 🙂

  19. Gimana ya.. aku sebenarnya mau ngungkapin perasaanku‚ tp sahabatku sendiri suka sm dia . aku jd bingung harus tetap ngungkappin perasaanku atau aku harus lebih memilih menjaga hati sahabatku sendiri. tolong dong kasih saran buat aku ?

    1. Jgn menyatakan apa2 deh klo sahabatmu jg suka. Soalnya begitu kamu nyatain, iya kalo tu cowok emang suka kamu. Kalau ngga, udah cowok ngga dapet, sahabat ilang juga. Beda kalau cowoknya yang nyatain ke kamu, sahabatmu mesti terima 🙂

  20. ka aku mau nanya aku suka sama seseorang dia adalah sahabat aku.waktu itu dia pernah bilang dia sayang sama aku,tapi aku nggak tau rasa sayangnya cuma sebagai sahabat apa gebetan.trus pas aku tukeran hp sama dia nggak sengaja aku ngeliat chatan dia sama teman aku.dia curhat tentang perasaan dia ke aku.pas aku tanya ke temen aku ternyata bener dia suka sama aku malah udah cinta.tapi udah hampir 3 bulan kita masih pdkt aja.soalnya dia itu orangnya gengsinya tinggi.jadi apa aku yang harus mulai?kalau iya gimana cara yang tepat untuk aku ngungkapin rasa aki ke dia?

    1. Cowok gengsi tinggi itu biasanya karena takut ditolak. Jadi mending kamu kasih sinyal aja kalau kamu juga suka, trus lebih perhatian aja ke dia. Semoga dia jadi lebih berani utk ungkapin 🙂

  21. kak aku suka sama cowok, aku kenal sama dia udah hampir setahun dan prtama kita ketemu pas lagi nge-camp di pantai bareng2 sama temen2ku juga, aku kenal sama dia lewat temenku kak. tapi kayaknya kalo dia ngga inget namaku walaupun kenal dengan wajahku.
    kita satu kampus tapi beda fakultas kak, aku ngga tau mngkin ini yang dinamakan cinta pada pndangan pertama hehe.. soalnya smpai skrang aku msih suka dan trus mikirin dia kak, tapi aku belum pernah chat sama dia, mau chat duluan tapi malu. mau minta bantu sama temen biar bisa deket sama dia tapi temen juga kadang ember. mau bilang suka duluan tapi kita belum deket kak
    jadi gimana kak? tolong sarannya 🙂

    1. Coba perbanyak kegiatan yang ada dianya, mau ngga mau kan pasti harus berkomunikasi, trus jadi punya bahan omongan juga kan. Dekati temannya, ikuti hobinya, semoga semakin banyak pergaulan semakin mendekatkan kalian 🙂

  22. Ass, admin mau curhat sekaligus saran dari pandangan admin makasih n maaf yah hehe begini nih admin sy lg ska sm cowok skanya sih krn liat potonya dihp temenku kebetulan temenku itu pacaran sm kakanya si doi min, trus aku beraniin stalker difb pas dia konfirm aku inbox thanks gtu dia respon sih tp cm sampe dstu,sampe akhirnya aku jujur sm tmnku klo aku ska sm calon iparnya itu tmnku sih langsung bbm si doi blg klo sy nitip salam ke dia trus dia tau klo aku pernah inbox duluan sih hehe tapi respon si doi blg urusin aja ke aku lagi jomblo juga, nah mulai deh dia inbox duluan malam itu kami ngobrol via fb tp cm semalam itu soalnya pas waktu dia mau ngegombal akunya langsung main stek blg gombalan kyk gtu udah basi n mnt gak usah digombal,katanya dia sy bkn canggung dan smpe dstu aja kami chat dia gak pernah lg chat aku,aku saking penasarannya selalu aktif like n komen postingan dia si doi bls jg sih tp aku berharap dgn ngekomen n like dia peka dgn kodeku trus mau chat lg sm aku tp sampai sekarang gak dichat chat apa dia ilfeel krn tau aku suka sm dia? Tolong dibales yah min makasih banyak sebelumnya

    1. Kayanya sih bener ilfil 😀 Tp masa jadi cowok digituin aja ngambek? Berarti antara dia kualitas dirinya rendah, atau kamu ngga segitu penting bagi dia makanya dia dengan mudah meninggalkanmu. Tergantung kamu deh, masih mau memperjuangkan cowok seperti gitu? 😀

  23. Dear Mba Indrihapsari,

    mau curhat dong Mba. saya suka sama senior saya sejak tahun 2 kuliah dulu sampai sekarang. kira-kira sudah lima tahun-an. saya ga pernah bilang suka ke dia. tpi saya selalu nunjukin, dengan sering chat sosmed, ngelike sosmednya. sy kyk stalker haha. tpi setiap saya chat selalu dibalas mba.
    dlu pernah ada suatu hal yang sampai bikin dia bilang ke saya “karena kamu sdh spt adik saya, makanya sy berani ngomong bgtu..” itu tandanya dia ga suka sama sya ya mba?
    Tp ga tahu knapa, rasa suka itu ga bisa ilang mba.
    sy curhat ke temen, kk, keluarga, mereka bilang “ungkapkan aja perasaannya, biar kamu tenang. toh, tujuannya biar hati kamu tenang kan? ngapain di tahan selama itu”. Tp sy malu mba..

    bagaimana ya sebaiknya?

    1. Sepertinya sih dia menganggapmu sebagai adik dan menegaskan itu. Tapi entah ya kadang pria juga suka gengsi mau bilang yang sebenarnya. Mungkin diperdalam lagi hubungannya biar tahu maksudnya adik beneran apa adik ketemu gede 🙂

  24. Kk kasih saran dong, aku mau nnyak nih aku kan lagi suka sama cowok yg udah punya pacar, dan kami deket baru 2 bulan terus dia suka ganggu ganggu aku gtu, sering main sering becanda baren terus saling kodekodean gtu, tapi dia udah punya pacar. Dia sering bilang sayang ke aku terus juga dia nnya ke aku kalau tamat sekolah nanti udah sukses mau ngga nikah samaku katanya gtu kk, terus kalau tempat duduk dia ngga ada orang dia suka nyuruh aku duduk samping dia terus kami sering juga tatap tatapan mata gtu sampesampe aku tuh ngajak dia lomba lamalamaan tatap mata, terus juga kalau lagi belajar dia suka tbatba nengokin aku pas aku tengok dia balik dia lgsg tunduk ngga berani liat aku lagi terus pas aku senyumin karna dia kekgtu dia juga senyum. Menurut kk dia itu juga suka ngga kk sama aku? Tolong kasih saran nya ya kk thank’s

  25. Mbak kalo udah nembak tapi belum ada jawaban selama 2 hari gimana?
    Udah usaha nanya dia lagi sibuk nggak tapi nggak dibalas
    Emang sih sicowo ngomong kalo besok sibuk sebelum aku nembak dia
    Kalo ditolak gimana nanggapi nya mbak ?

    1. Sepertinya dia antara ragu atau ngga mau ditembak. Mungkin bersikap biasa aja ya, cuma siap dengan kemungkinan terburuk. Kalau akhirnya dia jawab pun (baca:nolak) terima dengan tabah dan tetap baik sama dia. Semoga di kemudian hari dia berpikir kamulah cewek yang bisa dia andalkan. Jangan ditembak lagi ya…cari teman yang banyak aja siapa tahu nanti ada kandidat lagi 🙂 Cowok juga begitu, begitu ditolak satu dia akan coba ke lainnya 🙂

  26. Kak aku mau nanyak jadi gini aq dket sama cwo tp dy polos banget gk pernah pcran, gk pernah deket sama cwe..dy gk cuek ke aq kdang jg ngasih perhatian ke aq tp lbh seringan aq yg perhatianku padanya, bisa dikatakn dy orang yg gk punya. Sblum ktmu dy blang aq gk sesempurna yg pn byangkan …tp aq bner2 sayang sm dy tak pernh memandang apapun dr dy, meski aq sdh mnunjukkan klo aq bner2 sayang dy n gk peduli siapa dy tapi dy blum jg nembak aku..trs aku harus bgaimna kak..

  27. kak aku kak suka sama kakak kelas aku,dia itu tau kalo aku suka sama dia,nah dia bilang sama aku nyatain aja perasaan kmu sama cowok yg kmu suka,entar diambil orang katanya,terus aku jawab nggak ah,terus dia bilang ih nggak zaman lagi nungguin skrang mah nyain aja,nah mnurut kakak aku harus gimana yah! mkasih kak

  28. mbk, saya lagi suka sama kakak kelas saya, saya udh suka dari awal lihat dia . Yang herannya lagi saya gak nyangka ternyata dia kakak kelas saya waku SMP. Dari saya kelas 10 sampai skg saya udh kelas 12 dan dia udh mahasiswa saya masih suka. Sekarang dia sudah semester 4. Saya jg sudah pernah kirim surat ke dia tp itu ucapan selamat ulangtahun. Selama ini dia jd temen curhat saya, dan temen chatting di Line. Padahal saya udh kasih kode ke dia kalo saya suka, tp kayaknya dia gk paham. terus gimana ya mbk

Leave a Reply to wendawalia Cancel reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s